ACCESSTRADE Indonesia

Apa Beda Waterproof dan Water Resistant Pada Smartphone?

Admin
others Feb 09, 2021

Baca Juga: Terlengkap, Berikut Adalah Deretan Program Affiliate Marketing Dengan Komisi Terbesar

Sekarang ini, sudah cukup banyak vendor-vendor mobile besar dunia yang menciptakan produk smartphone dengan tambahan informasi bahwa produk tersebut water resistant atau waterproof. Ya, tentu saja tujuan utama dari informasi tersebut adalah untuk menginformasikan bahwa produk smartphone yang dijual memiliki ketahanan terhadap air atau tidak menjadi suatu masalah besar apabila terkena air.

Akan tetapi kenapa ada yang berstatus waterproof dan ada pula yang water resistant? Padahal kesemuanya memiliki artian anti-air. Jadi apakah perbedaan antara waterproof dan water resistant dalam dunia mobile?

Daftar Isi

Water Resistant

Water resistant merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan bahwa suatu benda atau permukaan tahan terhadap air. Dalam Bahasa Indonesia sendiri, water resistant memiliki arti tahan air atau kedap air. Artinya, konstruksi yang digunakan membuat air lebih sulit untuk masuk ke dalam permukaan atau lapisan setelahnya.

Rata-rata smartphone yang dilabeli dengan tulisan water resistant menggunakan material yang dilapisi dengan bahan yang relatif ringan dan dapat membantu untuk menahan ketika ada cipratan atau guyuran air. 

Hanya saja, bukan berarti water resistant tidak dapat kemasukan air. Hal itu dikarenakan perlindungannya cukup rendah. Hal itu dikarenakan istilah water resistant ini hanya digunakan untuk mencegah masuknya air ke dalam perangkat atau lapisan yang terlindungi, seperti hujan ringan atau cipratan saat mencuci tangan.

Waterproof

Tingkatan dari waterproof lebih tinggi dibandingkan dengan water resistant karena lapisan yang digunakan lebih kompleks dan canggih sehingga dapat menahan air lebih efektif. Hanya saja, untuk saat ini belum ada vendor mobile dunia yang menggunakan material berlabel waterproof karena konsepnya sendiri cukup rumit dari sekadar water resistant.

Namun bukan berarti tidak ada produk yang memiliki kekuatan menahan air seperti itu. Saat ini sudah ada beberapa produk smartphone yang sudah mengantongi sertifikat IP68 di mana memiliki artian salah satunya adalah dapat digunakan di air. Bahkan smartphone-smartphone yang masuk kategori ini juga dapat dibawa menyelam ke dalam air dengan jarak dan waktu tertentu.

Kenapa harus dikatakan tertentu? Hal itu dikarenakan air memiliki tekanan yang cukup besar sehingga walaupun perangkat sudah diklaim berlabel waterproof, akan tetapi sealnya tetap dapat hancur ketika tekanan yang diterima terlalu besar.

Artikel lain yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya:

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Affiliasi, Ini Dia Tips, Pengertian serta Perbedaan Dengan Bisnis Online Pada Umumnya

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023