ACCESSTRADE Indonesia

Selene, Komputer Jenius dari Nvidia: Diharapkan Bisa Meneliti Virus Corona

Admin
others Sep 21, 2020

Baca Juga: Mengenal lebih dalam Affiliate Marketing, Tips menjadi affiliate marketer yang sukses

Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai memang membuat segala macam aktivitas manusia nyaris terhenti. Beban untuk menemukan vaksin untuk menjinakkan virus ini pun berada di pundak para ilmuwan dunia. Namun, bahkan para ilmuwan pun harus menerapkan peraturan social distancing. Hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap kinerja penelitian melawan COVID-19. Namun, beban kerja para ilmuwan di Nvidia jadi terasa lebih ringan berkat adanya Selene. Selene adalah komputer jenius yang diciptakan oleh Nvidia menggunakan sistem AI yang mereka rakit sendiri. Bagaimana Selene bisa membantu para ilmuwan meneliti lebih jauh tentang virus Corona yang sudah melanda dunia selama setengah tahun ini?

Selene, Komputer Serba Bisa dengan Kemampuan Setara 1000 Ilmuwan

Selene merupakan generasi keempat dari DGX SuperPODs, yang merupakan sistem AI yang baru saja selesai dikembangkan oleh Nvidia sebelum pandemi COVID-19 menyerang. Setelah pandemi melanda, Nvidia mengalami masalah staf yang kurang dan fasilitas gedung yang terbatasi. Untungnya, krisis tersebut dapat diatasi dengan sangat baik berkat bantuan dari Selene. Bahkan, Selene bisa membantu mengupdate data di bagian data center dalam jangka waktu tiga setengah minggu saja. Tak heran, jika saat ini Selene sudah menduduki peringkat di dalam 10 Super Komputer terbaik. Tak hanya itu, Selene juga menjadi sistem industri tercepat di Amerika Serikat, dan menjadi mesin MLPerf mesin pertama yang tercepat dan tersedia untuk keperluan komersial. 

Tujuan dari digunakannya Selene oleh Nvidia adalah agar dapat membantu mempercepat proses penyebaran aplikasi yang sebelumnya sudah dikembangkan oleh para developer sesegera mungkin. Hal tersebut dikatakan oleh Michael Houston selaku ketua arsitek kepada reporter. Untuk menjalankan tugasnya, Nvidia membekali Selene dengan spesifikasi mesin yang canggih. Perangkat elektronik ini terdiri dari system 280 DGX A100 dan 494 tuas Mellanox. 

Dengan kinerja mesin yang sangat cepat, Selene memungkinkan Nvidia untuk menjalankan ribuan tugas dalam jangka waktu seminggu. Pekerjaan yang dilakukan mesin ini meliputi data analitik AI, pembelajaran mesin tradisional, hingga pengembangan aplikasi HPC. Jika biasanya dibutuhkan ribuan orang di dalam satu ruangan untuk mengembangkan aplikasi, dengan Selene, semuanya bisa diselesaikan dengan bantuan 2 orang yang bekerja di ruangan berbeda.

Tak heran, jika Nvidia berencana untuk memberikan sejumlah SuperPod Selene untuk membantu para ilmuwan medis dalam meneliti virus COVID-19. Dengan demikian, diharapkan para ilmuwan tersebut dapat segera menemukan antivirus yang ampuh tanpa mengkonsumsi waktu dan tenaga manusia yang terlalu banyak.  

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi Marketing? Pemasaran Online yang Bisa Bikin Cuan!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023