ACCESSTRADE Indonesia

Masa Pandemi Lebih Sering Online, Ini Tips Menghindari Hacking

Admin
others Sep 21, 2020

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Jenis Bisnis Online Untuk Pemula Terlengkap, Affiliate marketing paling diminati

Seperti yang Anda ketahui, masa pandemi ini membuat banyak orang melakukan berbagai macam kegiatan secara online. Smartphone bahkan menjadi gadget yang hampir tidak terlepas dari genggaman Anda. Belajar, bekerja, berbelanja, hingga mengakses konten hiburan, segalanya kini dilakukan secara online. Apabila Anda juga termasuk orang-orang yang mengakses smartphone sepanjang hari, kesadaran terhadap privasi dan keamanan akun menjadi hal yang patut dijaga dengan baik. Jika tidak, bersiaplah untuk menjadi sasaran empuk dari para hacker yang kerap melakukan hacking. Menjadi korban dari hacking tentu akan sangat membahayakan. Terlebih jika ora hacker tersebut mampu melacak dan mendapatkan informasi Anda secara mendetail. Sembari meningkatkan rasa was-was Anda, simak tips menghindari hacking berikut.

Daftar Isi

Pastikan Anda Mengunjungi Website yang Aman

Setiap kali berselancar di dunia maya, Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukan registrasi atau mencantumkan data pribadi lainnya. Sebelum mengakses konten pada website tersebut, pastikan dulu bahwa website yang Anda kunjungi merupakan website yang aman. Tetap melakukan registrasi pada website yang tidak aman hanya akan memudahkan para hacker mendapatkan data pribadi Anda.

Lantas, bagaimana cara mengetahui aman tidaknya sebuah website? Anda bisa memperhatikan bagian URL dari website yang dikunjungi. Jika URL tersebut bertuliskan https:// bisa dipastikan bahwa website yang Anda kunjungi terbukti aman. Sebaliknya, jika URL awal website hanya bertuliskan http:// saja, bisa dipastikan website itu tidak aman dan hindari memasukkan data pribadi Anda pada website tersebut.

Jangan Sembarangan Menggunakan WiFi Publik

Tahukah Anda bahwa serangan hacker juga bisa dilakukan melalui jaringan WiFi. Hal ini kerap terjadi jika Anda seringkali sembarangan dalam mengakses WiFi publik. Sebelum menggunakan WiFi yang bersifat umum, pastikan dulu bahwa jaringan WiFi tersebut aman. Jika Anda merasa ragu, mengakses internet menggunakan data seluler tentu akan lebih dianjurkan. Namun, hal ini tidak perlu Anda takutkan jika mengakses WiFi pribadi yang terbukti aman.

Selain melalui jaringan WiFi, hacker juga bisa melakukan proses hacking melalui jaringan bluetooth yang sedang aktif, lho. Untuk menghindari aktivitas hacking tersebut, jangan pernah mengaktifkan WiFi dan bluetooth jika memang sedang tidak digunakan. Selain lebih aman, menonaktifkan kedua fitur tersebut juga bisa membuat baterai smartphone Anda lebih awet dan tahan lama.

Aktifkan Enkripsi Disk Penuh pada PC

Hilangnya komputer atau laptop pribadi tentu menjadi hal yang ditakutkan oleh semua orang. Terlebih jika di dalam PC Anda terdapat berbagai macam data pribadi maupun data perusahaan yang sangat penting. Bukan tidak mungkin, data penting tersebut akan diakses oleh hacker jika mereka menemukan PC Anda yang hilang.

Untuk mengantisipasi hal ini, Anda perlu melakukan metode FDE (Full Disk Encryption). Metode ini akan melakukan proses enkripsi pada seluruh hard drive yang Anda miliki. Dengan begitu, seluruh data dan informasi pribadi yang ada di PC akan tetap aman sekalipun PC kamu hilang dan ditemukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Hindari Menggunakan Password yang Sama

Beberapa dari Anda tentu lebih memilih menggunakan password yang sama untuk semua akun media sosial. Pasalnya, menggunakan password yang berbeda-beda hanya akan membuat proses login sedikit lebih lama karena Anda harus mengingat setiap password. Meski sedikit merepotkan, namun menggunakan password yang berbeda pada setiap akun menjadi hal yang patut Anda pertimbangkan.

Bayangkan apa jadinya jika para hacker mengetahui password dari salah satu media sosial Anda. Jika Anda menggunakan password yang sama, bukan tidak mungkin seluruh akun media sosial Anda juga akan mengalami peretasan. Akan sangat merepotkan jika hal ini benar-benar Anda alami. Untuk itu, segera ganti seluruh password akun Anda dan gunakan password yang berbeda-beda.

Cek Permissions Aplikasi Sebelum Instal di Ponsel

Setiap kali selesai mengunduh aplikasi baru, Anda tentu harus melakukan proses instalasi sebelum menggunakan aplikasi tersebut. Perhatikan dengan seksama App Permissions yang muncul saat akan melakukan instal aplikasi. Pastikan bahwa seluruh perizinan akses yang diminta aplikasi terbilang wajar dan tidak menyerang data pribadi Anda. 

Secara umum, App Permissions hanya akan meminta akses pada camera, location, dan beberapa fitur umum lainnya. Jika aplikasi sampai meminta akses untuk daftar kontak di ponsel, bisa dipastikan bahwa aplikasi tersebut tidak aman dan berniat melakukan peretasan pada akun Anda. Untuk menghindarinya, lebih hati-hatilah setiap kali akan melakukan proses instal.

Itu tadi lima tips yang perlu Anda perhatikan dengan baik jika ingin menghindari hacking. Jika Anda mengabaikan salah satu tips saja, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi korban dari hacker. Jika itu terjadi, bisa jadi data pribadi milik Anda nantinya akan disalahgunakan untuk hal-hal yang hanya akan merugikan Anda nantinya. Sangat berbahaya, bukan?

Baca Juga: Bermodal Smartphone Anda Sudah Bisa Ikut Affiliate Marketing dan Meraup Keuntungan Besar

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023