ACCESSTRADE Indonesia

YouTube Music Semakin Mirip dengan Spotify

Admin
others Nov 12, 2020

Baca Juga: Mengenal lebih dalam Affiliate Marketing, Tips menjadi affiliate marketer yang sukses

Selain menjadi web video sharing dan streaming, YouTube juga memiliki kanal lain yang terpisah dari induknya, yaitu YouTube Music. Produk satu ini memberikan pengalaman berbeda kepada para penikmat musik agar dapat menikmati layanan streaming secara langsung melalui smartphone atau PC.

Pengguna dari layanan yang dirilis pada tanggal 12 November 2015 ini juga dapat mencari musik-musik yang diinginkan dan memasukkannya ke dalam daftar putar yang dapat diciptakan sendiri. Selain itu, terdapat juga beberapa rekomendasi yang dikelompokkan berdasarkan apa yang disukai atau sering diputar oleh penggunanya.

Dan baru-baru ini, YouTube merilis tambahan satu fitur baru untuk YouTube Music tersebut. Fitur yang dimaksud adalah rekomendasi berdasarkan suasana hati dari penggunanya pada saat itu. Contohnya saja, ketika sang pengguna sedang dalam suasana hati gundah gulana dan ingin mendengarkan lagu-lagu yang haru biru atau yang mendayu-dayu, maka ada pengelompokan lagu-lagu yang sesuai dengan suasana hati tersebut.

Fitur tersebut sekarang ini sudah dapat dicari dan digunakan secara langsung. Lokasinya ada di deret activity bar bagian atas. Terdapat beberapa pilihan pengelompokan lagu berdasarkan suasana hati yang dapat Anda nikmati, seperti Workout, Focus, Relax ataupun Commute. Apabila Anda tidak menyukai isi dari lagu yang sudah dikelompokkan berdasarkan suasana hati atau mood tersebut, maka Anda dapat menciptakannya sendiri.

Dengan tambahan fitur yang didasarkan dari mood pengguna ini, maka akan semakin memanjakan pengguna dalam menikmati setiap lagu yang disediakan, bukan? 

Akan tetapi apabila melihat dari ide pengelompokan lagu berdasarkan mood seperti ini, sekilas mirip dengan fitur yang sudah digunakan oleh Spotify dalam layanannya. Layanan pada Spotify tersebut juga merupakan rekomendasi playlist berdasarkan suasana hati yang telah dirilis sekitar tahun 2017 lalu. 

Rekomendasi playlist tersebut didasarkan pada jenis lagu apa yang sering diputar, grup band atau penyanyi mana yang diminati sampai dengan rekomendasi lagu-lagu yang memiliki tingkat kemiripan dengan lagu yang sering didengarkan itu. Kemudian, dari semua lagu-lagu yang terkumpul, maka Spotify akan mengelompokkan berdasarkan suasana hati atau aktivitas yang dilakukan.

Walaupun mirip, akan tetapi tentunya YouTube memiliki alasan tersendiri kenapa fitur barunya tersebut menyerupai fitur yang dipunyai Spotify.

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Memulai Bisnis Affiliate untuk Kaum Rebahan Terlengkap

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023