ACCESSTRADE Indonesia

Strategi Digital Marketing Terbaik untuk Bersaing di Tengah Pandemi

Admin
others Sep 23, 2020

Baca Juga: 10 Contoh Bisnis Afiliasi Paling Mudah Dengan Komisi Terbaik

Serangan pandemi COVID-19 hingga saat ini masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Tentunya hal tersebut berisiko mengakibatkan aktivitas ekonomi menjadi kian lesu. Sebagai pemilik usaha, Anda jadi harus memutar otak agar dapat tetap bertahan di masa sulit seperti ini. Namun, di tengah kesulitan tentunya ada kemudahan. Walaupun sistem marketing door to door atau sales menjadi kurang efektif, Anda masih bisa memanfaatkan strategi digital marketing. 

Strategi pemasaran secara digital ini sangatlah tepat digunakan selama masa pandemi saat ini. Apalagi, dengan semakin meningkatnya tingkat engagement masyarakat dengan dunia internet. Namun, Anda perlu memastikan agar strategi yang Anda gunakan tepat. Berikut adalah strategi digital marketing yang dapat membantu agar Anda dapat memenangkan persaingan.

Daftar Isi

Jangan Hanya Mengejar Keuntungan

Tujuan dasar dari strategi digital marketing adalah untuk mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, melakukan pemasaran dengan terus-terusan mengejar profit adalah pendekatan yang salah. Terlebih di masa pandemi yang sulit seperti ini, terlalu gigih dalam memasarkan produk untuk mendapatkan pembeli justru akan terkesan sangat mengganggu. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai memikirkan hal apa yang bisa dilakukan agar bisnis yang dijalankan mampu menyokong hidup para pejuang nafkah yang terimbas pandemi Corona. 

Misalnya, Anda memiliki usaha sebagai perusahaan startup kuliner. Melakukan perekrutan pegawai yang terkena PHK akibat pandemi Corona bisa menjadi salah satu jalan. Anda bisa menempatkan mereka di bagian kurir delivery yang bertugas untuk mengantarkan pesanan makanan pada pelanggan. Penggalangan dana dengan menjual produk-produk Anda untuk mereka yang membutuhkan juga bisa jadi salah satu cara pemasaran terbaik.

Manfaatkan Kata Kunci dan Topik untuk Memperoleh Target yang Tepat

Bagi Anda yang bekerja di bidang industri digital, strategi digital marketing bisa dilakukan lewat postingan blog. Yang Anda perlukan hanyalah penguasaan terhadap kata kunci serta topik yang paling banyak dicari. Misalnya, saat ini semakin banyak orang yang mencari informasi mengenai COVID-19. Mereka tentunya juga mencari tahu tentang produk-produk apa saja yang dibutuhkan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. 

Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan berinvestasi alat SEO yang tepat. Dengan menggunakan alat tersebut, Anda jadi mengetahui konten-konten apa saja yang paling banyak dibaca oleh orang. Gunakan informasi yang diperoleh tersebut untuk membuat berbagai macam konten sesuai dengan yang dicari oleh para warga net. Jangan lupa untuk mengaitkan manfaat membeli produk Anda di setiap artikel.

Tingkatkan Fitur dan Konten Aplikasi Anda

Bagi Anda yang bekerja di bidang industri digital, selalu pertimbangkan untuk membuat aplikasi untuk usaha yang sedang dijalani. Pastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki berbagai macam fitur yang mudah dinavigasikan dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat selama masa pandemi. Misalnya, Anda sedang menjalankan bisnis yang berhubungan dengan bidang kesehatan. 

Pertimbangkan aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mencari berbagai macam informasi seputar virus COVID-19. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan fitur pelaporan kilat untuk yang memiliki gejala COVID-19. Konten lainnya seperti olahraga dan makanan yang sebaiknya dikonsumsi selama masa pandemi juga bisa menjadi pilihan yang bagus.

Selalu Perhatikan Citra Produk yang Dijual

Katakanlah strategi digital marketing Anda berhasil. Anda pun mendapatkan banyak konsumen baru. Namun, jangan sampai terlena! Karena strategi pemasaran juga tetap berlaku di sini. Pastikan bahwa semua barang yang Anda kemas memiliki kualitas produk dan cara pengemasan yang baik. Jangan sampai melakukan kesalahan, seperti memilihkan produk yang cacat atau lalai dalam mengemas barang. Sehingga, mengakibatkan produk yang sampai pada konsumen tidak dalam kondisi yang bagus. 

Apabila produk yang diminta tidak ada, sebaiknya Anda berkomunikasi dengan pihak konsumen. Untuk meminimalisir resiko hilangnya kepercayaan, Anda dapat menggunakan sistem garansi. Tentunya, pastikan bahwa aturan untuk mengklaim garansi jelas dan mudah dipahami. Di masa pandemi, ada baiknya menambahkan prosedur ekstra untuk menjamin kenyamanan konsumen saat menerima produk pesanan.

Jalin Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Salah satu kunci dari kesuksesan strategi digital marketing adalah cara berkomunikasi yang baik. Tidak hanya saat pelanggan akan membeli produk Anda, komunikasi yang baik juga harus dilakukan ketika Anda mendapati masalah. Misalnya, jumlah stok yang terbatas, atau keterlambatan logistik. Masalah-masalah lainnya yang berhubungan dengan penyediaan dan pengiriman barang juga harus dikomunikasikan dengan pelanggan. 

Ada baiknya Anda juga menyediakan lebih dari 1 sarana komunikasi untuk para pelanggan. Aplikasi chatting seperti Whatsapp dan Telegram tergolong paling efektif. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan alamat email maupun platform media sosial. 

Anda juga dapat mengembangkan sebuah aplikasi mobile yang memudahkan pelanggan untuk memanfaatkan layanan jasa yang disediakan dimanapun dan kapanpun mereka berada.

 

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Affiliasi, Ini Dia Tips, Pengertian serta Perbedaan Dengan Bisnis Online Pada Umumnya

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023