ACCESSTRADE Indonesia

Serba-Serbi Youtube Marketing untuk Kembangkan Bisnis

Admin
others Oct 23, 2020

Baca Juga: Peluang Bisnis Afiliasi di Indonesia, Ikuti Langkah dan Strategi yang Terbukti Menghasilkan

Di era serba digital ini, memanfaatkan platform media sosial menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan penjualan. Selain dapat menjangkau konsumen dengan jumlah yang lebih banyak, biaya marketing juga bisa lebih diminimalisir. Youtube Marketing menjadi salah satu strategi yang bisa Anda pertimbangkan. Sesuai dengan namanya, strategi yang satu ini mengandalkan platform Youtube sebagai tempat untuk mengunggah konten.

Di sisi lain, Youtube menjadi salah satu platform yang kian populer, sehingga memanfaatkannya sebagai strategi marketing merupakan langkah yang sangat tepat. Tidak hanya sering diakses oleh anak-anak hingga remaja, orang dewasa pun sering mengakses media sosial yang satu ini. Selagi target market Anda merupakan orang yang mengakses internet, pastikan Anda tidak lupa untuk memanfaatkan strategi satu ini.

Jika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan Youtube Marketing, langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni membuat akun Youtube terlebih dahulu. Buat nama channel yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat. Hindari pemilihan nama yang sulit dan tidak familiar. Agar konten yang Anda buat bisa benar-benar meningkatkan penjualan, pastikan Anda tidak lupa untuk juga mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) pada video yang akan diunggah. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut!

Daftar Isi

Jangan Asal Buat Judul

Judul menjadi hal yang sangat penting untuk Anda pikirkan. Pasalnya, judul menjadi hal pertama yang akan diperhatikan oleh pengguna Youtube. Asal-asalan menentukan judul hanya akan membuat konten video Anda dianggap angin lalu. Sebaliknya, semakin menarik judul yang dituliskan, akan semakin banyak orang yang ingin melakukan klik pada video Anda. Untuk membuat pencantuman judul ini semakin efektif saja, tidak ada salahnya jika Anda melakukan keyword research terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mencari tahu keyword apa yang paling sering digunakan pengguna Youtube. Ingat, jangan cantumkan judul yang bersifat clickbait berlebihan, ya!

Jangan Lupa Tulis Deskripsi

Jika sudah mencantumkan judul yang menarik, kini saatnya Anda mulai menulis di kolom deskripsi. Meski seringkali disepelekan, mengoptimalkan kolom deskripsi menjadi hal yang sangat penting. Anda bisa memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencantumkan call to action di kolom deskripsi ini. Anda bisa mencantumkan situs website, laman media sosial, atau bahkan email. Semakin lengkap link yang tercantum, akan memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian atau sekedar mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai bisnis Anda.

Namun, pastikan 100 karakter pertama dalam deskripsi Anda menarik untuk dibaca. Sepanjang apapun deskripsi yang Anda tulis, pengguna Youtube pertama kali akan membaca 100 karakter pertama saja. Barulah mereka bisa membaca deskripsi secara keseluruhan jika sudah mengklik “show more” atau “tampilkan lebih banyak”.

Maksimalkan Tag

Sama halnya dengan media sosial yang lain seperti Instagram, Youtube juga dilengkapi dengan tag di dalamnya. Tagar atau tag ini akan membuat konten video yang Anda unggah bisa dilihat oleh lebih banyak pengguna. Sekalipun mereka bukanlah subscriber Anda, penggunaan tag yang sama akan membuat video Anda terhubung dengan video lainnya yang serupa. Meski sangat penting, pastikan Anda tetap mencantumkan tag yang masih relevan dengan judul dan isi konten Anda, ya. Tag yang tidak relevan hanya membuat video Anda terkesan spam.

Pasang Thumbnail Terbaik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, judul menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh pengguna Youtube. Sebelum akhirnya benar-benar mengklik video, tidak jarang pengguna Youtube juga menaruh perhatian pada thumbnail. Thumbnail adalah gambar utama yang muncul di awal konen Youtube sebelum Anda klik. Semakin menarik dan membuat penasaran thumbnail yang Anda unggah, akan semakin meningkatkan ketertarikan dari para pengguna Youtube.

Thumbnail disini sifatnya terbilang bebas, Anda bisa mengambil salah satu cuplikan di dalam Youtube atau membuat desain khusus. Apapun pilihan Anda, pastikan Anda mengunggah thumbnail yang memang benar-benar menarik, ya.

Itu tadi keempat cara yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan SEO pada video yang akan Anda unggah. Setelah memastikan keempatnya Anda perhatikan dengan baik, kini saatnya untuk mengunggah video dan jangan lupa share atau promosikan video Anda.

Promosikan Video Anda

Akan percuma jika video keren yang Anda unggah tidak berujung dishare pada platform media lainnya. Terlebih bagi Anda masih baru membuat channel dan belum memiliki jumlah subscriber yang banyak. Dengan melakukan share pada platform yang lain, tentu akan semakin banyak orang yang melihat konten video Anda di Youtube. Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial yang dimiliki perusahaan, untuk membuatnya semakin menarik perhatian, tak ada salahnya jika Anda juga mengunggah sebuah teaser. Selain memanfaatkan media sosial, Anda juga bisa melakukan promosi pada konten video melalui website atau bahkan email.

Baca Juga: Cari Income Tambahan? Ini Daftar Affiliate Program Yang Bisa Kamu Coba!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023