ACCESSTRADE Indonesia

Webinar, Solusi Jangkau Konsumen di Masa Pandemi

Admin
others Aug 24, 2020

Baca Juga: Contoh Affiliate Marketing yang Bagus Serta Tips Menjalankannya di Youtube

Selama masa pandemi, social distancing atau jaga jarak sosial tetap didengungkan. Tentunya, peraturan ini sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap dunia bisnis. Kesempatan untuk tatap muka dengan calon konsumen pun jadi makin terbatas. Sebagai pengusaha, Anda pun jadi harus putar otak agar perusahaan dapat bertahan selama masa sulit ini. Untungnya, Anda bisa memanfaatkan platform webinar untuk melakukan kegiatan promosi selama pandemi COVID-19 berlangsung. Berikut adalah beberapa hal seputar Webinar dan manfaatnya untuk kebutuhan bisnis Anda.

Daftar Isi

Apakah Webinar?

Webinar adalah suatu platform yang memungkinkan Anda untuk melakukan presentasi secara online dan real time. Melalui webinar, Anda dapat memberikan presentasi atau materi tertentu terhadap para penonton dari tempat yang berbeda-beda. Penyampaian materi presentasi pun dilakukan secara online, sehingga kemungkinan interaksi langsung dan potensi menyebarkan virus pun dapat lebih diminimalisir. Tak hanya untuk keperluan edukasi saja, webinar juga banyak digunakan oleh perusahaan untuk kebutuhan marketing. 

Webinar untuk Marketing dan Manfaatnya

Jika Anda bekerja di bagian marketing, tentunya memanfaatkan webinar bisa dijadikan sebagai alternatif. Melalui platform ini, Anda dapat menyampaikan presentasi tentang produk-produk tertentu pun bisa dilakukan secara online. Partisipan yang bergabung pun pastinya jauh lebih banyak. Jangankan dari satu kota, peserta dari webinar yang Anda gelar pun bisa jadi berasal dari luar daerah. Melakukan presentasi marketing lewat webinar juga memberikan banyak sekali keuntungan. Yaitu:

  1. Dapat Meningkatkan Adanya Brand Awareness

Di dunia marketing, kesadaran akan brand atau brand awareness merupakan suatu hal yang sangat penting. Brand awareness dibutuhkan untuk membuat masyarakat menjadi lebih aware atau mengenal tentang merek yang Anda promosikan. Sebelum masa pandemi, ada banyak sekali cara untuk meningkatkan brand awareness. Namun, selama masa social distancing ini juga tidak seharusnya menjadi batu sandungan. Malah, webinar bisa menjadi cara yang lebih efektif dalam mempromosikan brand Anda. Dengan menggunakan webinar, Anda bisa mempresentasikan berbagai keunggulan produk yang dijual kepada khalayak yang lebih luas. Untuk memaksimalkan, pastikan presentasi Anda sesuai dengan target audience yang dituju.

  1. Jadi Sarana untuk Mengumpulkan Leads

Leads adalah istilah untuk para calon konsumen potensial. Mengumpulkan leads tentunya menjadi salah satu aspek dalam dunia marketing yang wajib untuk diperhatikan. Kehadiran webinar dapat mempermudah Anda dalam mengumpulkan leads. Salah satu cara untuk mengumpulkan leads adalah dengan meminta data nama dan alamat email dari calon pelanggan tersebut. Anda kemudian dapat menggunakan email tersebut sebagai sarana campaign untuk mempromosikan usaha. Anda juga bisa merancang newsletter yang dikirim perbulannya untuk menggaet calon konsumen. Semakin banyak leads yang Anda dapat, akan semakin banyak pula calon konsumen yang tertarik untuk membeli produk Anda.

  1. Sangat Menghemat Waktu dan Biaya

Salah satu kekurangan dari presentasi produk online adalah biaya sewa venue dan biaya konsumsi yang harus dikeluarkan. Namun dengan menggunakan fasilitas webinar, biaya tersebut bisa diminimalisir. Anda tidak perlu lagi menyewa venue hall untuk kegiatan presentasi produk. Karena webinar ini dilaksanakan di rumah masing-masing, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya konsumsi untuk peserta seminar. Anda juga tidak perlu menentukan pengeluaran biaya untuk perjalanan seandainya seminar tersebut dilaksanakan di luar kota. Presentasi webinar bisa Anda laksanakan cukup dengan menekan 1 tombol saja. Peserta juga akan lebih berminat untuk mengikuti presentasi Anda. Karena mereka juga tidak perlu membayar tiket untuk venue dan biaya perjalanan. 

