ACCESSTRADE Indonesia

5 Cara Bisnis Affiliate Marketing Produk Financial, Sekali Konversi Komisinya Hingga Jutaan

Admin
how to Dec 05, 2022

Baca Juga: Gampang! Cara Daftar Afiliasi Zalora Nggak Pakai Ribet

Saat ini bisnis affiliate marketing menjadi salah satu kegiatan yang banyak digeluti oleh orang yang gemar menggunakan media sosial, pasalnya mereka dapat meraup penghasilan tambahan sambil bermain media sosial. Namun, tak sedikit orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara bisnis affiliate marketing bekerja dan dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya, dan mungkin anda adalah salah satu orang yang masih belum mengetahui.

Sederhananya, bisnis affiliate marketing merupakan sebuah langkah promosi yang dijalankan oleh sebuah perusahaan, di mana anda dapat terlibat dalam proses promosi produk milik perusahaan tersebut. Dan ketika promosi yang anda jalankan berhasil atau dalam kata lain terjadi sebuah transaksi, anda akan mendapatkan komisi. Dalam program affiliate marketing anda diberikan kebebasan untuk memilih media dan cara promosi yang ingin anda gunakan, sehingga ini adalah cara yang cocok untuk anda mendapatkan penghasilan tambahan.

Ada beberapa hal yang tentu anda harus pahami terlebih dahulu sebelum memulai bisnis affiliate marketing agar anda mendapatkan keuntungan yang melimpah. Artikel kali ini akan membantu anda memahami cara bisnis affiliate marketing agar mendapat cuan yang besar.

Daftar Isi

Langkah awal cara bisnis affiliate marketing produk financial

Untuk memulai perjalanan anda dalam bisnis affiliate marketing produk financial , anda perlu memahami dulu cara bisnis affiliate marketing yang anda inginkan. Ada beberapa tahap yang bisa anda lakukan. Berikut adalah cara bisnis affiliate marketing yang dapat anda jalankan sebagai pemula.

1. Pilih platform

Seperti yang kita ketahui bahwa affiliate marketing merupakan strategi marketing yang sangat efektif dan saat ini banyak digeluti oleh perusahaan, baik perusahaan penjual jasa maupun barang. Oleh karena itu, anda perlu memilih sebuah platform yang menurut anda paling cocok dengan pribadi anda, mulai dari perusahaan hingga produk yang akan anda pasarkan bisa anda sesuaikan sehingga kegiatan promosi anda dapat berjalan dengan lebih optimal.

Ada banyak jenis kategori perusahaan yang dapat anda pilih sebagai platform memulai perjalanan dalam dunia afiliasi, salah satunya adalah marketplace, seperti Shopee, Blibli, Lazada, Bukalapak, namun mereka tidak menyediakan produk financial. Karna itu produk layanan keuangan atau finansial seperti Bank Mega, Line Bank, Maxco future, dan HSB Investasi hanya bisa ditemui di Accesstrade. Setiap program memiliki komisi yang berbeda-beda anda harus mengetahui besaran dan cara mendapatkan komisi melalui laman resmi perusahaan sebelum mendaftar.

2. Pahami skema komisi

Meski secara sederhana komisi merupakan besaran sebuah upah yang akan anda dapat setelah transaksi terjadi, dalam praktiknya tidak semudah itu. Setiap perusahaan memiliki skema tersendiri terhadap komisi yang diberikan. Skema yang dimaksud di sini mulai dari bagaimana sebuah transaksi dihitung, jenis komisi yang diberikan, hingga bagaimana metode pencairan komisi.

Jenis komisi juga biasanya berpengaruh terhadap cara bagaimana komisi akan terhitung, sebagai contoh komisi pada produk financial yang sering ditemui

  • Mendaftar kartu kredit 
  • Menginstall aplikasi bank digital
  • Mengajukan pinjaman
  • Mengapply asuransi

3. Menentukan produk financial 

Setelah anda tergabung ke dalam sebuah program affiliate , anda juga harus memilih produk apa yang akan anda promosikan. Pemilihan produk perlu dilakukan agar anda dapat menyesuaikan dengan branding yang anda lakukan serta menyesuaikan dengan target konsumen anda, agar calon konsumen mudah tertarik untuk melakukan transaksi melalui link affiliate yang anda bagikan.’

Dalam menentukan produk, usahakan anda memilih produk yang menjadi kebutuhan konsumen, seperti mengajukan pinjaman, entah untuk pembiayaan rumah atau pendidikan. Anda tak perlu menjadi ahli keuangan asalkan anda paham skema dan cara meminjam di bank, anda hanya perlu buat konten seputar promo pinjaman di Bank.

4. Membangun audience

Perlu dipahami bahwa audience atau target konsumen tidak datang dengan sendirinya. Anda perlu membangun lingkup audience anda sendiri. Lalu, bagaimana membangunnya? Pertama anda perlu menargetkan audience anda akan seperti apa. Kemudian anda bisa menjalankan beberapa cara agar audience anda tumbuh. 

