ACCESSTRADE Indonesia

Simak 6 Cara Pemasaran Menggunakan Afiliasi, Program Yang Efektif dan Menguntungkan di Accesstrade

Admin
how to Dec 03, 2022

Baca Juga: Rekomendasi Cara Melakukan Afiliasi Pemasaran Accesstrade Indonesia

Saat ini, cara pemasaran menggunakan afiliasi atau affiliate marketing sedang gencar dijalankan oleh banyak perusahaan, baik penjual barang maupun jasa. Alasan utamanya adalah kemudahan proses promosi yang dijalankan, di mana perusahaan tak lagi harus memikirkan ide konten promosi produknya karena proses promosi akan dibantu oleh para affiliator. 

Bagi anda yang belum memahami cara pemasaran menggunakan afiliasi. Sederhananya, program afiliasi merupakan sebuah strategi pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan dengan mengajak orang lain (affiliator) untuk turut serta memasarkan produknya, di mana setelah transaksi berhasil terjadi, affiliator akan menerima komisi dari perusahaan. Lebih mengejutkan lagi, ternyata komisi yang diberikan juga tidak main-main.

Namun, di tengah banyaknya program afiliasi yang beredar di internet, anda harus teliti untuk memahami setiap syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh perusahaan pada program afiliasinya. Hal ini disebabkan setiap perusahaan memiliki cara pemasaran menggunakan afiliasi yang berbeda, perbedaan paling mencolok biasanya terdapat pada jenis dan besaran komisi yang diberikan. 

Selain itu, saat ini terdapat sebuah jaringan marketing afiliasi yang memungkinkan anda menjalankan beragam program afiliasi dalam satu waktu, salah satu jaringan marketing afiliasi terbesar dan telah terbukti memberikan keuntungan adalah Accesstrade Indonesia. Lalu, apa sih bedanya dengan program afiliasi yang dijalankan oleh perusahaan? Artikel kali ini akan membantu anda memahami cara pemasaran menggunakan afiliasi lewat perusahaan langsung dan lewat Accesstrade Indonesia.

Daftar Isi

Bagaimana cara kerja pemasaran dengan program afiliasi Accesstrade dan afiliasi pada umumnya

Seperti yang sudah disampaikan, bahwasanya saat ini terdapat program afiliasi yang umum dijalankan yakni yang dijalankan oleh perusahaan langsung serta jaringan afiliasi seperti Accesstrade. Meski memiliki prinsip kerja yang sama, di mana affiliator akan mendapat keuntungan setelah transaksi terjadi. Kedua jenis program afiliasi ini memiliki perbedaan. Berikut adalah perbedaan program afiliasi Accesstrade dan program afiliasi yang umum dilaksanakan.

Cara pemasaran menggunakan afiliasi pada umumnya

Umumnya, cara pemasaran menggunakan afiliasi dijalankan oleh perusahaan pemilik barang atau jasa itu sendiri. Perusahaan akan membuka program affiliate marketing melalui website resminya, di mana siapa saja yang memenuhi persyaratan dapat mendaftarkan dirinya. Selain itu, proses pendaftarannya pun perlu melalui beberapa tahap, seperti pengisian formulir hingga verifikasi akun. Setelah akun terverifikasi, baru lah affiliator dapat menjalankan program afiliasinya. 

Selain itu, saat menjalankan program afiliasi pada suatu brand, affiliator tidak bisa menjalankan program afiliasi pada brand yang lain. Sebagai contoh, anda sedang menjalankan program afiliasi Shopee, lalu anda juga ingin menjalankan program afiliasi Blibli, maka anda tidak bisa langsung menjalankannya, melainkan anda perlu untuk mendaftar dan membuat akun afiliasi sendiri di program milik Blibli. Hal tersebut akan membuat anda repot untuk memiliki banyak akan dan akan mempengaruhi efektivitas kerja anda sebagai seorang affiliator.

Cara pemasaran menggunakan afiliasi Accesstrade

Berbeda dengan cara pemasaran menggunakan afiliasi pada umumnya, program afiliasi Accesstrade memberikan banyak sekali kemudahan bagi penggunanya. Bayangkan saja, untuk mendaftarkan diri sebagai affiliator anda tidak membutuhkan persyaratan yang sulit, tidak seperti kebanyakan program afiliasi lain. Accestrade memiliki caranya tersendiri untuk membantu anda meraih penghasilan lebih dari program afiliasi.

Selain kemudahan mendatar, Accesstrade memilik banyak kelebihan lain yang pastinya bermanfaat bagi anda, seperti layanan kursus online gratis untuk mendalami dunia afiliasi yakni Accesstrade Academy. Terdapat juga fitur tambahan, custom link bernama Inpages, di mana anda dapat membuat halaman custom untuk mengumpulkan link produk afiliasi anda. Selain itu, yang terakhir dan paling menguntungkan adalah anda dapat menjalankan beragam program afiliasi sekaligus tanpa perlu mendaftarkan banyak akun, sehingga anda dapat menjalankan program afiliasi dengan lebih efektif dan optimal.

