ACCESSTRADE Indonesia

Susah Kenalkan Produk UMKM? Saatnya Beralih ke Online Marketing

Admin
others Sep 07, 2020

Baca Juga: Terlengkap, Berikut Adalah Deretan Program Affiliate Marketing Dengan Komisi Terbesar

Setengah tahun 2020 sudah berlalu, dan hingga saat ini pandemi COVID-19 pun masih belum berlalu. Pandemi ini mengakibatkan pukulan telak di bagian sektor, termasuk di dalamnya adalah sektor UMKM. Pelaku usaha mikro memang menunjukkan penurunan tingkat produktivitas, sehingga mengakibatkan industri ini menjadi lesu. Kebanyakan pelaku usaha mengeluh hasil pendapatan mereka mengalami penurunan semenjak COVID-19 melanda. 

Bahkan aktivitas pemasaran pun jadi terhambat sebagai efek samping dari kebijakan social-distancing yang diberlakukan pemerintah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah pun menghimbau para pelaku usaha untuk mengalihkan metode pemasaran ke online marketing. Sarana online marketplace juga direkomendasikan untuk para pengusaha UMKM tersebut.

Hal ini juga direkomendasikan oleh Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, yaitu Priyo Suyono. Priyo mengemukakan bahwa tingkat aktivitas jual-beli online mengalami lonjakan peningkatan hingga mencapai 30 persen selama masa pandemi. Tak hanya itu, kegiatan berbasis daring seperti kursus dan training online pun mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal tersebutlah yang mendasari ajakan pemerintah untuk beralih ke sistem online marketing. 

Priyo menegaskan bahwa langkah online marketing ini sangatlah dibutuhkan. Apalagi, jika Anda ingin usaha UMKM yang didirikan mampu bertahan di tengah pandemi. Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Hasil penjualan pun tentunya akan semakin meningkat. Memanfaatkan online marketing juga dapat membantu Anda menghemat pengeluaran sebesar 11-12 %. Dengan pemasaran online, Anda tidak perlu membayar biaya pencetakan selebaran untuk mempromosikan usaha UMKM. Anda dapat mendesain sendiri pamflet digital untuk kemudian diunggah ke platform media sosial yang dimiliki. Selain itu, kegiatan promosi juga bisa Anda lakukan lewat email atau SMS. Anda juga bisa mengeluarkan sedikit biaya untuk iklan video, mobile ads, maupun membayar jasa influencer. 

Teten Masduki yang menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM pun menyatakan pendapat yang senada. Beliau menyatakan bahwa pelaku UMKM yang bersedia untuk melakukan adaptasi dengan mempraktekkan online marketing memperoleh peningkatan penghasilan selama pandemi berlangsung. Peningkatan tersebut terutama terjadi di sektor makanan dan minuman. 

Masuk akal, dengan berlangsungnya masa WFH yang sangat lama ini, masyarakat pun nampaknya beralih ke transaksi online dan food delivery untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Pemilik UMKM juga diharapkan melakukan pelatihan online untuk para pegawainya. Evaluasi juga tetap harus dilakukan. Dengan demikian, Anda pun dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang untuk menghadapi persaingan yang ketat pasca pandemi COVID-19 berakhir.  

Baca Juga: 9 Daftar Toko Online yang Menyediakan Afiliasi dengan Skema Menarik

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023