ACCESSTRADE Indonesia

Masih Ramai tentang iPhone 12, Harga Aplikasi Apple Dikabarkan Naik

Admin
others Oct 31, 2020

Baca Juga: 8 Program Affiliate Marketing Indonesia dengan Komisi Menggiurkan

Pengumuman mengejutkan datang dari perusahaan gadget terkemuka, yaitu Apple. Perusahaan tersebut mengumumkan akan menaikkan harga beberapa aplikasi Apple Store dalam waktu dekat ini. Peraturan tersebut akan diberlakukan di beberapa negara. Negara yang akan terkena imbas dari kebijakan Apple ini antara lain Kolombia, India, Rusia, Brasil, dan Afrika Selatan. Tentu saja, salah satunya adalah Indonesia. 

Kenaikan harga aplikasi tersebut dilakukan sebagai respons terhadap aturan pemerintah Indonesia yang menerapkan pemungutan pajak PPN (Pajak Pertambahan Nilai) terhadap transaksi melalui sistem elektronik. Peraturan itu sendiri sudah berlaku sejak tanggal 1 September 2020 kemarin. Peraturan tersebut dikenakan terhadap Apple karena perusahaan tersebut sudah memenuhi kriteria sebagai PKP (Perusahaan Kena Pajak). Untuk itu, Apple akan dikenakan biaya PPN sebesar 10%. 

Walaupun terkesan sangat mendadak, sebenarnya kebijakan tersebut bukanlah hal yang baru bagi Apple. Apple memang sudah beberapa kali melakukan pembaharuan harga-harga di App Store apabila terjadi perubahan nilai tukar uang atau jumlah pajak. Dengan naiknya harga aplikasi Apple, maka hal tersebut akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap pembelian aplikasi. Selain itu, aktivitas pembelian di dalam aplikasi atau in-app purchase di App Store pun juga akan turut terpengaruh. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena, beberapa aplikasi seperti iCloud dan Apple Music tidak akan terpengaruh dengan kebijakan Apple ini. 

Kebijakan kenaikan harga untuk aplikasi Apple ini kabarnya baru akan efektif dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Apple juga memberikan himbauan kepada pihak pengembang aplikasi untuk mengecek informasi tentang harga-harga baru yang akan berlaku. Hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahpahaman antara pihak pengembang, Apple, dan pihak pengguna layanan. Selain diberlakukan di 6 negara, Apple juga rencananya akan melakukan penyesuaian terhadap harga-harga baru tersebut di sejumlah negara lain. Negara-negara yang rencananya akan menerima penyesuaian harga aplikasi Apple ini antara lain Islandia dan Albania. 

Dengan naiknya harga aplikasi Apple, tentunya hal tersebut membuat Anda harus mempersiapkan budget yang lebih besar. Namun, di saat yang sama Anda juga jadi bisa menentukan jenis aplikasi apa yang memang benar-benar dibutuhkan.

Baca Juga: Cari Income Tambahan? Ini Daftar Affiliate Program Yang Bisa Kamu Coba!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023