ACCESSTRADE Indonesia

Intip Strategi Digital Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness

Admin
others Sep 29, 2020

Baca Juga: Yuk Kenali Syarat Shopee Affiliate dan Syarat Tokopedia Affiliate, Mana yang Paling Mudah di Ikuti

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu perlu memikirkan strategi marketing sebaik mungkin agar bisa bersaing di tengah kompetitor sejenis. Bahkan, strategi digital marketing yang tepat juga bisa meningkatkan brand awareness bisnis Anda, lho. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kesadaran para konsumen akan keberadaan merk Anda. Tingginya brand awareness sebuah perusahaan juga akan membuat proses promosi terasa lebih mudah.

Namun, meningkatkan brand awareness tentu bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Sekalipun bisa dikatakan berhasil, bukan berarti Anda lalu akan bersantai dan membiarkan bisnis jalan dengan sendirinya. Pasalnya, strategi digital marketing untuk meningkatkan brand awareness merupakan salah satu tindakan jangka panjang. Di sisi lain, seringkali tingkat keefektifan strategi yang Anda susun juga baru akan terasa dalam hitungan bulan. Proses yang terbilang butuh kesabaran ini akan membuahkan hasil yang maksimal jika Anda tekun melakukannya. Untuk mempermudah Anda dalam meningkatkan brand awareness, intip strategi digital marketing yang patut Anda coba berikut.

Daftar Isi

Konten Menarik dan Berciri Khas

Memikirkan dengan matang bagaimana konten yang akan diunggah menjadi salah satu kunci berhasilnya strategi digital marketing. Semakin menarik konten yang Anda buat, akan membuat konsumen lebih aware terhadap adanya merk Anda. Bahkan, bukan tidak mungkin mereka nantinya juga akan mencari tahu informasi lebih detail mengenai merk Anda. Jika hal ini terjadi, akan semakin banyak orang yang mengetahui dan melakukan pembelian pada produk Anda.

Hal itulah yang membuat konten menarik menjadi sangat penting untuk dipikirkan. Selain menarik, pastikan konten yang Anda unggah juga memiliki ciri khas khusus dibandingkan dengan konten dari kompetitor lainnya. Konten yang unik dan berbeda akan membuat akan membuat para konsumen lebih mudah mengenali merk Anda. Untuk itu, pikirkan sedari awal, konten unik seperti apa yang paling cocok dan sesuai dengan konsumen Anda.

Buat Konten yang Konsisten

Selain memikirkan sisi menarik dan unik dari konten yang diunggah, hal lain yang tidak kalah penting yakni perihal konsistensi. Anda perlu secara konsisten dalam mengunggah konten pada platform yang telah dipilih. Konsistensi ini juga akan menjadi penentu tinggi rendahnya brand awareness dari sebuah produk. Untuk membuat Anda senantiasa konsisten dalam mengunggah konten, buatlah sebuah timeline konten setiap bulannya. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi kebingungan memikirkan apa yang harus diunggah hari ini.

Selain perihal waktu, konsistensi ini juga penting diterapkan pada isi dari konten yang Anda unggah. Gunakan gaya penulisan sehingga desain yang serupa untuk membuat merk Anda bisa lebih dikenali dengan mudah. Hindari juga melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang memang tidak relevan terhadap produk yang Anda promosikan. Tetap konsisten menggunakan influencer yang memang sesuai dengan visi misi produk. Sekalipun Anda ingin menghadirkan gebrakan baru, bukan tidak mungkin jika hal itu hanya akan jadi angin lalu bagi konsumen Anda.

Manfaatkan Iklan Media Sosial

Merancang strategi digital marketing rasanya tidak akan lengkap jika Anda tak memanfaatkan iklan di media sosial. Pasalnya, melakukan promosi di media sosial ini menjadi salah satu cara untuk menjangkau konsumen dengan jumlah yang lebih banyak. Hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan memanfaatkan layanan iklan di media sosial yakni memiliki mana media sosial yang paling tepat.

Sesuaikan pemilihan jenis media sosial tersebut dengan karakteristik konsumen Anda. Pilih media sosial yang memang paling banyak digunakan oleh target mereka Anda. Jika sudah, kini saatnya Anda mulai menyiapkan pemasangan iklan. Selain memikirkan konten, jangan lupa untuk juga mengatur target iklan yang paling sesuai dengan target market Anda. Dengan begitu, iklan yang sudah Anda buat tentu hanya akan muncul pada mereka-mereka saja yang memang berpotensi untuk tertarik dengan produk Anda. Penentuan target iklan yang spesifik akan semakin membuat pemasangan iklan lebih maksimal.

Iklan Display di Website

Selain memasang iklan di sosial media, tidak ada salahnya jika Anda juga memanfaatkan iklan display pada sebuah website. Namun, pastikan situs website yang Anda pilih masih relevan dengan target market Anda. Sehingga nantinya pemasangan iklan akan jadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Agar iklan display di website jadi lebih menarik perhatian, tawarkan hal baru yang disukai oleh calon konsumen. Sebagai contoh, Anda bisa menampilkan sebuah poster yang berisi informasi mengenai promo atau diskon. Jangan lupa untuk juga menyematkan gambar pada iklan display tersebut. Mengingat iklan gambar jauh lebih efektif dalam menarik perhatian calon konsumen.

Itu tadi empat strategi digital marketing yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan brand awareness. Perlu diingat, bahwa hasil dari branding seringkali tidak akan terasa secara langsung. Namun, branding akan menjadi aset pemasaran yang sangat berharga untuk perkembangan bisnis Anda ke depannya.

Baca Juga: 9 Daftar lengkap toko online yang menyediakan fasilitas afiliasi untuk kamu coba

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023