ACCESSTRADE Indonesia

Gojek dan Grab Merger?

Admin
others Dec 10, 2020

Baca Juga: Bermodal Smartphone Anda Sudah Bisa Ikut Affiliate Marketing dan Meraup Keuntungan Besar

Tentunya hampir tidak ada orang-orang di Indonesia yang tidak mengenal jasa layanan transportasi berbasis online, Grab dan Gojek. Ya, keduanya adalah layanan transportasi berbasis online yang untuk saat ini mendominasi di Tanah Air. 

Memang dari sisi basis perusahaannya, Grab dan Gojek merupakan startup yang didirikan di 2 negara berbeda. Grab di Singapura, sedangkan Gojek di Jakarta, akan tetapi keduanya tetap menjadi sarana transportasi umum yang sangat populer di masyarakat Indonesia.

Terlepas dari asal-usul Grab dan Gojek tersebut, ada kabar yang mengatakan bahwa keduanya sedang dalam proses negosiasi final untuk berkolaborasi bersama. Dan tidak hanya sekadar berkolaborasi saja, menurut Bloomberg yang mendapatkan informasi dari ‘orang dalam’ salah satu perusahaan, kedua startup ini ada kemungkinan besar akan melakukan merger dalam jangka waktu dekat.

Ketika proses merger sudah dilakukan dan final, bukan berarti nantinya akan ada satu perusahaan baru yang merupakan hasil dari gabungan dua startup tersebut, melainkan Grab dan Gojek tetap akan menjalankan bisnis mereka masing-masing. Hanya saja, pendiri Grab, Anthony Tan akan menjadi Chief Executive Officer-nya, sedangkan para eksekutif di Gojek akan terus menjalankan bisnisnya di Indonesia yang mana tetap di bawah brand Gojek sendiri. 

Dan untuk sementara, ketika merger sudah terjadi, Gojek dan Grab akan tetap menjadi 2 nama brand yang berbeda, akan tetapi berdiri di satu bendera. Akan ada waktunya nanti, keduanya akan benar-benar disatukan menjadi satu layanan yang baru.

Sayangnya, ketika dikonfirmasi mengenai hal ini, pihak Grab, Gojek atau juga Softbank selaku investor menolak untuk memberikan komentar. 

Rumor mengenai akan dilakukannya merger antara Grab dan Gojek ini muncul ketika pandemi berlangsung. Terjadi penurunan pendapatan di segala lini. Layanan transportasi berbasis online cukup terkena imbasnya dengan bukti banyak driver-driver rekanan yang kemudian terpuruk dan jarang mendapatkan orderan seperti sebelum masa pandemi.

Untuk saat ini, Grab menjadi startup yang menjual layanan transportasi berbasis online terbesar di kawasan Asia Tenggara. Valuasi nilai jualnya melebihi angka Rp212 triliun dengan sebaran layanan di semua negara Asia Tenggara kecuali Laos dan Brunei Darussalam. Sedangkan Gojek sendiri adalah layanan yang sama dengan nilai valuasi sebesar Rp141,41 triliun dengan cakupan wilayah layanan Indonesia, Thailand, Vietnam dan Filipina.

Baca Juga: Banyak Opsi, Ragam Contoh Bisnis Afiliasi Penghasil Pundi Rupiah

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023