Keuntungan cara pemasaran menggunakan afiliasi Accesstrade

Accesstrade merupakan sebuah jaringan affiliate marketing yang selain memberikan kemudahan juga memberikan keuntungan menggiurkan untuk penggunanya. Keuntungan ini mempengaruhi penghasilan yang akan anda dapatkan dari kegiatan afiliasi anda di Accesstrade. Berikut adalah beberapa keuntungan cara pemasaran menggunakan afiliasi Accesstrade yang akan anda dapatkan.

Komisi bervariasi

Dalam pelaksanaannya, program affiliate marketing yang disediakan oleh Accesstrade memiliki beragam jenis dan besaran komisi yang bisa anda dapatkan. Jenis-jenis komisi yang terdapat di Accesstrade antara lain adalah komisi per penjualan, per lead, per klik, per install, dan per sesi. Jenis-jenis komisi ini berbeda tergantung program afiliasi dari setiap brand, anda dapat menyesuaikan jenis komisi yang menurut anda paling mudah untuk didapatkan agar anda mendapatkan komisi yang besar.

Selain jenis komisi yang bervariasi, besaran komisi yang mungkin anda dapatkan juga bervariasi, tergantung program afiliasi dari setiap brand. Besaran komisi yang diberikan bisa berupa persentase harga jual produk dan jasa atau besaran komisi berupa nominal uang yang bisa anda dapatkan dari setiap transaksi yang terjadi, Anda bisa memaksimalkan komisi yang anda dapatkan dengan memilih program afiliasi dengan komisi yang besar.

Brand affiliate terlengkap

 

Sebagai salah satu jaringan affiliate marketing terbesar, tentu keuntungan yang diberikan oleh Accesstrade adalah lengkapnya program afiliasi dari berbagai brand, mulai dari perusahaan marketplace, pakaian, hingga layanan keuangan. Hal ini menjadi keuntungan bagi anda, sebab anda diberi kebebasan untuk memilih brand yang ingin anda ikuti sehingga anda dapat menyesuaikan dengan calon konsumen atau target promosi anda. 

Beberapa brand marketplace terbesar yang terdapat di Accesstrade di antaranya adalah Blibli, Shopee, dan Lazada. Sedangkan untuk kategori finance di antaranya adalah LINE Bank, Maxco Future, Bank Mega, dan HSB Investasi. Marketplace dan finance merupakan dua kategori program afiliasi dengan keuntungan yang melimpah.

Satu dashboard pengelolaan

 

Selain dua keuntungan di atas, ada satu keuntungan lain yang pasti akan membuat anda semakin yakin untuk menjalankan program afiliasi melalui Accesstrade, yakni pengelolaan program afiliasi melalui satu dashboard. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Accesstrade memberikan kesempatan pada anda untuk menjalankan beragam program afiliasi dalam satu waktu yang sama. Oleh karena itu, Accesstrade memberikan satu dashboard pengelolaan agar memudahkan anda mengelola program afiliasi yang sedang anda jalankan.

Melalui dashboard tersebut, anda dapat melihat program apa saja yang sedang dijalankan, jumlah klik, konversi, hingga jumlah komisi yang sudah berhasil anda dapatkan. Oleh karena itu, anda dapat mengetahui mana program afiliasi yang sudah berhasil dijalankan dan mana yang masih perlu diperbaiki.

6 Tips Cuan Cara Pemasaran Menggunakan Afiliasi Accesstrade

Agar perjalanan anda sebagai affiliator di Accesstrade berjalan dengan optimal dan berhasil meraup keuntungan besar, anda perlu menerapkan beberapa strategi. Berikut adalah 6 tips cuan cara pemasaran menggunakan afiliasi Accesstrade yang dapat anda terapkan.

1. Pilih brand dengan komisi besar

 

Accesstrade memiliki banyak ragam program afiliasi di dalamnya, dari yang keuntungannya kecil hingga jutaan. Oleh karena itu, anda harus pintar memilih program afiliasi yang akan anda jalankan agar komisi yang nanti anda dapatkan akan semakin besar. Saat ini, kategori program dengan komisi terbesar dipegang oleh kategori financial, di mana saat ini sudah bisa memberikan komisi hingga jutaan rupiah.

Program afiliasi kategori financial di Accesstrade dengan keuntungan besar di antaranya adalah Maxco Future dengan komisi Rp 1 juta untuk setiap transaksi dan HSB Investasi dengan komisi terbesar hingga Rp 2 juta untuk setiap transaksi yang terjadi.

