ACCESSTRADE Indonesia

Aplikasi Bisnis Terbaik untuk Usaha Kecil

Admin
others Jan 25, 2021

Baca Juga: 8 Program Affiliate Marketing Indonesia dengan Komisi Menggiurkan

Seorang pemilik usaha kecil atau menengah tentunya sangat paham kenapa harus tetap dapat mengelola usahanya tersebut dengan cepat, gesit dan efisien. Bahkan ketika sedang dalam perjalanan ataupun di tempat lain, semua harus dapat dilakukan dengan segera agar alur bisnis tetap berjalan.

Dan untuk melakukan hal tersebut, maka perangkat seluler sangatlah dibutuhkan sebagai media pembantu dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, dibutuhkan pula aplikasi-aplikasi khusus yang dapat membantu mengelola data sampai dengan aktivitas yang berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalankan. 

Hanya saja, dari berbagai banyak aplikasi yang tersedia, cukup sulit untuk memilih mana yang terbaik untuk dipakai. Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi bisnis terbaik untuk Anda gunakan dalam mengelola usaha yang sedang tumbuh berkembang tersebut.

Microsoft 365

Microsoft-365

Sampai sekarang ini ada banyak sekali aplikasi-aplikasi untuk dipakai sebagai media pengolahan data yang tersedia baik di Apple App Store ataupun Google Play Store. Dari semua aplikasi yang tersedia itu, Microsoft Office 365 atau Microsoft 365 adalah pilihan paling tepat untuk digunakan. Hal itu dikarenakan Microsoft 365 menyediakan banyak media pengolahan data all-in-one.

Microsoft 365 ini merupakan versi lain dari Microsoft Office yang digunakan di perangkat PC. Walaupun didesain untuk dapat dioperasikan melalui smartphone, akan tetapi secara fungsi, aplikasi ini tetap andal untuk membantu Anda dalam mengelola data-data yang berhubungan dengan bisnis. Terdapat 3 tools populer di dalamnya, yaitu Office, Excel dan PowerPoint.

RingCentral Office

RingCentral Office

RingCentral Office adalah pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai pembantu komunikasi antara pemilik bisnis dengan klien atau pelanggan. Sistem telepon berbasis cloud satu ini dapat dipakai dan dibagi untuk berbagai aktivitas atau digunakan oleh beberapa pengguna lainnya, seperti contohnya untuk mengatur panggilan masuk dan keluar, sebagai administrator, sebagai media untuk telepon konferensi via mobile atau PC.

Selain itu, terdapat banyak fitur lain yang dimiliki RingCentral Office ini. Tersedia juga layanan seperti Unified Communications as a Service (UCaaS) atau juga Contact Center as a Service (CCaaS) serta Communications Platform as a Service (CPaaS) di dalamnya.

FreshBooks

FreshBooks

FreshBooks adalah layanan akuntansi berbasis cloud yang dirancang khusus untuk pemilik usaha kecil dan menengah. Terdapat banyak fitur di dalamnya, seperti faktur, expense tracking, time tracking, alat untuk mencatat dan melaporkan segala hal yang terkait dengan bisnis sampai dengan terdapat pula opsi untuk mengambil pembayaran kartu kredit.

Sistem yang digunakan pada FreshBook terintegrasi dengan banyak layanan lain seperti PayPal, MailChimp, Basecamp, WordPress, Gusto, Zendesk, dan lainnya. Jadi, Anda pun tidak perlu repot-repot harus pergi ke bank atau membuka layanan lain untuk bertransaksi, membayar invoice atau juga menerima pembayaran via kartu kredit dari pelanggan.

Hubspot Marketing Hub

Hubspot Marketing Hub

Hubspot adalah platform yang menyediakan berbagai tools untuk content management, mengatur sales dan marketing sampai dengan untuk mengatur periklanan di sosial media. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan layanan atau aplikasi lain, seperti Salesforce, G Suite atau juga Microsoft Office.

Memang secara keseluruhan, Hubspot mungkin bukan yang terbaik di setiap fitur yang ditawarkannya, tetapi rangkaian komprehensif yang ditawarkan membuatnya menjadi pilihan utama para pebisnis skala kecil dan menengah.

Asana

Asana

Asana dapat dikatakan sebagai asisten digital berbentuk sebuah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memberitahukan jadwal bisnis sampai dengan mencatat dan mengatur apapun yang terkait dengan usaha yang Anda bangun. Ada banyak fitur menarik dan berguna untuk meningkatkan produktivitas sampai dengan membantu Anda dalam beraktivitas dalam dunia bisnis sehari-hari.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat daftar tugas atau to-do-list, menuliskan jadwal apapun sampai dengan perencanaan sesuatu yang terkait dengan bisnis, kemudian Asana akan mengatur semuanya dengan rapi serta menginformasikan kembali ketika waktu yang Anda atur sudah tiba atau waktunya untuk dilakukan.

IDrive

IDrive

Sejauh ini memang ada banyak layanan komputasi awan yang tersedia dan dapat digunakan oleh siapa saja, seperti Google Drive, Dropbox sampai dengan Microsoft Azure. Akan tetapi apabila Anda ingin yang lain dari pada umumnya tapi tetap memberikan layanan terbaik dan mempunyai keamanan data yang tinggi, maka IDrive adalah pilihan yang bagus. 

IDrive menawarkan layanan sinkronisasi file secara berkelanjutan, bahkan yang ada di drive jaringan sekalipun. Untuk sistem antarmukanya, IDrive support dengan layanan file sharing melalui emailFacebook dan Twitter. Bahkan, bagi Anda yang senang mengklik data dan kerap tanpa sengaja menghapus beberapa dari data penting, maka hal itu tidak akan terjadi dengan IDrive. Pasalnya, semua data yang terhapus akan tetap ada di database server selama 30 hari. Baru setelah itu akan dihapus permanen. Akan tetapi, Anda akan mendapatkan notifikasi terlebih dahulu sebelum penghapusan dilakukan.

Aplkasi lainnya yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

 

 

 

Baca Juga: Afiliasi Pemasaran, Penjelasan dan Cara Memulai Jadi Afiliasi Marketer dari Pemula sampai Profesional

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023