ACCESSTRADE Indonesia

Tips Menambah Follower Instagram Supaya Jualan Makin Laris

Admin
insights Sep 26, 2020

Baca Juga: Panduan Belajar Bisnis Afiliasi Marketing Termudah yang Cocok untuk Pemula

Instagram saat ini tidak hanya menjadi platform media sosial untuk anak muda saja. Aplikasi tersebut juga banyak digunakan para pengusaha untuk mempromosikan produk maupun jasanya. Salah satu cara untuk membuat jualan Anda makin laris di Instagram adalah, dengan memiliki followers yang banyak. Semakin banyak follower yang mengikuti akun Instagram usaha Anda, coverage untuk promosi usaha tersebut juga akan semakin besar. Beberapa pemilik usaha memilih untuk membeli follower untuk meningkatkan jumlah follower di Instagram. Namun, sebenarnya Anda bisa tetap menambah follower tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Simak tips menambah follower Instagram berikut ini.

Daftar Isi

Follow Akun Followers Public Figure Populer

Salah satu tips menambah follower Instagram termudah adalah dengan menjadi follower dari akun yang mengikuti public figure tersebut. Carilah akun resmi Instagram selebritis atau pejabat yang terkenal. Tekan tab “Followers” untuk menemukan akun Instagram yang baru follow akun Instagram selebriti tersebut. Follow 10 – 15 akun tersebut dengan jeda waktu 10 – 15 menit. 

Jeda waktu ini sangatlah penting untuk mencegah pihak moderator Instagram mem-banned akun Instagram Anda. Pastinya, akun yang Anda follow akan mendapatkan notifikasi. Kebanyakan dari mereka akan langsung follow back, sehingga jumlah followers Anda pun akan bertambah. Jika Anda tidak ingin jumlah “Following” terlihat terlalu banyak, Anda bisa unfollow akun-akun tersebut beberapa hari kemudian. 

Jangan Private Akun Bisnis Anda

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan pengusaha saat mempromosikan usahanya di Instagram adalah, mengeset akun bisnisnya menjadi private. Anda mungkin berpikir, hal tersebut akan membantu meningkatkan jumlah followers. Karena, untuk melihat produk yang dijual, mereka harus follow Anda terlebih dulu. Padahal, hal tersebut akan sangat merugikan Anda. Karena itu berarti Anda tidak ingin orang-orang melihat barang yang ditawarkan. 

Orang lain juga pastinya menjadi lebih enggan untuk follow akun Instagram Anda karenanya. Sebaliknya, mengeset akun menjadi publik dapat membebaskan calon follower untuk mengeksplorasi produk-produk yang ditawarkan. Jika mereka tertarik, tentunya mereka akan langsung follow akun Instagram bisnis Anda. 

Update Feed di Waktu yang Tepat

Tips menambah follower Instagram lainnya yang bisa Anda praktekkan adalah memposting konten di waktu yang tepat. Hal ini tentunya sangatlah penting. Karena jika Anda posting konten di saat prime time, maka akan semakin banyak orang yang membaca postingan Anda. Menurut Lattergramme, waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram adalah pada pukul 02:00 dini hari, dan pada pukul 17:00 sore. 

Kebanyakan orang biasanya masih begadang dan scrolling feed Instagram di jam 02:00 dini hari. Di jam tersebut juga biasanya tidak menjadi waktu dimana banyak orang yang mengunggah foto. Sehingga, saat mereka membuka Instagram, feed Anda lah yang akan terlihat. 

Pukul 17:00 juga termasuk ke dalam prime time, karena orang-orang biasanya baru pulang dari kantor dan ingin beristirahat santai. Tentunya, mereka akan scrolling feed Instagram saat sedang melepas lelah setelah bekerja seharian penuh. Kecenderungan orang-orang untuk posting foto pada jam tersebut juga sangat jarang. Sehingga, postingan Anda lah yang nanti bertengger di laman pertama feeds mereka. Sedangkan, Anda juga perlu mewaspadai agar tidak posting konten di waktu yang kurang baik. Waktu tersebut adalah pada pukul 09:00 pagi dan pukul 18:00 petang. 

Manfaatkan Fitur Hashtag

Hashtag merupakan fitur dari Instagram yang bisa Anda gunakan untuk menggaet followers lebih banyak. Anda bisa membubuhkan hashtag pada caption setiap mengupload produk yang ditawarkan. Nantinya, sistem hashtag dari Instagram akan menampilkan produk dagangan Anda dari kumpulan foto-foto yang muncul pada laman hasil pencarian. Beberapa orang menganggap bahwa membubuhkan hashtag yang sangat banyak akan membantu dalam menarik lebih banyak follower. Namun, pemberian hashtag tetap harus relevan dengan produk yang Anda jual. Memberikan hashtag secara asal justru dapat mengakibatkan cara ini menjadi kurang efisien dalam menarik followers baru. 

Berikan Caption yang Menarik untuk Foto yang Anda Unggah

Elemen penting dalam menggaet follower di Instagram tidak hanya mengandalkan foto yang diambil dengan angle tepat. Anda juga perlu memberikan caption yang menarik. Anda bisa menggunakan bahasa casual yang menarik jika target pasar yang dituju adalah remaja dan generasi milenial. Bahasa yang lebih formal namun memancarkan elegansi juga bisa digunakan untuk target pasar kelas atas. 

Pastikan caption yang Anda tulis memiliki struktur kalimat yang benar. Karena, hal tersebut sangat mencerminkan profesionalitas Anda. Selain itu, hindari typo atau kesalahan dalam pengetikan ejaan. Pastikan untuk melakukan proofing sebelum memposting caption tersebut. Jangan lupa untuk membubuhkan kalimat CTA, atau Call to Action untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Yuk Kenali Syarat Shopee Affiliate dan Syarat Tokopedia Affiliate, Mana yang Paling Mudah di Ikuti

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023