Strategi Diskon Terbaik untuk Tingkatkan Penjualan Online Shop


Baca Juga: Bisnis Online Affiliate, Pengertian Lengkap serta Tips Jitu Sampai Cuan
Promo menjadi hal yang perlu dipertimbangkan oleh para pemilik bisnis, baik itu pemilik usaha offline maupun online sekalipun. Bahkan, memberikan penawaran promo secara rutin bisa berdampak bagus pada omzet bulanan Anda, lho. Diantara banyaknya jenis promo yang bisa Anda pilih, diskon menjadi salah satu strategi promo yang terbilang sangat efektif dan populer. Banyak pemilik bisnis lebih memilih untuk menerapkan strategi promo yang satu ini. Dengan menerapkan strategi diskon, bisa dipastikan banyak konsumen yang akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda. Strategi berbasis promo ini juga bisa jadi salah satu cara untuk tetap menjaga tingkat penjualan produk Anda setiap bulannya.
Tahukah Anda bahwa strategi diskon yang bisa diterapkan oleh online shop tidak hanya berbicara mengenai potongan harga saja. Pasalnya, strategi diskon jenisnya cukup beragam. Sebelum Anda memutuskan strategi diskon mana yang akan dipilih nantinya, simak dulu jenis-jenis strategi diskon berikut ini. Dengan mengetahui karakteristik dari masing-masing strategi diskon, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan mana strategi yang paling pas untuk meningkatkan penjualan online shop Anda.
Daftar IsiLakukan Psikologi Harga
Setiap kali belanja, pernahkah Anda melihat label harga dengan nominal yang nanggung, seperti Rp 19.990? Jawabannya tentu pernah. Penetapan harga ini erat kaitannya dengan psikologi. Di mana konsumen akan lebih tertarik membeli produk dengan harga Rp 19.990 dibandingkan dengan Rp 20.000. Sekalipun selisih harganya sangat sedikit, namun setiap konsumen percaya bahwa Rp 19.990 lebih murah dibandingkan dengan Rp 20.000. Dengan memanfaatkan efek psikologis terhadap keputusan konsumen ini, bisa dipastikan penjualan dan keuntungan Anda akan kian meningkat. Coba terapkan psikologi harga ini pada online shop Anda dan buktikan sendiri perbedaannya.
Tawarkan Persentase Diskon
Strategi diskon ini menjadi yang paling populer dibandingkan dengan strategi diskon lainnya. Sekalipun Anda hanya menawarkan diskon 5% saja, hal ini sudah bisa membuat para konsumen melirik produk yang Anda jual. Semakin besar persentase yang ditawarkan tentu ketertarikan konsumen juga akan semakin tinggi. Di mana mereka nantinya tidak lagi merasa ragu saat akan membeli produk Anda. Strategi ini sangat ampuh untuk menarik minat konsumen untuk mencoba produk baru yang Anda kenakan.
Untuk produk-produk yang cukup lama memenuhi stok persediaan barang, Anda bisa menawarkan persentase diskon yang lebih besar untuk produk-produk tersebut. Selain Anda bisa tetap mendapat keuntungan, hal ini juga sangat efektif untuk menghabiskan persediaan produk lama Anda. Anda pun bisa kembali menambah stok persediaan barang baru tanpa perlu bingung harus menyimpannya di mana.
Buat Momen Berbasis Diskon
Perayaan tahunan atau momen spesial juga bisa Anda jadikan ajang untuk menawarkan promo berbasis diskon kepada konsumen. Selain menunjukkan keikutsertaan online shop Anda dalam sebuah perayaan, hal ini juga akan lebih menarik perhatian para konsumen. Salah satu momen yang bisa Anda barengi dengan penawaran promo yakni Hari Raya Idul Fitri. Ajak mereka untuk berbelanja produk impiannya sembari merayakan perayaan Idul Fitri. Untuk lebih menarik perhatian para konsumen, atur periode momen berbasis diskon ini hanya pada beberapa hari saja. Hal ini membuat konsumen tidak lagi memiliki banyak waktu untuk ragu saat akan belanja.
Tawarkan Gratis Ongkir
Belanja online tentu identik dengan proses pengiriman barang. Tambahan biaya ini seringkali menjadi pertimbangan utama bagi para konsumen saat akan belanja. Terlebih jika konsumen tersebut membeli produk dengan bobot yang cukup berat. Alih-alih melakukan pembayaran, produk yang ingin dibeli seringkali hanya berdiam diri di dalam keranjang belanjaan. Keraguan yang dialami konsumen ini bisa Anda atasi dengan memberikan penawaran gratis ongkir. Semakin sering penawaran gratis ongkir yang Anda tawarkan, konsumen akan semakin loyal untuk belanja di online shop Anda.
Diskon Member
Untuk mendekatkan hubungan Anda dengan konsumen, Anda bisa menawarkan sebuah promo diskon member. Di mana promo satu ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memang telah mendaftarkan diri sebagai member. Promo diskon member ini tentu tidak hanya bisa memberikan keuntungan bagi para konsumen saja. Anda selaku pemilik online shop bisa mendapatkan keuntungan karena memiliki informasi lebih detail dari konsumen. Baik itu nomor telepon hingga alamat email mereka. Setiap kali ada penawaran promo atau produk baru, Anda bisa langsung menginformasikannya kepada para member tersebut.
Diantara kelima strategi diskon yang telah disebutkan di atas, mana yang pernah diterapkan oleh online shop Anda? Jika sebelumnya Anda baru menerapkan satu strategi diskon saja, kini saatnya Anda mulai menawarkan strategi diskon yang lebih banyak dan beragam. Jangan lupa untuk tetap menyesuaikan pemilihan strategi diskon dengan karakteristik dari konsumen Anda, ya.
Baca Juga: 43 Cara Paling Ampuh Mendapatkan Uang dari Internet Minimal 100rb

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca
Subscribe to our newsletter to stay informed about latest updates
* Yes, I agree to the terms and privacy policy.