Misal, anda bisa membuat konten yang sesuai dengan minat audience agar mereka berkumpul dalam konten anda atau anda juga bisa melakukan interaksi dengan mereka, seperti mengadakan giveaway atau kuis lainnya sehingga audience tertarik untuk melihat apa yang anda promosikan.

5. Membuat konten berkualitas dan jujur

Selain itu, saat memulai perjalanan anda sebagai affiliate marketer maka anda juga harus siap menjadi seorang content creator. Sebab langkah promosi yang dapat dengan mudah menarik konsumen adalah dengan cara menyajikan konten yang berkaitan dengan produk affiiate anda. Ada banyak jenis konten yang dapat anda buat, mulai dari ulasan produk, foto produk, hingga video produk.

Namun, perlu dipastikan bahwa konten yang anda sajikan adalah konten yang berkualitas. Isi konten yang anda sajikan harus berkualitas, seperti tidak menyinggung SARA dan pornografi, bukan kebohongan, hingga kesesuaian barang yang dijual. Selain itu, kualitas produksi konten juga anda harus perhatikan, seperti kualitas gambar, kualitas audio, hingga kualitas editing. Ketika hal tersebut dilakukan dengan baik, maka audience akan mudah tertarik untuk membeli produk. 

6. Memanfaatkan media sosial

Jika anda adalah seorang yang aktif di media sosial, makan hal tersebut dapat anda manfaatkan. Anda bisa menggunakan media sosial yang anda miliki untuk melakukan kegiatan promosi, sehingga anda tidak lagi perlu repot membangun media sosial baru. Anda hanya perlu melakukan branding ulang mengenai media sosial anda sesuai dengan produk affiiate yang akan anda pasarkan, sehingga pengikut anda di media sosial tidak kaget dan tertarik untuk membantu anda dengan bertransaksi melalui link affiiate yang anda bagikan.

7. Belajar menjadi bloger dengan SEO

Selain menggunakan media sosial, anda juga bisa melakukan promosi produk melalui blog pribadi yang anda buat sendiri. Menggunakan blog merupakan salah satu cara efektif untuk mempromosikan produk anda. Terlebih saat ini banyak sekali pilihan blog yang dapat anda jadikan tempat untuk membuat blog pribadi anda. Melalui blog anda bisa membuat beragam konten, salah satunya adalah ulasan sebuah produk, konten ulasan produk menjadi konten yang paling sering dicari, pasalnya tak sedikit orang yang mencari tahu detail produknya terlebih dahulu sebelum membeli. 

Namun, ada satu hal yang perlu anda perhatikan saat menulis blog, yakni SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah teknik yang dilakukan agar blog atau website anda menjadi ranking teratas dalam mesin pencarian atau sederhananya tulisan anda dapat mudah ditemukan dan dibaca oleh audience. Salah satu cara penerapannya adalah dengan menuliskan kata kunci pencarian pada tulisan yang anda buat, sehingga ketika kata kunci dicari tulisan anda akan menjadi yang teratas.

8. Masuk forum affiliate marketing

Sebagai affiliate marketer anda tentu tetap memiliki keterbatasan, terutama untuk mencari tahu perkembangan yang terjadi di dunia affiliate marketing. Oleh karena itu, anda disarankan untuk bergabung ke dalam forum-forum diskusi seputar dunia affiliate marketing. Melalui grup tersebut, selain mengetahui perkembangan anda juga bisa saling belajar antar satu sama lain, sehingga anda akan menjadi semakin mahir menjadi seorang affiliate marketer. Selain itu, anda juga bisa membahas mengenai sebuah produk atau program affiiate yang menguntungkan untuk dipilih.

5 cara bisnis affiliate marketing produk financial

Saat memulai perjalanan sebagai affiliate marketer, anda harus menentukan strategi, terutama saat anda menjalankan program affiliate marketing produk financial. Strategi diperlukan agar apa yang anda lakukan berjalan dengan efektif dan mencapai target. Berikut adalah 5 cara bisnis affiliate marketing produk financial yang dapat anda jalankan. 

Membuat video rekomendasi tentang produk

Cara paling mudah yang dapat anda lakukan untuk menarik hati calon konsumen adalah membuat sebuah video rekomendasi terhadap produk affiiate anda. Dalam produk financial produk yang bisa anda pasarkan adalah aplikasi milik perusahaan. Anda bisa merekomendasikan aplikasi tersebut ke calon konsumen dengan cara membuat video anda sedang menggunakan aplikasi tersebut seraya memberikan testimoni.

Jabarkan testimoni positif, seperti keuntungan-keuntungan yang bisa didapat oleh konsumen melalui aplikasi tersebut. Anda juga perlu menampilkan visual pendukung dalam video yang anda buat, seperti menampilkan interface dari aplikasi sehingga calon konsumen tertarik dan lebih mudah paham tentang apa yang anda sampaikan. 

