ACCESSTRADE Indonesia

Rahasia Bangun Bisnis Startup yang Bisa Bertahan Lama

Admin
others Sep 09, 2020

Baca Juga: Pemasaran Afiliasi, Definisi, cara kerja dan manfaatnya untuk bisnis

Bisnis startup saat ini begitu populer, khususnya di kalangan anak muda yang memiliki jiwa pengusaha. Meski terdengar keren dan menjanjikan, namun membangun bisnis startup bukanlah persoalan yang mudah. Banyak hal yang perlu Anda persiapkan dengan baik, mulai dari ide, model, marketing, dan masih banyak lagi. Jika tidak memiliki persiapan yang matang, bukan tidak mungkin jika nantinya bisnis startup Anda hanya akan berusia seumur jagung. Akan sangat disayangkan apabila Anda sudah mengeluarkan modal banyak untuk bisnis yang tidak bertahan lama, bukan? Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, simak tips dan rahasia bangun bisnis startup berikut.

Daftar Isi

Kembangkan Ide

Ide menjadi salah satu kunci utama dan penentu apakah bisnis startup Anda nantinya akan bertahan lama atau tidak. Di mana Anda perlu mengembangkan bisnis sebaik dan semaksimal mungkin sebelum melangkah ke step lainnya. Dibandingkan mengikuti ide bisnis yang sedang tren, sebaiknya Anda memilih untuk mengembangkan ide bisnis yang lebih unik dan menarik. Hal ini juga akan membuat bisnis Anda nantinya bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat.

Selain membutuhkan modal yang besar, membangun bisnis dengan ide yang mengikuti tren membuat Anda perlu berpikir keras mengenai proses pemasaran nantinya. Di mana bisnis baru Anda harus bersaing dengan bisnis lainnya yang sudah ada. Mendapatkan ide bisnis yang unik memang bukanlah persoalan yang mudah. Anda perlu melakukan riset pasar untuk benar-benar mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

Tentukan Target Pasar

Setelah mengetahui ide bisnis apa yang akan Anda buat, kini saatnya Anda untuk menentukan target pasar. Identifikasi target pasar secara mendetail siapa-siapa saja yang nantinya akan membutuhkan dan relevan terhadap produk yang Anda jual. Perhatikan bagaimana kondisi ekonomi, pendidikan, hingga demografi dari target pasar Anda.

Menentukan target pasar di awal juga akan memudahkan Anda untuk menyusun strategi marketing ke depannya. Mengingat strategi marketing juga mencari hal yang sangat penting untuk mengenalkan dan mempromosikan bisnis Anda. Strategi marketing yang akan Anda buat juga haruslah disesuaikan dengan target market. Jika Anda menyasar masyarakat kekinian dengan selera fashion yang tinggi, melakukan pemasaran di Instagram menjadi pilihan yang sangat tepat.

Buat Tim yang Solid

Siapa saja yang akan terlibat dalam bisnis juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Mengingat bisnis startup akan sangat sulit jika harus Anda jalani seorang diri. Bentuklah sebuah tim dengan orang-orang yang memang memiliki tujuan dan visi yang sama dengan Anda. Dengan begitu, membangun bisnis bersama tim tersebut akan terasa lebih mudah.

Sebelum memutuskan untuk melakukan perekrutan tim, tentukan terlebih dahulu bagian apa saja yang Anda butuhkan dalam bisnis. Pilih orang yang telah menguasai bagian dari yang Anda butuhkan tersebut. Jangan lupa untuk juga mencari tahu track record dari masing-masing orang sebelum memutuskan untuk merekrut mereka.

Beri Pelayanan Terbaik

Apabila semua persiapan bisnis Anda sudah matang, rasanya tidak akan lengkap jika Anda nantinya tidak memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Pasalnya, hal ini juga menjadi salah satu poin penting untuk membuat bisnis Anda bisa bertahan cukup lama. Berikan pelayanan customer service terbaik Anda bagi setiap konsumen yang akan atau telah membeli produk.

Semakin baik pelayanan customer service yang Anda berikan, hal ini akan membuat bisnis Anda semakin stabil. Jangan lupa juga untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi pada konsumen yang begitu loyal dengan produk Anda. Dengan begitu, konsumen tersebut akan semakin loyal karena merasa mendapat perhatian lebih.

Buat Target yang Ingin Dicapai

Agar bisnis Anda tidak kehilangan arah di tengah jalan, Anda haruslah membuat daftar target apa saja yang ingin dicapai. Buatlah daftar tersebut dalam sebuah timeline dan tentukan apa saja target yang ingin Anda capai pada kurun waktu tertentu. Timeline ini juga bisa dijadikan sebagai motivasi setiap kali Anda mulai kehilangan semangat. Jangan lupa untuk selalu memberi tanda pada target yang sudah Anda capai. Buat juga target baru yang lebih tinggi dari sebelumnya. Dengan begitu, bisnis startup Anda nantinya bisa bertahan lebih lama.

Berdasarkan kelima poin yang telah disebutkan di atas, tentu terlihat bahwa membangun bisnis startup bukanlah persoalan yang mudah. Meski sangat penting, modal juga bukanlah satu-satunya hal yang menjadi penentu bertahan tidaknya sebuah bisnis. Sebagai pemilik bisnis startup, Anda pun nantinya juga akan dituntut untuk berani mengambil risiko setiap kali mengambil keputusan. Sekalipun akan mengalami kegagalan pada salah satu langkah yang diambil, ingatkan diri Anda untuk tidak mudah patah semangat dan lihat kembali timeline target yang sudah Anda buat. Bangkit dan berjuang kembali menjadi kunci kesuksesan dari para pelaku bisnis.

Baca Juga: Pahami Artinya Afiliasi Pemasaran, Sistem Saling Menguntungkan Berdasarkan Tindakan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023