ACCESSTRADE Indonesia

Ini Rekomendasi CMS Terbaik untuk Toko Online

Admin
others Sep 28, 2020

Baca Juga: Pekerjaan Afiliator Jadi Solusi Dapatkan Passive Income Menggiurkan

Saat ini, toko online menjadi jenis usaha yang sangat diminati. Dibandingkan membuka usaha offline, toko online memang cenderung lebih menguntungkan. Anda tidak membutuhkan biaya sewa tempat yang mahal. Selain itu, jangkauan target pasar untuk produk yang dijual pun menjadi lebih luas. Tak heran jika banyak pengusaha kecil dan menengah yang membuka toko online untuk memperoleh nafkah. 

Namun, jika Anda ingin usaha online lancar, sangatlah penting untuk mengenal CMS. CMS adalah sebuah sistem yang mengatur kinerja dari sebuah website. Sistem ini dapat membantu Anda dalam hal coding. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot melakukan kode pemrogaman. Untuk mendapatkan CMS, Anda tidak akan mengalami kesulitan. Karena, ada banyak sekali plugin CMS yang bisa didapatkan secara gratis. Namun, tentu saja Anda harus memilih CMS terbaik untuk toko online yang dikelola. Tips di bawah ini akan sangat berguna untuk membantu menemukan CMS yang tepat untuk Anda.

Daftar Isi

WooCommerce

WooCommerce

WooCommerce adalah plugin CMS yang marak digunakan oleh pengguna Wordpress. Plugin ini sangatlah disukai, karena tampilannya yang mirip dengan dashboard Wordpress membuatnya mudah untuk dioperasikan. CMS ini menawarkan berbagai macam fasilitas yang ramah dan SEO friendly untuk membantu meningkatkan nilai dari website online shop Anda. Dengan meningkatnya traffic yang datang ke website Anda,tentunya jumlah angka penjualan pun semakin meningkat. 

WooCommerce juga menawarkan forum tempat berkumpulnya pengguna CMS ini. Bagi pemula, hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh berbagai tips dalam memaksimalkan fitur CMS ini. Plugin ini bisa Anda gunakan secara gratis. Walaupun, tetap saja ada beberapa fitur ekstensi berbayar bagi Anda yang menginginkan lebih.

Shopify

Shopify

Bagi Anda yang ingin menjangkau pasar internasional, CMS Shopify ini lebih direkomendasikan. Plugin CMS asal Kanada ini menawarkan banyak sekali kemudahan bagi para penggunanya. Shopify memberikan tampilan yang modern dan cocok bagi pangsa pasar milenial dari berbagai belahan dunia. Selain itu, tampilan antarmukanya juga sangat mudah untuk dioperasikan. Sehingga, tak heran jika CMS ini banyak digunakan oleh para pengusaha toko online pemula. 

Selain itu, Shopify juga menawarkan fitur transaksi yang bermacam-macam. Dengan sistem transaksi yang beragam dan mudah, tentunya calon pembeli pun akan semakin berminat untuk belanja di toko online Anda. CMS ini juga menyediakan opsi media sosial yang beragam. Sehingga, pembeli pun dapat menemukan toko online Anda lewat platform media sosial manapun. Hanya saja, CMS ini kurang populer di Indonesia. Sehingga, menggunakan CMS ini untuk para pemula akan menjadi tantangan tersendiri.

PrestaShop

PrestaShop

PrestaShop banyak direkomendasikan bagi para pengusaha toko online tanah air. CMS ini memiliki banyak sekali fitur yang akan memanjakan para penggunanya. Baik penjual maupun pembeli akan merasakan kemudahan mengakses situs dengan CMS PrestaShop. Bagi pihak penjual, CMS ini menjamin sistem navigasi yang sederhana. Anda jadi dapat dengan mudah menata tampilan produk-produk yang dijual dengan rapi. CMS ini juga menawarkan fitur Analytics untuk membantu mengoptimalkan performa PrestaShop tanpa harus menginstall plugin tambahan. 

Anda juga bisa mengkustomisasi fitur Check Out sesuai dengan image toko. CMS PrestaShop juga menawarkan berbagai macam metode pembayaran untuk memudahkan pembeli. Mulai dari pembayaran lewat PayPal hingga transfer lewat ATM. Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat menjangkau calon pembeli dari Indonesia saja, tetapi juga dari luar negeri. Tak heran, PrestaShop menjadi CMS terbaik untuk toko online.

Magento

Magento

Dibandingkan fitur CMS lainnya, Magento memang dikenal dengan fitur uniknya. Dengan menggunakan Magenta, Anda dapat mengatur seberapa besar bisnis yang akan dijalankan. Anda dapat dengan mudah mewujudkan website online shop sesuai yang diinginkan dengan sistem kustomisasi yang sangat mudah. Magento juga menawarkan sistem checkout dengan tiga tahap untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pembeli. Bagi Anda yang ingin menjangkau pasar internasional, Magento menawarkan fitur Multilingual dan Multi-currency yang akan sangat berguna. 

Anda dapat mengakses Magento ini secara gratis. Namun, sayangnya fitur CMS ini lebih diperuntukkan bagi toko online tingkat lanjut. Anda juga harus menguasai teknik pengembangan website untuk dapat mengoptimalkan fungsi CMS ini.

AbanteCart

AbanteCart

AbanteCart merupakan platform yang menawarkan fitur CMS yang ramah bagi pemula. Platform CMS yang tersedia dengan gratis dan dapat diakses oleh siapa saja. CMS terbaik untuk toko online ini juga menyediakan fitur Tooltips yang membantu para pemula dalam mengoperasikan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Anda juga dapat mengakses plugin dan tema yang beragam. Sayangnya, pengguna platform ini masih minim di Indonesia. Sehingga, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam menemukan dan berbagi dengan pengguna platform yang sama.

Demikianlah beberapa rekomendasi CMS terbaik untuk toko online untuk usaha Anda. Kombinasikan CMS ini dengan tips online marketing lainnya untuk mencapai hasil yang maksimal. Semoga tips di atas membantu kelancaran usaha Anda. 

Baca Juga: Langkah Memulai Affiliate Marketing Terbaik Untuk Pemula, Kamu Harus Tahu!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023