ACCESSTRADE Indonesia

Tertarik Memiliki Website Sendiri? Intip Dulu Daftar CMS Terbaik 2020

Admin
others Sep 22, 2020

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi Marketing? Pemasaran Online yang Bisa Bikin Cuan!

CMS (Content Management System) bisa menjadi solusi alternatif bagi Anda yang ingin memiliki website sendiri namun tidak tahu harus mulai darimana. Melalui sistem manajemen konten yang satu ini, proses membuat website bisa berlangsung dengan lebih mudah dan cepat. Di mana Anda tak perlu lagi memikirkan cara-cara yang sulit hanya untuk membuat sebuah website. Dengan menggunakan CMS, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit saja untuk akhirnya bisa memiliki sebuah website.

Meski tidak memiliki pengetahuan mengenai bahasa oemrogat seperti CSS dan HTML, Anda nantinya masih bisa membuat website sendiri menggunakan CMS. Kabar bahagianya lagi, kini telah banyak website yang menggunakan CMS sebagai rumahnya. Penasaran dengan daftar CMS terbaik 2020? Berikut ulasannya untuk Anda.

Daftar Isi

WordPress

WordPress

Anda tentu sudah tidak lagi asing dengan situs yang satu ini, bukan? Pasalnya, WordPress merupakan salah satu CMS yang sangat populer dan banyak digunakan. Proses pembuatan WordPress yang terbilang mudah, membuat banyak orang lebih memilih CMS ini dibandingkan dengan lainnya. Tak hanya mudah dalam proses pembuatannya saja, WordPress juga bisa dengan mudah Anda desain sesuai keinginan. Di mana Anda hanya perlu menginstal sebuah plugin maupun tema setiap kali akan melakukan modifikasi desain.

Pilihan template yang terbilang banyak juga memudahkan para pengguna WordPress dalam mengatur website sesuai keinginan Anda. Membuat hingga mengedit postingan di WordPress juga tidak kalah mudahnya. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan perubahan, ubah pengaturan WordPress Anda ke bahasa Indonesia. Dengan begitu, Anda bisa semakin mudah mempelajari setiap perubahan yang ingin dilakukan nantinya.

Joomla!

Joomla

CMS lainnya yang tidak kalah populer yakni Joomla! Bahkan, CMS satu ini disebut sebagai platform yang paling banyak diakses setelah WordPress. Bedanya, proses mengelola Joomla! tidaklah semudah dan sesimpel WordPress. Khususnya bagi Anda yang masih terbilang pemula pada platform CMS. Jika memang Anda ingin menggunakan Joomla! luangkan waktu yang lebih banyak untuk mempelajari setiap pengaturan yang dimiliki platform satu ini.

Meski penggunanya terbilang sulit, bukan berarti Joomla! tidak bisa Anda jadikan pilihan. Dibandingkan dengan WordPress, platform yang satu ini terbilang jauh lebih fleksibel. Pasalnya, Joomla! tidak hanya berfokus pada konten teks saja, menggunakan Joomla! Anda bisa mengunggah upload dengan tipe yang lebih beragam. Anda yang bercita-cita ingin memiliki website dengan beragam konten di dalamnya, bisa menjadikan Joomla! sebagai pilihan terbaik.

Drupal

Drupal

Sama halnya dengan Joomla! CMS yang satu ini juga menawarkan platform yang begitu fleksibel perihal jenis konten yang bisa Anda unduh. Anda yang ingin mengelola custom post type akan sangat cocok jika menggunakan Drupal. Selain perihal tipe kontennya, keunggulan yang dimiliki Drupal juga terletak dari sistem taksonomi yang dianggap jauh lebih powerful. Tidak hanya itu saja, sistem keamanan yang dimiliki Drupal juga diklaim jauh lebih baik dibandingkan Joomla! dan WordPress. 

Perlu Anda ketahui, bahwa proses mengelola website melalui Drupal ini terbilang cukup sulit. Khususnya bagi Anda yang masih pemula perihal platform CMS. Namun, jika Anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup perihal pengembangan website, bisa dipastikan learning curve Drupal tidak akan terlalu sulit bagi Anda.

