ACCESSTRADE Indonesia

Penggemar PUBG Bersiap, Sebentar Lagi Bisa Mainkan di Android

Admin
others Aug 25, 2020

Baca Juga: 9 Daftar Toko Online yang Menyediakan Afiliasi dengan Skema Menarik

Bagi penggemar game online, nama game PUBG pastilah tidak terdengar asing. Game ini bahkan banyak digunakan di ajang bergengsi Esports. Sejak kemunculannya di tahun 2017, PUBG menjadi salah satu game PC yang menarik banyak perhatian dari kalangan gamers. Setahun berikutnya, yaitu pada tanggal 9 Februari 2018, PUBG meluncurkan versi PUBG mobile. Game mobile yang diluncurkan dalam bentuk aplikasi ini sontak mendapatkan antusiasme yang sangat besar dari penggemar mobile gaming. Karena dengan adanya PUBG mobile, maka penggemar mobile games pun bisa merasakan keseruan shooting game yang legendaris ini. Berikut adalah beberapa perbedaan mendasar yang dimiliki PUBG versi mobile dan PC.

Daftar Isi

Perbedaan Dari Segi Publisher

Salah satu hal paling mendasar yang menjadi perbedaan antara PUBG mobile dan PUBG PC adalah dari segi pengelolanya. Walaupun sama-sama diproduksi oleh PUBG Corporation, hak publikasi PUBG Mobile diberikan kepada Tencent Games. Perusahaan tersebut membeli lisensi dari PUBG Corporation untuk mengembangkan game PUBG versi mobile. Sedangkan, pengembangan dari game PUBG PC masih tetap berada di bawah naungan PUBG Corporation. Jika Anda teliti, mungkin bisa menemukan beberapa perbedaan mendasar dari segi desain grafisnya.

Sistem Bisnis Game

Perbedaan lainnya antara PUBG mobile dan versi PC adalah dari segi ketersediaannya. Game versi mobile bisa Anda dapatkan dengan gratis lewat aplikasi Play Store. Hal ini tentunya berbeda dari versi PC yang mewajibkan Anda untuk membelinya dengan harga Rp 200.000 via Steam. Selain itu, sistem bisnis yang diusung kedua versi game PUBG ini juga berbeda. Untuk mendapatkan items berupa senjata, peluru, dan lain sebagainya di PUBG mobile, Anda harus membelinya dengan voucher Google Play. Untuk membeli voucher Google Play ini, tentunya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang. Pada versi PC, Anda dapat memperoleh items yang diinginkan dengan menggunakan uang yang bisa didapatkan dari dalam game. 

Kualitas Grafis

Hal yang membuat PUBG versi PC begitu popular adalah karena kualitas grafisnya yang sangat unggul. Namun, dalam PUBG mobile, kualitas grafis tersebut memang sengaja diturunkan. Hal tersebut ditujukan agar smartphone Anda tidak terlalu terbebani dengan kualitas grafis dari game ini. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati. Karena kualitas grafis dari game mobile ini masih jauh lebih baik dibandingkan game mobile lainnya. 

Fitur Navigasi

Dengar-dengar, sistem navigasi dari PUBG mobile dibuat sangat mudah untuk dioperasikan. Ini pastinya memberikan keuntungan tersendiri bagi para mobile gamers. Game mobile tersebut dilengkapi dengan fitur auto-aim. Adanya fitur ini memudahkan Anda untuk menembak musuh dengan akurasi yang lebih baik. Tak hanya itu, game PUBG versi mobile juga menghadirkan fitur looting. Adanya fitur pemasangan senjata secara otomatis juga membuat Anda tidak perlu susah-susah mengganti senjata. FItur lainnya memungkinkan Anda untuk mengetahui jumlah player yang belum terjun dari pesawat. Kehadiran fitur ini tentunya lebih memudahkan Anda dalam memprediksi area dimana start point dari para pemain tersebut. 

Target Pasar

Dari segi kecanggihan fitur dan kualitas grafis, Anda tentu sudah memperoleh gambaran jelas target pasar PUBG dan PUBG mobile memang berbeda. PUBG versi PC memang memiliki desain grafis dan fitur-fitur yang jauh lebih lengkap. Game PC ini tentunya diperuntukkan oleh gamers hardcore dan atlet E-Sports. Sedangkan, versi mobile cenderung memiliki kualitas grafis yang lebih sederhana dengan fitur yang ringan. Game versi mobile ini memang didesain khusus untuk pemain mobile games yang casual. Selain itu, game PUBG mobile ini juga nyaman dimainkan bagi Anda yang merupakan pemain baru dan ingin berkenalan dengan game legendaris ini.

Turnamen E-Sports

Posisi PUBG versi PC di dalam ajang E-Sports sudah jelas. Game PC ini memang cukup banyak digunakan di dalam ajang game bergengsi tersebut. Di Indonesia, sudah tidak terhitung jumlah E-Sport yang dikhususkan untuk permainan PUBG. Salah satunya adalah pertandingan yang diselenggarakan oleh ESL. Selain itu, ada juga Aerowolf Organizer yang menyelenggarakan turnamen game “Run ‘N’ Gun”, di bulan Maret tahun 2018 lalu. Sebaliknya, pertandingan E-Sport mobile games untuk PUBG masih sangat jarang terdengar. Walaupun, hal tersebut sebenarnya adalah sesuatu yang wajar. Apalagi, karena popularitas PUBG mobile memang tidak sehingar-bingar versi PC. 

Sistem Rangking

Perbedaan lainnya antara PUBG mobile dan PUBG PC dapat dilihat dari segi sistem rangkingnya. PUBG versi PC menggunakan sistem ranking berdasarkan tingkat EXP dan jumlah BP yang dimiliki oleh karakter Anda. Jumlah rangking tertinggi akan ditampilkan pada leaderboard yang terdapat di masing-masing server. Sedangkan, untuk game versi mobile, sistem rangking yang digunakan diambil dari level atau pangkat pemain tersebut. Ini pastinya memotivasi Anda untuk terus bermain demi meningkatkan level karakter.

Demikianlah beberapa perbedaan antara PUBG mobile dan versi PC. Anda bisa mengunduh game mobile ini sekarang juga lewat Google Play Store untuk Android. 

Baca Juga: Pemula Perlu Tahu, Ini Pengertian Afiliasi Marketing, Kelebihan dan Kekurangan!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023