Serba-Serbi Youtube Marketing untuk Kembangkan Bisnis


Baca Juga: Peluang Bisnis Afiliasi di Indonesia, Ikuti Langkah dan Strategi yang Terbukti Menghasilkan
Di era serba digital ini, memanfaatkan platform media sosial menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan penjualan. Selain dapat menjangkau konsumen dengan jumlah yang lebih banyak, biaya marketing juga bisa lebih diminimalisir. Youtube Marketing menjadi salah satu strategi yang bisa Anda pertimbangkan. Sesuai dengan namanya, strategi yang satu ini mengandalkan platform Youtube sebagai tempat untuk mengunggah konten.
Di sisi lain, Youtube menjadi salah satu platform yang kian populer, sehingga memanfaatkannya sebagai strategi marketing merupakan langkah yang sangat tepat. Tidak hanya sering diakses oleh anak-anak hingga remaja, orang dewasa pun sering mengakses media sosial yang satu ini. Selagi target market Anda merupakan orang yang mengakses internet, pastikan Anda tidak lupa untuk memanfaatkan strategi satu ini.
Jika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan Youtube Marketing, langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni membuat akun Youtube terlebih dahulu. Buat nama channel yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat. Hindari pemilihan nama yang sulit dan tidak familiar. Agar konten yang Anda buat bisa benar-benar meningkatkan penjualan, pastikan Anda tidak lupa untuk juga mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) pada video yang akan diunggah. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut!
Daftar IsiJangan Asal Buat Judul
Judul menjadi hal yang sangat penting untuk Anda pikirkan. Pasalnya, judul menjadi hal pertama yang akan diperhatikan oleh pengguna Youtube. Asal-asalan menentukan judul hanya akan membuat konten video Anda dianggap angin lalu. Sebaliknya, semakin menarik judul yang dituliskan, akan semakin banyak orang yang ingin melakukan klik pada video Anda. Untuk membuat pencantuman judul ini semakin efektif saja, tidak ada salahnya jika Anda melakukan keyword research terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mencari tahu keyword apa yang paling sering digunakan pengguna Youtube. Ingat, jangan cantumkan judul yang bersifat clickbait berlebihan, ya!
Jangan Lupa Tulis Deskripsi
Jika sudah mencantumkan judul yang menarik, kini saatnya Anda mulai menulis di kolom deskripsi. Meski seringkali disepelekan, mengoptimalkan kolom deskripsi menjadi hal yang sangat penting. Anda bisa memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencantumkan call to action di kolom deskripsi ini. Anda bisa mencantumkan situs website, laman media sosial, atau bahkan email. Semakin lengkap link yang tercantum, akan memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian atau sekedar mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai bisnis Anda.
Namun, pastikan 100 karakter pertama dalam deskripsi Anda menarik untuk dibaca. Sepanjang apapun deskripsi yang Anda tulis, pengguna Youtube pertama kali akan membaca 100 karakter pertama saja. Barulah mereka bisa membaca deskripsi secara keseluruhan jika sudah mengklik “show more” atau “tampilkan lebih banyak”.
Maksimalkan Tag
Sama halnya dengan media sosial yang lain seperti Instagram, Youtube juga dilengkapi dengan tag di dalamnya. Tagar atau tag ini akan membuat konten video yang Anda unggah bisa dilihat oleh lebih banyak pengguna. Sekalipun mereka bukanlah subscriber Anda, penggunaan tag yang sama akan membuat video Anda terhubung dengan video lainnya yang serupa. Meski sangat penting, pastikan Anda tetap mencantumkan tag yang masih relevan dengan judul dan isi konten Anda, ya. Tag yang tidak relevan hanya membuat video Anda terkesan spam.
Pasang Thumbnail Terbaik
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, judul menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh pengguna Youtube. Sebelum akhirnya benar-benar mengklik video, tidak jarang pengguna Youtube juga menaruh perhatian pada thumbnail. Thumbnail adalah gambar utama yang muncul di awal konen Youtube sebelum Anda klik. Semakin menarik dan membuat penasaran thumbnail yang Anda unggah, akan semakin meningkatkan ketertarikan dari para pengguna Youtube.
Thumbnail disini sifatnya terbilang bebas, Anda bisa mengambil salah satu cuplikan di dalam Youtube atau membuat desain khusus. Apapun pilihan Anda, pastikan Anda mengunggah thumbnail yang memang benar-benar menarik, ya.
Itu tadi keempat cara yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan SEO pada video yang akan Anda unggah. Setelah memastikan keempatnya Anda perhatikan dengan baik, kini saatnya untuk mengunggah video dan jangan lupa share atau promosikan video Anda.
Promosikan Video Anda
Akan percuma jika video keren yang Anda unggah tidak berujung dishare pada platform media lainnya. Terlebih bagi Anda masih baru membuat channel dan belum memiliki jumlah subscriber yang banyak. Dengan melakukan share pada platform yang lain, tentu akan semakin banyak orang yang melihat konten video Anda di Youtube. Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial yang dimiliki perusahaan, untuk membuatnya semakin menarik perhatian, tak ada salahnya jika Anda juga mengunggah sebuah teaser. Selain memanfaatkan media sosial, Anda juga bisa melakukan promosi pada konten video melalui website atau bahkan email.
Baca Juga: Cari Income Tambahan? Ini Daftar Affiliate Program Yang Bisa Kamu Coba!

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca
Subscribe to our newsletter to stay informed about latest updates
* Yes, I agree to the terms and privacy policy.