ACCESSTRADE Indonesia

Rekomendasi Website untuk Research Keyword bagi Pemula

Admin
others Sep 08, 2020

Baca Juga: Banyak Opsi, Ragam Contoh Bisnis Afiliasi Penghasil Pundi Rupiah

SEO adalah bagian yang tidak terlepaskan dari dunia digital marketing. Dunia pemasaran online memang sangatlah bergantung pada arus traffic yang masuk ke dalam website mereka. Mereka memerlukan keyword yang tepat sehingga website yang dikelola mendapatkan peringkat pertama di mesin pencarian Google. Bisa dibilang, kelihaian Anda dalam menggunakan keyword yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan website yang dikelola. Sekilas, SEO memang terlihat sangat mudah. Padahal menemukan keyword yang tepat membutuhkan riset dan analisis yang mendalam. Bagi Anda yang baru belajar SEO, website dan tools berikut ini dapat membantu dalam research keyword untuk meningkatkan traffic. 

Daftar Isi

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan website yang dikembangkan Google. Website ini sebenarnya bertujuan untuk membantu research keyword iklan. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan tool tersebut untuk riset SEO. Google Keyword Planner sangatlah banyak digunakan oleh para praktisi SEO, baik pemula hingga yang sudah profesional. Selain gratis, Anda juga akan mendapatkan akses data keyword yang sangat lengkap. Akurasi dari keyword yang ditampilkan pun tidak perlu Anda ragukan lagi. 

Selain itu, Google Keyword Planner ini juga dirancang untuk keperluan bisnis. Sehingga, Anda pun akan mendapatkan insight mengenai cara untuk meningkatkan conversion rate. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu Anda dalam menyusun dan menjalankan strategi digital marketing. 

Dengan memanfaatkan Google Keyword Planner, Anda bisa menemukan ide kata untuk kata kunci dengan menggabungkan kata, maupun dari website, kategori produk, hingga URL. Selain itu, Google Keyword Planner ini juga memungkinkan Anda untuk meriset tentang volume keyword, sekaligus mencari tahu tentang tren keyword di Google. Bahkan, Anda juga bisa menemukan prediksi performa dari kata kunci tersebut. Selain itu, Anda juga memperoleh akses terhadap jumlah klik serta biaya menggunakan aplikasi Google Ads. Alangkah baiknya untuk memadukan Google Keyword Planner ini dengan perangkat SEO lainnya.

Ubersuggest

Perangkat research keyword gratis lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah Ubersuggest. Website ini menawarkan berbagai macam fitur yang dapat membantu Anda dalam meriset kata kunci. Fitur-fitur yang dapat Anda gunakan meliputi rekomendasi kata kunci, data backlink, ide untuk konten website, tampilan overview dari performa domain, serta laporan efektivitas SEO di tiap halaman. Tak hanya itu, Ubersuggest juga menawarkan sistem antarmuka yang mudah dinavigasikan. Sehingga, tool satu ini memang sangat ramah untuk digunakan para pemula. 

Keywordtool.io

Salah satu aspek SEO yang tak kalah penting adalah long keyword. Keyword panjang memang dapat membantu Anda dalam meningkatkan peluang untuk memperoleh posisi pertama di mesin pencarian Google. Memanfaatkan long keyword juga lebih menguntungkan, terutama bagi para pemula. Pasalnya, tingkat persaingan keyword panjang juga lebih sedikit. 

Untuk menemukan kombinasi long keyword yang tepat, Anda bisa menggunakan Keywordtool.io. Website satu ini menawarkan kemudahan dalam research keyword pada berbagai macam platform. Tidak hanya Google saja, Anda juga bisa memanfaatkan tool ini untuk menemukan keyword di platform YouTube, Blogger, Amazon, Playstore, eBay, Twitter, hingga Instagram. Ini tentunya akan membantu memaksimalkan traffic ke website atau akun fanpage Anda. Selain itu, alat ini juga menyediakan rekomendasi longtail keyword hingga mencapai lebih dari 750 kata. Mengagumkan, bukan? Bagi Anda yang membutuhkan fitur-fitur yang lebih lengkap untuk optimasi maksimal dapat berlangganan Keyword Tool Pro. 

Wordtracker

Perangkat Wordtracker juga merupakan research keyword tool yang cukup populer. Pasalnya, Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk riset keyword. Wordtracker juga memiliki fungsi sebagai market research tool. Sehingga Anda dapat dengan mudah memperoleh keyword untuk SEO dan kata kunci untuk iklan yang berbasiskan pay per click. Fitur-fitur lainnya yang bisa Anda gunakan di dalam perangkat ini antara lain fitur SERP, yaitu alat untuk membandingkan hasil pencarian, metrik untuk kompetisi SEO, dan pencarian kata dengan konotasi negatif. Sehingga, Anda pun dapat menemukan kombinasi keyword yang diperlukan. 

Jika Anda menemukan kendala selama menggunakan tool ini, ada fitur live chat yang bisa digunakan untuk menghubungi Customer Service. Anda juga bisa mencari kombinasi related keywords atau kata kunci sekunder untuk semakin memaksimalkan hasil pencarian. Untuk setiap entry keyword yang dimasukkan, Anda dapat memperoleh hingga 10.000 kata kunci. 

Google

Jika Anda enggan untuk melakukan sign in untuk menggunakan jasa research keyword tool, gunakan saja Google. Mesin pencari ini dapat membantu Anda untuk menemukan long keyword yang tepat. Untuk mendapatkan kombinasi kata kunci yang akurat, Anda perlu mengaktifkan mode incognito. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan mode guest window. Setelah itu, ketikkan entry untuk menemukan rekomendasi long keyword yang dibutuhkan. Mengapa tidak di mode biasa? Di mode biasa, rekomendasi keyword akan dipengaruhi oleh riwayat pencarian. Sehingga, kata kunci yang muncul pun jadi kurang akurat.

Demikianlah beberapa research keyword tools dan website yang bisa Anda manfaatkan. Semoga ulasan tips di atas bermanfaat untuk Anda.

 

Baca Juga: Pemula Perlu Tahu, Ini Pengertian Afiliasi Marketing, Kelebihan dan Kekurangan!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023