ACCESSTRADE Indonesia

5 Langkah Strategis Membangun Sebuah Startup Skala Besar

Admin
insights Nov 04, 2020

Baca Juga: Apa Itu Shopee Affiliate Marketing, Ini Penjelasan Singkatnya, Bisa Langsung Paham !

Secara teori, membangun sebuah startup sepertinya sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Pokoknya memiliki ide, kemudian didukung dengan pendanaan kuat, maka jadilah sebuah startup yang diinginkan. Tapi semua itu hanyalah teori belaka yang pada kenyataannya membangun sebuah startup tidak semudah membalik telapak tangan. 

Ada banyak hal yang harus dipikirkan selain pendanaan. Mulai dari membangun business core yang kuat sampai dengan menjaga reputasi adalah langkah yang wajib dilakukan. Bagi Anda yang ingin membangun sebuah startup, beberapa pemikiran di bawah ini dapat dijadikan pertimbangan dan bahan diskusi dengan tim.

Daftar Isi

Mulailah dengan Rencana yang Solid

Setiap perusahaan yang baik dimulai dengan perencanaan yang baik. Anda wajib menuliskan semua yang ada dalam kepala dalam bentuk draft yang nantinya bakal menjadi rencana bisnis ke depan. Anda juga harus menuliskan rencana, visi dan misi sekaligus ambisi jangka pendek atau panjangnya.

Tidak hanya itu saja, rencana pula rincian tentang apa yang harus dilakukan pertama kali dan cara melakukannya. Rencana-rencana tersebut nantinya dapat digunakan untuk menumbuhkan startup lebih cepat, sehat, kuat serta fleksibel. Satu hal lagi, Anda harus memiliki target jangka pendek dan jangka panjang yang harus dicapai.

Mulailah Membangun Jaringan Secepatnya

Dalam dunia bisnis, terutama startup, jaringan adalah suatu hal yang wajib dicari, dibangun, dan dirawat sekuat mungkin. Dengan memiliki jaringan yang luas dan kuat, maka Anda akan memiliki koneksi bagus untuk mendorong perusahaan startup yang sedang Anda bangun semakin cepat berkembang. Dan dipercaya atau tidak, kekuatan rekomendasi dan pemasaran dari mulut ke mulut adalah yang terpenting dalam hal perkembangan sebuah bisnis.

Lantas bagaimana cara memulai membangun jaringan? Ada berbagai macam cara untuk melakukan hal tersebut, mulai dari menggunakan LinkedIn sebagai media pencari jaringan, Anda juga harus dapat fleksibel bergaul dengan siapa saja. Anda juga dapat mengikuti seminar-seminar bisnis dan sejenisnya untuk mendapatkan pengalaman, pengetahuan serta mendapatkan koneksi baru.

Bergaul lah dengan Orang-orang yang Tepat

Dalam hal menjalankan bisnis, maka Anda tidak boleh memilih-milih siapa yang harus menjadi teman dan siapa yang tidak. Semua orang di sekitar dapat dijadikan teman atau kolega. Dengan memiliki banyak relasi dan koneksi, maka jaringan akan semakin bertambah luas. Hanya saja, ketika berhadapan dengan bisnis yang sedang Anda bangun, maka perbanyaklah bergaul dengan orang-orang yang memiliki visi sama atau lebih hebat dari Anda.

Anda juga dapat mengajak orang-orang yang Anda kenal tersebut untuk membangun bisnis bersama. Tentu saja hal itu dapat dilakukan jika dia memiliki kapabilitas yang bagus. Di dalam tim pun, Anda harus membentuk ekosistem yang bagus agar bagian internal akan selalu kondusif dan harmonis.

Fleksibel

Untuk menjadi sukses, Anda harus mampu berputar dan mengikuti tren terbaru. Ada begitu banyak perusahaan yang hancur dan gulung tikar hanya karena mereka tidak dapat mengikuti apa yang terjadi di bidang mereka serta terlalu idealis dengan pemikiran bisnisnya. Oleh karena itu, pastikan Anda mempelajari pesaing Anda dan tren utama dalam industri yang sedang Anda bangun.

Hanya saja, dari perubahan yang terjadi pada dunia bisnis atau tren yang ada, Anda tidak perlu harus selalu bereaksi dan mengikutinya. Anda dapat memilih dan memilah mana yang baik dan prospek untuk bisnis Anda dan mana yang tidak. Anda juga dapat mengembangkan tren yang muncul untuk menyesuaikannya dengan ide bisnis yang sedang dibangun apabila tren tersebut susah untuk diaplikasikan secara langsung.

Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan

Tidak ada orang yang hidup untuk bekerja atau bekerja untuk hidup. Semuanya harus ada keseimbangan di antaranya. Sebagai pemilik startup, memang akan terasa sulit di awal untuk melepaskan diri dari bisnis tersebut dan sedikit kembali ke kehidupan normal Anda. Tapi lama kelamaan, Anda pasti akan dapat mengatur ritme dan mulai mampu membagi waktu untuk kehidupan dan pekerjaan. Dan hal itu harus dilakukan.

Dengan menyeimbangkan antara bisnis dan kehidupan, maka Anda akan memiliki waktu untuk refresh semangat dan otak agar tidak terlalu stres dan lelah dengan segala hal yang ada dalam bisnis. Bahkan apabila startup yang Anda bangun sudah mulai berjalan dan mendapatkan hasil, Anda pun juga dapat menjalankannya secara auto-pilot atau melakukan pendelegasian pekerjaan.

Bagaimana Menghindari Kegagalan Startup

Apabila Anda ingin sukses dalam memulai bisnis startup, maka Anda harus sering juga berubah seiring waktu, menjaga keseimbangan yang sehat, dan mengelilingi dirinya dengan orang yang tepat. Memang, sih, walaupun telah menjalankan strategi-strategi di atas, tidak ada jaminan yang benar-benar sukses nantinya. Bahkan kegagalan dalam membangun startup itu sangat umum terjadi. Akan tetapi dengan mengadopsi strategi-strategi ini, peluang sukses akan lebih tinggi.

Baca Juga: 9 Daftar lengkap toko online yang menyediakan fasilitas afiliasi untuk kamu coba

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023