ACCESSTRADE Indonesia

Wajib Coba Tips Promosi Bisnis Kuliner Online Biar Makin Laris

Admin
others Oct 19, 2020

Baca Juga: 9 Daftar Toko Online yang Menyediakan Afiliasi dengan Skema Menarik

Sampai kapanpun, bisnis kuliner menjadi salah satu cabang usaha yang paling diminati. Karena, makanan memang merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Sehingga, tak mengherankan jika sebagian besar masyarakat Indonesia memilih jalur kuliner untuk memulai bisnis. Terlebih, dengan semakin majunya teknologi online, usaha kuliner pun semakin berkembang dengan pesat. Bagi Anda yang ingin membuka usaha kuliner online, perlu diingat bahwa saingan pun tak terhitung banyaknya. Agar usaha Anda berhasil memenangkan pasar yang sengit, berikut adalah tips promosi bisnis kuliner online yang ampuh untuk dilakukan.

Daftar Isi

Promosikan Kuliner Anda Lewat Media Sosial

Salah satu tips promosi bisnis kuliner online terbaik adalah dengan mempromosikan usaha Anda lewat media sosial. Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan berbagai macam produk kuliner. Untuk membuat calon konsumen tertarik, unggah foto produk dengan penataan dan angle yang menarik. Dengan demikian, calon pembeli pun akan tertarik untuk mengunjungi toko online Anda. Anda juga dapat menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk-produk kuliner. Namun, pastikan Anda sudah mengetahui target konsumen sebelum membayar jasa influencer tersebut. 

Mempermudah Pemesanan Produk

Calon konsumen mungkin sudah merasa tertarik dan ingin membeli produk Anda. Namun, seringkali mereka menjadi urung karena pemesanan produk yang terbatas atau ribet. Nah, salah satu tips promosi bisnis kuliner online adalah bantu mempermudah pemesanan dari produk Anda. Misalnya, Anda bisa mendaftarkan usaha kuliner ke jasa ojek online. Dengan demikian, konsumen yang ingin memesan produk Anda tidak harus pergi ke luar rumah dan mendatangi tempat usaha. Anda juga bisa menggunakan jasa kurir pengiriman makanan yang lainnya. Dengan demikian, usaha Anda pun akan semakin dikenal.

Menawarkan Metode Pembayaran yang Beragam

Kemudahan tidak hanya dilakukan dalam hal pemesanan produk saja. Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai macam alternatif pembayaran. Tidak hanya secara tunai atau lewat transfer bank, Anda juga dapat membuka metode pembayaran dengan menggunakan OVO atau platform E-Money lainnya. Semakin banyak metode pembayaran yang tersedia, maka akan semakin mudah pula calon pembeli dalam membayar produk makanan yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk memastikan metode pembayaran tersebut aman. Sehingga, baik Anda maupun pembeli akan merasa sama-sama nyaman. 

Tawarkan Promo dan Diskon

Tips promosi bisnis kuliner online yang layak untuk dipertimbangkan adalah memberikan penawaran diskon dan promo. Anda bisa menawarkan promo diskon tersebut untuk beberapa produk makanan terbaru. Dengan demikian, Anda akan memiliki kesempatan untuk memperkenalkan berbagai produk kuliner teranyar kepada calon konsumen. Namun, pastikan bahwa diskon yang ditawarkan seimbang. Dalam arti, potongan harga tersebut tidak terlalu sedikit atau justru terlalu banyak yang mengakibatkan Anda justru jadi merugi.

Melakukan Inovasi

Di bidang bisnis apapun, berinovasi dapat membantu produk yang Anda hasilkan memiliki keunikan. Terlebih, jika Anda memutuskan untuk membuka bisnis kuliner hidangan-hidangan kekinian. Tanpa adanya inovasi, produk yang Anda buat pun hanya akan terlihat sama saja di mata konsumen. Inovasi yang dilakukan pun tidak harus terlalu muluk. Misalnya, Anda ingin membuka usaha kuliner untuk produk minuman coffee blend. Maka, Anda dapat menambahkan kreasi sederhana, seperti dari segi packaging yang ramah lingkungan. Anda juga bisa bereksperimen dengan mencampurkan kopi dengan jenis minuman lainnya untuk mendapatkan rasa baru dan unik.

Tawarkan Gratis Ongkos Kirim

Selain menawarkan promo produk, Anda juga bisa mempromosikan produk-produk kuliner yang dijual lewat promo free ongkir. Ongkir atau ongkos kirim sedikit banyak memang akan menambah biaya yang dikeluarkan oleh pembeli. Tak jarang, hal tersebut membuat pembeli menjadi urung untuk membeli produk yang ditawarkan. Namun, dengan penawaran free ongkir, Anda dapat menarik minat pembeli. Promo free ongkir tersebut bisa Anda lakukan dengan persyaratan tertentu. Misalnya, penawaran tersebut hanya berlaku untuk pembelian produk dengan kuantitas tertentu. Dengan demikian, pembeli pun akan lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan dalam jumlah yang banyak. Karena, mereka tidak perlu dipusingkan dengan ongkos kirim yang memberatkan.

Mengunggah Review atau Testimoni Positif

Tips jitu lainnya untuk mempromosikan usaha kuliner Anda adalah dengan mengunggah review positif yang diterima. Review positif tersebut bisa berupa tangkapan layar pada laman Whatsapp atau story Instagram. Semakin banyak review positif yang Anda dokumentasikan, calon pembeli akan semakin yakin dalam membeli dan mencoba produk yang ditawarkan. Jika Anda menggunakan Instagram sebagai platform berjualan, testimoni tersebut dapat Anda unggah di dalam featured stories. Sehingga mempermudah para pelanggan yang ingin membaca review yang sudah ada. 

Demikianlah beberapa tips promosi bisnis kuliner online. Dengan menjalankan tips di atas, dijamin produk kuliner Anda pun akan meraih banyak sekali pelanggan baru. Selamat mencoba.

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Jenis Bisnis Online Untuk Pemula Terlengkap, Affiliate marketing paling diminati

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023