Maksimalkan Fitur Webinar dengan Cara Ini

Presentasi webinar yang baik adalah yang dapat membuat penonton tetap merasa engaged atau tertarik. Tentunya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk itu. Yaitu:

  1. Tentukan Dulu Topik Serta Tujuan Penyelenggaraan Webinar

Agar presentasi webinar Anda lebih terarah dan sesuai target, pastikan Anda sudah merancang tema serta tujuan dari presentasi tersebut. Pastikan bahwa produk yang Anda jual berhubungan dengan masalah yang dihadapi kebanyakan peserta webinar. Untuk memudahkan, sebaiknya Anda membuat rumusan masalah terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda menjual produk kesehatan, maka pastikan Anda mempersiapkan materi yang berhubungan dengan penyakit tertentu. Tentunya, jawaban untuk menyembuhkan penyakit tersebut adalah dengan membeli produk Anda. Dengan demikian, calon konsumen akan lebih tertarik untuk menjajal produk yang Anda jual. Jangan sampai presentasi yang Anda sampaikan terkesan berantakan dan asal-asalan, ya.

  1. Persiapkan Kebutuhan dan Fasilitas Agar Webinar Berlangsung Lancar

Anda memang tidak harus menyewa venue untuk menyelenggarakan webinar. Namun, tetap saja Anda harus memastikan bahwa semua peralatan yang digunakan mendukung kelancaran presentasi online. Pertama-tama, pastikan bahwa Anda memiliki konektivitas internet yang lancar. Ini untuk mencegah webinar terputus gara-gara koneksi internet yang tidak stabil. Selain itu, pastikan perangkat laptop atau smartphone yang Anda gunakan dapat menjalankan aplikasi webinar dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa kondisi mic dan audio agar suara Anda dapat tersampaikan dengan jelas. Tak ada salahnya untuk melakukan sound dan audio check. Jangan lupa untuk memilih tempat yang ideal dan minim gangguan. 

  1. Pilih Media Webinar yang Sesuai

Saat ini, ada banyak sekali situs atau aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk melancarkan sesi webinar. Aplikasi yang paling lazim digunakan adalah Zoom. Apalagi saat ini, semakin banyak instansi perkantoran dan individu yang menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur Facebook, Instagram, dan YouTube Live untuk melaksanakan presentasi Webinar. Google juga menawarkan fitur Google Hangout yang bisa Anda gunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut kebanyakan dapat Anda gunakan secara gratis. Masing-masing situs dan aplikasi tentunya punya fitur-fitur yang berbeda. Anda perlu memastikan bahwa fitur-fitur yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan presentasi. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fitur, bisa saja Anda berlangganan aplikasi tersebut selama bulanan. Jangan lupa untuk memperhatikan kapasitas gadget Anda sebelum mengunduh aplikasi tersebut. Untuk menjangkau target audience yang lebih besar, ada baiknya memilih aplikasi atau situs Webinar yang populer digunakan. 

  1. Persiapkan Strategi Marketing yang Tepat

Presentasi webinar online sekalipun membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Dengan menggunakan strategi yang sesuai, jumlah calon konsumen yang Anda peroleh pun jadi semakin banyak. Untuk itu, Anda perlu kembali mengingat tujuan awal dari penyelenggaraan webinar ini. Apakah Anda melakukannya untuk meningkatkan brand awareness, memperbanyak leads, atau mungkin keduanya? Masing-masing tujuan pastinya memiliki strategi pemasaran yang berbeda. Pertanyaan tersebut akan sangat membantu Anda menentukan strategi yang tepat sasaran.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar webinar marketing berlangsung dengan lancar. Jangan lupa untuk menyelenggarakan webinar secara tepat waktu untuk meningkatkan trust pada konsumen. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi Anda. 

Baca Juga: Terlengkap, Berikut Adalah Deretan Program Affiliate Marketing Dengan Komisi Terbesar

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023