ACCESSTRADE Indonesia

Alasan Umum Konsumen Membatalkan Transaksi Saat Belanja Online

Admin
others Dec 04, 2020

Baca Juga: Panduan Lengkap Affiliate Marketing 2023 Dengan Social Media, Belajar Sampai Mahir Hanya Di Sini!

Mungkin akan jarang terjadi apabila seseorang benar-benar sedang membutuhkan suatu barang tertentu dan kemudian mendapatkannya akan tetapi tiba-tiba membatalkan transaksi alias tidak jadi membelinya karena suatu hal. Akan tetapi menjadi satu hal yang kemungkinan besar terjadi apabila orang yang bersangkutan sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang tersebut atau membeli hanya karena suka dan faktor gelap mata saja.

Salah satu permasalahan besar yang kerap kali muncul dalam proses transaksi di situs eCommerce adalah ketika seseorang ingin melakukan check out atau pembayaran. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Baymard Research Institute, hampir 70 persen para pembeli online di berbagai negara memutuskan membatalkan transaksi saat belanja online karena dipusingkan saat melakukan check out.

Dan berikut ini adalah beberapa hal lain yang akhirnya membuat konsumen batal membeli suatu barang di situs eCommerce ataupun Marketplace pada saat check out.

Daftar Isi

Ribet

Memang tidak dapat dipukul rata semua situs niaga memberlakukan hal yang sama, akan tetapi ada beberapa di antaranya yang meminta konsumen untuk menuliskan banyak informasi sekaligus mendaftarkan diri sebelum melakukan check out. Hal tersebut dirasa sangat tidak nyaman dan akhirnya banyak yang memutuskan untuk meninggalkan tempat dan membatalkan transaksi.

Membingungkan

Tentu saja, salah satu hal yang dapat membuat siapa saja yang masuk ke dalam suatu web itu adalah faktor kenyamanan dan kemudahan ketika mengakses satu halaman ke halaman lainnya. Hanya saja, terkadang karena ingin tampil menarik, maka pemilik web niaga membuat situsnya tersebut menjadi terlalu canggih yang mana justru akhirnya membingungkan konsumen dalam bertransaksi. Ketika navigasinya terlalu rumit dan akhirnya memakan waktu, maka konsumen memilih untuk keluar daripada meneruskan berada di situs yang bersangkutan.

Beban Ongkos Kirim

Sekarang ini mungkin sudah banyak website niaga yang menerapkan fasilitas free ongkir. Akan tetapi bukan berarti tidak ada situs-situs eCommerce ataupun marketplace yang masih bersikukuh untuk membebani konsumennya dengan biaya pengiriman. Bahkan salah satu yang membuat konsumen batal beli adalah karena biaya pengiriman cukup besar dan harus ditanggungnya sendiri.

Kurang Aman

Salah satu faktor terpenting dalam bertransaksi online adalah kepercayaan atau rasa aman. Mungkin semua konsumen akan mengatakan hal yang sama bahwa mereka tidak akan serta merta memberikan informasi mengenai data pribadi sampai dengan kartu kredit yang mereka gunakan untuk bertransaksi apabila web niaga yang sedang diaksesnya tidak dapat memberikan rasa aman, seperti tidak adanya sertifikasi SSL ataupun testimoni dari pelanggan lainnya.

Dengan sulitnya saat konsumen akan membayar, maka web niaga yang bersangkutan akan kehilangan calon pembeli dan dapat pula kehilangan imejnya di masyarakat karena testimoni negatif dari mulut ke mulut yang dapat dengan cepat menyebar.

Baca Juga: Cari Income Tambahan? Ini Daftar Affiliate Program Yang Bisa Kamu Coba!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023