ACCESSTRADE Indonesia

Hal-hal yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Pilih Web Hosting untuk Situs eCommerce

Admin
others Jan 04, 2021

Baca Juga: 20 Daftar Lengkap Contoh Afiliasi Pemasaran di Indonesia

Saat ini ada banyak perusahaan atau tempat yang menyediakan dan menawarkan layanan hostingan untuk web berskala kecil sampai besar dengan harga yang sangat beragam serta iming-iming fitur tambahan menarik. Hanya saja, ketika Anda ingin membuat suatu website eCommerce, maka salah satu hal yang patut dijadikan perhatian dan pertimbangan adalah masalah penyedia hostingnya.

Alasan kenapa penyedia hostingan harus masuk dalam daftar yang harus dipertimbangkan karena mau tidak mau, Anda sebagai pemilik web tidak dapat menyediakan layanan hostingan sendiri, bukan? Oleh karenanya, maka Anda butuh tempat yang menyediakan layanan hostingan. 

Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan hostingan tertentu, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. 

Skalabilitas dan Infrastruktur

Setiap bisnis dibangun dengan tujuan untuk tumbuh dan membuat pemilik atau pengelolanya mendapatkan untung. Begitu pula dengan bisnis eCommerce. Ketika harus membangun web eCommerce dari awal, maka salah satu hal utama yang harus dipastikan adalah paket hosting web yang Anda sewa harus sesuai dengan kebutuhan. Layanan dan infrastruktur harus fleksibel, scalable, dan siap berkembang bersama bisnis Anda.

Uptime

Ketika Anda membangun sebuah bisnis eCommerce, ketika jenis usaha tersebut berhenti dalam satu menit saja, maka akan berpengaruh dan berdampak negatif terhadap kredibilitas web toko online Anda itu. Sebagian besar penyedia hosting menawarkan waktu aktif antara 1 Sembilan (90%) hingga 5 Sembilan (99,999%), yang berkisar antara 36,5 hari hingga 5,25 menit dari downtime yang diberlakukan. 

Oleh karenanya, sebelum memilih untuk menggunakan layanan pada satu provider hostingan, maka tanyakan dahulu apakah ada biaya jaminan ekstra atas waktu aktif yang diberikan agar ketika downtime tiba dan Anda sedang terlupa atau belum dapat memperbaruinya, maka website tetap berjalan sampai pembaruan dilakukan.

Data dan Spesifikasi Teknis

Seperti halnya web-web besar pada umumnya, sebuah web eCommerce harus memiliki database yang dapat bekerja optimal. Hal itu dikarenakan dengan database yang andal, maka Anda tidak perlu khawatir terhadap masalah kapasitas penyimpanan, pemrosesan data sampai dengan masalah backup data. Untuk itu, di awal, Anda harus memastikan dan mengetahui paket apa yang ingin digunakan. Jangan sampai membayar lebih akan tetapi layanan yang didapatkan tidak sebanding.

Privasi dan Keamanan

Karena web eCommerce berhubungan denganuang dan selalu memproses banyak transaksi setiap harinya, maka Anda harus memastikan bahwa informasi data sensitif pelanggan aman dan terlindungi. Untuk melakukannya, Anda sebaiknya hanya mempertimbangkan untuk menyewa hosting situs web yang dilengkapi dengan sertifikasi SSL (Secure Socket Layer) dalam paket tanpa biaya tambahan.

Dukungan Teknis

Pertimbangan utama lainnya adalah memastikan apakah provider hosting yang Anda beli layanannya dapat memberikan dukungan teknis internal atau outsourcing. Dengan dukungan internal, maka Anda akan memiliki jaminan keamanan 24 × 7 jika terjadi kesalahan server atau malfungsi.

Biaya

Terakhir, tentu saja yang harus dipertimbangkan adalah masalah harga setiap paketnya. Hal tersebut dirasa perlu dipikirkan juga karena dengan biaya besar yang dikeluarkan, maka paket hosting yang didapatkan juga wajib lengkap dengan beragam fitur di dalamnya. Oleh karenanya, tetap junjung tinggi istilah, “ada harga, ada rupa” alias harga akan menyesuaikan tingkat layanan yang didapatkan.

Baca Juga: Langkah Memulai Affiliate Marketing Terbaik Untuk Pemula, Kamu Harus Tahu!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023