ACCESSTRADE Indonesia

Hati-Hati, Ini Bahayanya Fintech Ilegal

Admin
others Sep 01, 2020

Baca Juga: 10 Contoh Bisnis Afiliasi Paling Mudah Dengan Komisi Terbaik

Istilah fintech atau financial technology peer to peer lending, tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Layanan satu ini memungkinkan Anda mendapatkan pinjaman dana cepat secara online. Kemudahan yang ditawarkan fintech tentu menarik perhatian banyak orang, khususnya bagi mereka yang merupakan pemilik dari bisnis UMKM. Sesuai dengan namanya, segala proses peminjaman dana yang dilakukan melalui fintech berlangsung secara online dengan mengandalkan jaringan internet.

Meski sangat mudah dan menggiurkan, Anda perlu berhati-hati setiap kali akan menggunakan layanan pinjaman online satu ini. Pasalnya, hingga saat ini banyak ditemukan fintech ilegal yang hanya memberikan kerugian bagi penggunanya. Bahkan, telah tercatat bahwa jumlah fintech ilegal jauh lebih banyak dibandingkan dengan fintech legal. Untuk membuat Anda lebih was-was, berikut bahaya dari penggunaan fintech ilegal.

Daftar Isi

Meneror Keluarga dan Kerabat Dekat

Setiap fintech ilegal akan meminta izin untuk mengakses semua daftar kontak yang ada di smartphone Anda. Hal ini tentu akan sangat merugikan Anda sebagai peminjam dana. Pasalnya, apabila dana pinjaman Anda telah jatuh tempo dan Anda belum juga melunasi, pihak fintech ilegal tidak akan segan-segan untuk melakukan aksi peneroran. Lebih buruknya lagi, bukan hanya Anda yang menjadi korban peneroran, namun juga keluarga dan kerabat dekat. Jika ini sampai terjadi, tentu akan sangat memalukan.

Data Pribadi Pengguna Terancam

Selain dapat mengakses seluruh daftar kontak yang Anda miliki, fintech ilegal juga bisa mendapatkan akses terhadap data pribadi pengguna. Salah satunya yakni galeri, bukan tidak mungkin foto pribadi yang Anda simpan di dalam smartphone akan dengan mudah disalahgunakan oleh pihak penyedia layanan pinjaman online. Pada beberapa kasus, korban pengguna juga pernah mengadukan kasus pelecehan seksual kepada pihak fintech ilegal karena telah menyebarkan foto pribadinya.

Denda yang Terlampau Besar

Denda yang diberikan oleh fintech ilegal kepada penggunanya terbilang sangat besar. Bahkan, bisa berkali-kali lipat dibandingkan dengan biaya awal peminjaman. Berbeda dengan fintech legal yang hanya akan memberikan denda pinjaman maksimal dua kali lipat dari nominal dana yang dipinjam. Alih-alih mendapatkan untung karena dapat modal, Anda malah akan rugi banyak.

Berdasarkan ulasan di atas, tentu Anda perlu sebisa mungkin menjauhi Fintech ilegal. Lantas, bagaimana mengetahui legal tidaknya jasa pinjaman online? Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung melalui OJK. Pastikan bahwa penyedia jasa pinjaman online yang Anda pilih telah terdaftar secara resmi di OJK. Jika tidak, bisa dipastikan bahwa penyediaan jasa tersebut ilegal dan membuat Anda semakin dekat dengan ancaman bahaya yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca Juga: 8 Program Affiliate Marketing Indonesia dengan Komisi Menggiurkan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023