ACCESSTRADE Indonesia

Perbedaan Inbound Marketing dan Outbound Marketing

Admin
others Jan 27, 2021

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Jenis Bisnis Online Untuk Pemula Terlengkap, Affiliate marketing paling diminati

Dalam dunia marketing, terkhusus yang menggunakan teknologi digital, ada berbagai macam istilah. Dua di antaranya adalah inbound marketing dan outbound marketing. Lantas apa perbedaan antara keduanya? Simak penjelasan mengenai perbedaan antara inbound dan outbound marketing berikut.

Inbound Marketing

Inbound Marketing adalah metodologi bisnis yang dilakukan dengan membuat konsumen menemukan bisnis atau usaha yang Anda jalankan. Metode ini memang berkebalikan dengan strategi konvensional di mana pemilik usaha lah yang berusaha mendekati konsumen.

Untuk menjalankan inbound marketing, pemilik usaha perlu menciptakan sesuatu yang bisa menarik perhatian konsumen. Salah satunya dengan membuat konten yang bermanfaat dan viral melalui media sosial seperti Instagram atau YouTube.

Konten yang dibuat harus mempertimbangkan berbagai aspek, misalnya saja isinya masih berhubungan dengan produk yang dijual, memiliki gaya khas yang unik dan sesuai dengan selera target pasar, serta tentunya bermanfaat dan memicu orang untuk membagikannya.

Inbound marketing bisa jadi jauh lebih terjangkau dan cocok untuk usaha kecil. Sebab menarik perhatian konsumen melalui media sosial sangat rendah biaya bahkan bisa gratis. Hanya diperlukan kreativitas dan kepekaan pemilik usaha.

Outbound Marketing

Berkebalikan dengan inbound marketing, outbound marketing ini merupakan strategi konvensional yang dilakukan pemilik usaha. Tujuan utamanya adalah dengan mempromosikan bisnisnya dan membuat konsumen ingin membeli. Dalam hal ini, strategi yang dilakukan adalah dengan beriklan, baik itu melalui selebaran, poster, spanduk, maupun iklan di media massa.

Dibandingkan inbound marketing, strategi ini memang lebih tinggi biaya. Untuk berpromosi dan menciptakan iklan yang baik dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pemilik usaha mungkin membutuhkan tim khusus untuk memastikan iklan yang dibuat sesuai dengan target konsumen yang dituju.

Apalagi jika memilih iklan melalui media massa atau media elektronik dan bekerja sama dengan influencer atau public figure lainnya, tentu saja harganya akan jauh lebih mahal. Namun impresi yang dihasilkan jelas lebih berdampak dan bisa menarik konsumen dalam jumlah besar.

Kedua jenis marketing ini sebaiknya dilakukan secara bersamaan untuk hasil yang lebih optimal. Sebelum menerapkan inbound marketing maupun outbound marketing, pastikan terlebih dahulu mengenali produk dan target konsumen dengan baik.

Artikel lain yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya:

Baca Juga: Panduan Lengkap Affiliate Marketing 2023 Dengan Social Media, Belajar Sampai Mahir Hanya Di Sini!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023