Typo3

Typo3

Meski kepopuleran CMS ini masih terbilang kalah dibandingkan ketiga CMS yang telah disebutkan di atas, bukan berarti Typo3 tidak bisa jadi pilihan Anda. Terlebih bagi Anda yang memang ingin membuat sebuah website pada level yang lebih tinggi. Jika Anda hanya ingin membuat website sederhana yang tidak terlalu besar, Typo3 bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda. Di sisi lain, CMS ini juga hanya akan mudah dioperasikan oleh Anda yang telah memiliki pengetahuan mengenai pengembangan website.

Fitur yang bisa Anda temukan pada Typo3 ini terbilang sangat banyak. Salah satunya yakni Anda bisa menemukan fitur bantuan multibahasa. Tidak hanya itu, hanya dengan satu instalasi saja, CMS ini memungkinkan Anda untuk menjalankan lebih dari satu website, lho. Untuk memudahkan hal tersebut, Typo3 juga telah mengatur sistem pembagian data dan tool dari masing-masing website yang akan Anda jalankan.

Serendipity

Serendipity

Jika CMS sebelumnya tidak cocok bagi Anda yang hanya ingin membuat website sederhana, hal itu bertolak belakang dengan CMS satu ini. Pasalnya, Serendipity bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda yang memang ingin membuat website sederhana layaknya sebuah blog. Anda yang ingin membuat website untuk konsumsi pribadi akan sangat cocok dengan Serendipity. Hal itu dikarenakan platform ini begitu mudah untuk dijalankan. Sekalipun tidak memiliki pengetahuan perihal pengembangan website, hal itu bukanlah permasalahan yang besar.

Menariknya lagi, platform ini juga disebut-sebut sebagai CMS teringan, lho. Meski ringan, fitur yang ditawarkan oleh Serendipity pun tidaklah sedikit atau terbatas. Sebaliknya, perform yang dimiliki Serendipity juga terbilang sangat unggul. Melalui CMS ini, Anda bisa dengan mudah mengelola website sesuai dengan tema keinginan Anda. Membuat website dengan tampilan yang begitu elegan pun bisa didapatkan dari CMS ini. Namun, satu hal yang perlu Anda ingat bahwa Serendipity hanya cocok bagi pembuatan website sederhana saja. Jika Anda ingin membuat website yang lebih besar, akan lebih baik jika Anda memilih CMS lainnya.

Dotclear

Dotclear

Seperti halnya WordPress dan Serendipity, CMS ini juga terbilang sangat mudah dalam penggunaannya. Fitur yang ditawarkan oleh Dotclear ini juga terbilang hampir sama dengan yang ada di WordPress. Anda yang bisa dengan mudah mengoperasikan WordPress, dipastikan juga bisa membuat website melalui CMS ini. Kemudahan yang ditawarkan oleh Dotclear membuat CMS ini lebih cocok digunakan pada website sederhana atau blog.

CMS ini menawarkan Anda pilihan untuk mempublish sebuah konten dalam berbagai macam bentuk, mulai dari teks, Wiki Syntax, hingga HTML. Opsi layanan seperti mempublish dan mengedit konten juga tersedia secara lengkap. Di Dotclear, Anda juga bisa membuat sebuah RSS feed, lho. Jika tertarik ingin menambahkan beberapa fitur tambahan pada tampilan website Anda nantinya, Anda hanya perlu melakukan penginstalan plugin terlebih dahulu.

Itu tadi daftar CMS terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan saat akan membuat sebuah website. Setiap CMS yang telah disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai user, Anda hanya perlu menyesuaikan pilihan CMS dengan kebutuhan pembuatan website nantinya. Jika Anda hanya akan membuat website yang sederhana saja, sebaiknya Anda tidak memiliki CMS yang rumit dalam pengelolaanya. Alih-alih memiliki sebuah website, memilih CMS yang rumit hanya akan membuat Anda kebingungan sendiri. Namun, jika Anda memang ingin membuat website untuk penggunaan yang lebih besar seperti branding atau marketing, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mempelajari beberapa hal dasar mengenai pengembangan website.

Baca Juga: 20 Tips Belajar Bisnis Affiliate Paling Mudah dan Terbukti Menghasilkan Komisi Pertama Anda

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023