2. Baca ketentuan campaign afiliasi

 

Meski anda telah terdaftar dan memiliki akun Accesstrade, saat memilih campaign afiliasi untuk didaftarkan, anda perlu mendaftar dan menunggu diterima oleh pihak Accesstrade, namun tenang anda tidak perlu mengisi formulir lagi. Perlu dipahami pula bahwa setiap campaign afiliasi yang terdapat di Accesstrade juga memiliki ketentuannya masing-masing, mengikuti ketentuan dari perusahaan. 

Oleh karena itu, anda harus benar-benar membaca dan memahami syarat dan ketentuan ketentuan pada campaign afiliasi yang anda pilih. Hal ini dikarenakan dalam ketentuan tersebut juga tertera deskripsi campaign, larangan yang harus anda taati saat promosi, hingga lamanya cookies. Setelah memahami hal-hal tersebut pasti anda lebih mudah menjalankan campaign afiliasi yang anda ikuti.

3. Manfaatkan semua akses kreatif yang diberikan

Accesstrade juga memberikan anda aset kreatif yang dapat memudahkan kegiatan promosi produk anda, maka manfaatkanlah fitur yang telah diberikan dengan sebaik mungkin. Accesstrade memberikan beberapa aset kreatif yang dapat anda gunakan. 

Pertama adalah Inpages, yakni sebuah layanan custom halaman link yang dapat anda gunakan untuk mengumpulkan link afiliasi, sehingga link produk afiliasi anda terlihat rapi dan dapat menarik perhatian orang. Kedua adalah baner yang dapat anda custom sesuai dengan keinginan atau branding yang ingin anda tonjolkan agar terlihat menarik di mata konsumen.

4. Memilih campaign yang memberikan kode voucher

 

Selain menjalankan campaign afiliasi melalui link, Accesstrade juga menyediakan beberapa campaign yang menggunakan voucher. Campaign dengan kode voucher bisa menjadi pilihan utama untuk anda lakukan, pasalnya anda tidak perlu melakukan “Apply” terlebih dahulu, anda bisa langsung memulai untuk membagikan kode voucher anda, dan transaksi yang terjadi melalui voucher tersebut akan menghasilkan komisi.

Selain itu, bagi sebagian orang mengklik sebuah link yang asing pasti merasa khawatir, mengingat kejahatan cyber seringkali dilakukan melalui modus link. Oleh karena itu, campaign yang memberikan voucher menjadi alternatif terbaik untuk anda pilih. Pada Accesstrade program afiliasi yang menggunakan kode voucher di antaranya adalah Zalora, Eiger, dan LAzada.

5. Menggunakan fitur Inpages

 

Inpages merupakan layanan custom halaman link yang diberikan oleh Accesstrade kepada affiliatornya. Kehadiran Inpages sangat membantu anda untuk mengumpulkan beragam link ke dalam satu halaman, dan tentu layanan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Inpages juga terhubung dengan akun Accesstrade anda, sehingga anda tidak perlu mendaftarkan kembali email anda.

Selain itu, melalui Inpages anda juga dapat meng-customize sendiri halaman link anda sesuai dengan keinginan, sehingga anda dapat membuatnya semenarik mungkin agar konsumen tertarik untuk mengunjungi dan atau bertransaksi melalui link afiliasi anda. Melalui Inpages anda dapat memilih tone warna halaman anda, mengganti background dengan banyak pilihan atau menggunakan backgorund anda sendiri, hingga menambahkan foto untuk dijadikan banner halaman.

6. Meminta support team internal Accesstrade

Meski affiliate marketing merupakan sebuah program pemasaran yang anda atau tim anda jalankan sendiri, anda tidak perlu khawatir sebab Accesstrade tidak akan meninggalkan affiliatornya sendiri. Selama perjalanan anda menjadi affiliator di Accesstrade, tim internal Accesstrade akan membantu perjalanan anda dari awal mendaftar hingga bisa menerima komisi pertama anda. Anda bisa meminta bantuan dengan berkunjung pada kolom "Support" yang bereada di dashboard anda.

Selain itu, Accesstrade juga akan memberikan bantuan berupa insight, analisis, hingga study case untuk memberikan gambaran perjalanan anda sebagai affiliator sehingga anda bisa mengetahui kesalahan dan memperbaikinya. Accesstrade juga selalu siap sedia membantu jika anda memiliki kendala selama menjalankan campaign afiliasi.

Itulah beberapa kunci penting cara pemasaran menggunakan afiliasi yang perlu anda ketahui. PIlihlah campaign afiliasi yang paling menguntungkan dan terapkan 6 tips dan trik yang telah diberikan agar perjalanan anda sebagai affiliator di Accesstrade berjalan dengan lancar. Namun tenang ketika anda mengalami kesulitan tim internal Accesstrade akan siap sedia membantu dan mengatasi masalah anda.

Jadi tunggu apalagi segera kembangkan diri anda di dunia afiliasi marketing dengan bergabung di Accesstrade Indonesia , klik disini untuk bergabung

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menggunakan Affiliate Marketing Accesstrade Untuk Menambah Penghasilan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023