Membuat video komparasi setiap produk

Selain membuat video rekomendasi, anda juga bisa membuat video komparasi terhadap beberapa produk finansial dalam kategori yang sama. Video komparasi akan membantu pengguna menentukan produk yang paling sesuai untuk digunakan. Oleh karena itu, anda perlu menyampaikan kelebihan dan kekurangan setiap produk dengan lengkap dan jujur. Selain itu, anda juga bisa memberikan tutorial cara menggunakan setiap produk agar calon konsumen lebih mudah menentukan produk yang ingin digunakan. 

Melakukan edukasi pentingnya produk tersebut

Selain membuat video rekomendasi dan komparasi, anda juga perlu melakukan edukasi kepada calon konsumen pentingnya menggunakan produk yang anda sampaikan. Hal ini perlu dilakukan guna menimbulkan kesadaran konsumen terhadap produk yang anda pasarkan, terlebih produk financial seringkali disepelekan oleh beberapa orang. Jadi, anda perlu menanamkan edukasi terlebih dahulu sebelum mempromosikan produk anda, sebab ketika anda mempromosikan tetapi calon konsumen merasa tidak perlu maka promosi anda akan sia-sia.

Menggunakan SEM Google Ads

Search Engine Marketing (SEM) merupakan sebuah tools yang disediakan oleh google untuk membantu proses promosi atau marketing yang sedang anda jalankan. SEM akan membantu visibilitas website atau blog yang anda miliki meningkat pada mesin pencarian Google, sehingga website atau blog anda akan muncul pada urutan teratas saat keyword dicari oleh pengguna. Dalam arti lain, SEM sama saja dengan membeli traffic ke Google. 

Menggunakan social media ads

Saat ini, beberapa sosial media seperti Instagram, Twitter, dan Facebook telah memberikan layanan ads, di mana anda dapat memasang iklan pada media sosial tersebut. Menggunakan social media ads memungkinkan produk yang anda iklankan atau promosikan muncul pada halaman media sosial calon konsumen, sehingga anda tidak perlu repot menggapai lebih banyak calon konsumen. Sederhananya, social media ads membantu anda menjangkau lebih banyak calon konsumen melalui tayangan iklan yang dilakukan oleh media sosial. 

Contoh bisnis affiiate marketing produk financial

Dalam dunia affiliate marketing, produk financial memiliki 3 kategori besar untuk mengklasifikasikan beragam produknya. Pengkategorian produk akan membantu anda memahami jenis serta menentukan kategori produk financial yang paling cocok untuk dijalankan. Berikut adalah 3 kategori produk financial yang ada di Accesstrade agar anda lebih memahami cara bisnis affiliate marketing produk financial.

Aplikasi Perbankan

Salah satu produk financial yang paling mudah ditemui dan dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah produk perbankan. Perbankan sendiri merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup penggunanya. 

Beberapa layanan perbankan di antaranya adalah tabungan, kredit, hingga deposito. Saat ini, beberapa produk perbankan telah menjalankan program affiliate marketing melalui Accesstrade, seperti LINE Bank dan Bank Mega.

Aplikasi Investasi

Selain produk perbankan, saat ini investasi menjadi salah satu bentuk produk financial yang sering digunakan, sebab investasi membantu anda mendapatkan penghasilan melimpah. Melihat hal tersebut, saat ini beberapa perusahaan yang bergerak di dunia investasi sudah mulai menjalankan program affiliate marketing untuk menjangkau pengguna yang lebih luas lagi. Aplikasi investasi juga merupakan salah satu program affiiate yang memberikan komisi terbesar, bahkan hingga jutaan rupiah. Saat ini, salah satu perusahaan investasi yang telah membuka program affiiate di Accesstrade adalah HSB Investasi.

Aplikasi Trading

Trading merupakan salah satu cabang produk financial yang saat ini mulai digeluti oleh beberapa orang. Namun, masih banyak yang belum memahami cara kerja trading, terlebih hukum halal trading masih dipertanyakan. Oleh karena itu, saat ini beberapa perusahaan yang bergerak di bidang trading mulai menjalankan program affiiate untuk mengenalkan trading sekaligus mengajak pengguna yang lebih luas lagi. Salah satu perusahaan trading yang terbukti benar dan telah membuka program affiiate melalui Accesstrade adalah Maxco Futures.

Itulah penjelasan bagaimana cara bisnis affiliate marketing pada produk financial, langkah memulai, serta beberapa strategi yang bisa anda lakukan agar dapat meraup cuan yang besar. Pilihlah kategori produk financial di Accesstrade yang paling cocok untuk anda, sebab produk financial merupakan bisnis affiliate marketing yang memberikan keuntungan sangat besar.  Daftar disini sekarang

Baca Juga: Solusi Cuan Tambahan Daftar Affiliate Marketing Tokopedia, Komisi jutaan modal sharelink

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023