ACCESSTRADE Indonesia

Strategi Diskon Terbaik untuk Tingkatkan Penjualan Online Shop

Admin
others Sep 18, 2020

Baca Juga: Bisnis Online Affiliate, Pengertian Lengkap serta Tips Jitu Sampai Cuan

Promo menjadi hal yang perlu dipertimbangkan oleh para pemilik bisnis, baik itu pemilik usaha offline maupun online sekalipun. Bahkan, memberikan penawaran promo secara rutin bisa berdampak bagus pada omzet bulanan Anda, lho. Diantara banyaknya jenis promo yang bisa Anda pilih, diskon menjadi salah satu strategi promo yang terbilang sangat efektif dan populer. Banyak pemilik bisnis lebih memilih untuk menerapkan strategi promo yang satu ini. Dengan menerapkan strategi diskon, bisa dipastikan banyak konsumen yang akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda. Strategi berbasis promo ini juga bisa jadi salah satu cara untuk tetap menjaga tingkat penjualan produk Anda setiap bulannya.

Tahukah Anda bahwa strategi diskon yang bisa diterapkan oleh online shop tidak hanya berbicara mengenai potongan harga saja. Pasalnya, strategi diskon jenisnya cukup beragam. Sebelum Anda memutuskan strategi diskon mana yang akan dipilih nantinya, simak dulu jenis-jenis strategi diskon berikut ini. Dengan mengetahui karakteristik dari masing-masing strategi diskon, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan mana strategi yang paling pas untuk meningkatkan penjualan online shop Anda.

Daftar Isi

Lakukan Psikologi Harga

Setiap kali belanja, pernahkah Anda melihat label harga dengan nominal yang nanggung, seperti Rp 19.990? Jawabannya tentu pernah. Penetapan harga ini erat kaitannya dengan psikologi. Di mana konsumen akan lebih tertarik membeli produk dengan harga Rp 19.990 dibandingkan dengan Rp 20.000. Sekalipun selisih harganya sangat sedikit, namun setiap konsumen percaya bahwa Rp 19.990 lebih murah dibandingkan dengan Rp 20.000. Dengan memanfaatkan efek psikologis terhadap keputusan konsumen ini, bisa dipastikan penjualan dan keuntungan Anda akan kian meningkat. Coba terapkan psikologi harga ini pada online shop Anda dan buktikan sendiri perbedaannya.

Tawarkan Persentase Diskon

Strategi diskon ini menjadi yang paling populer dibandingkan dengan strategi diskon lainnya. Sekalipun Anda hanya menawarkan diskon 5% saja, hal ini sudah bisa membuat para konsumen melirik produk yang Anda jual. Semakin besar persentase yang ditawarkan tentu ketertarikan konsumen juga akan semakin tinggi. Di mana mereka nantinya tidak lagi merasa ragu saat akan membeli produk Anda. Strategi ini sangat ampuh untuk menarik minat konsumen untuk mencoba produk baru yang Anda kenakan.

Untuk produk-produk yang cukup lama memenuhi stok persediaan barang, Anda bisa menawarkan persentase diskon yang lebih besar untuk produk-produk tersebut. Selain Anda bisa tetap mendapat keuntungan, hal ini juga sangat efektif untuk menghabiskan persediaan produk lama Anda. Anda pun bisa kembali menambah stok persediaan barang baru tanpa perlu bingung harus menyimpannya di mana.

Buat Momen Berbasis Diskon

Perayaan tahunan atau momen spesial juga bisa Anda jadikan ajang untuk menawarkan promo berbasis diskon kepada konsumen. Selain menunjukkan keikutsertaan online shop Anda dalam sebuah perayaan, hal ini juga akan lebih menarik perhatian para konsumen. Salah satu momen yang bisa Anda barengi dengan penawaran promo yakni Hari Raya Idul Fitri. Ajak mereka untuk berbelanja produk impiannya sembari merayakan perayaan Idul Fitri. Untuk lebih menarik perhatian para konsumen, atur periode momen berbasis diskon ini hanya pada beberapa hari saja. Hal ini membuat konsumen tidak lagi memiliki banyak waktu untuk ragu saat akan belanja.

Tawarkan Gratis Ongkir

Belanja online tentu identik dengan proses pengiriman barang. Tambahan biaya ini seringkali menjadi pertimbangan utama bagi para konsumen saat akan belanja. Terlebih jika konsumen tersebut membeli produk dengan bobot yang cukup berat. Alih-alih melakukan pembayaran, produk yang ingin dibeli seringkali hanya berdiam diri di dalam keranjang belanjaan. Keraguan yang dialami konsumen ini bisa Anda atasi dengan memberikan penawaran gratis ongkir. Semakin sering penawaran gratis ongkir yang Anda tawarkan, konsumen akan semakin loyal untuk belanja di online shop Anda.

Diskon Member

Untuk mendekatkan hubungan Anda dengan konsumen, Anda bisa menawarkan sebuah promo diskon member. Di mana promo satu ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memang telah mendaftarkan diri sebagai member. Promo diskon member ini tentu tidak hanya bisa memberikan keuntungan bagi para konsumen saja. Anda selaku pemilik online shop bisa mendapatkan keuntungan karena memiliki informasi lebih detail dari konsumen. Baik itu nomor telepon hingga alamat email mereka. Setiap kali ada penawaran promo atau produk baru, Anda bisa langsung menginformasikannya kepada para member tersebut.

Diantara kelima strategi diskon yang telah disebutkan di atas, mana yang pernah diterapkan oleh online shop Anda? Jika sebelumnya Anda baru menerapkan satu strategi diskon saja, kini saatnya Anda mulai menawarkan strategi diskon yang lebih banyak dan beragam. Jangan lupa untuk tetap menyesuaikan pemilihan strategi diskon dengan karakteristik dari konsumen Anda, ya.

Baca Juga: 43 Cara Paling Ampuh Mendapatkan Uang dari Internet Minimal 100rb

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023