blogs - media sosial

Cara Agar Akun Instagram Sulit Dibobol Hacker

10 Dec 21, 2020
Cara Agar Akun Instagram Sulit Dibobol Hacker

Sistem keamanan data sekarang ini menjadi salah satu hal yang banyak dibicarakan oleh para pengamat teknologi dan internet. Banyak peretas yang berupaya untuk mendapatkan data-data pribadi orang lain sampai dengan mengakuisisi paksa akun-akun penting yang dimiliki, salah satunya adalah Instagram.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan ketika data sudah tercuri ataupun akun media sosial tertentu berhasil didapatkan. Data atau akun tersebut dapat disalahgunakan untuk tujuan jahat dan imbasnya adalah kepada pemilik aslinya. 

Khususnya untuk Instagram sebagai platform media sosial populer saat ini, walaupun sudah menggunakan password sulit, akan tetapi tidak menjamin akun tersebut aman dari incaran para peretas. Nah, berikut ini adalah cara efektif untuk dapat melindungi akun Instagram Anda dari semua risiko peretasan.

Two-Factor Authentication (TFA) untuk Perangkat Mobile

Instagram sebagai platform media sosial besar di dunia juga mengaplikasikan Two-Factor Authentication (TFA) yang dapat digunakan oleh para penggunanya yang memakai perangkat mobile. 

Fungsi TFA ini agar pemilik akun dapat mengetahui apabila peretas mencoba menerobos masuk ke sistem keamanan dan ingin mengambil paksa Instagram tersebut. Selain itu, TFA juga dirasa adalah cara paling tepat karena notifikasi dan kode verifikasi hanya akan dikirimkan ke perangkat mobile sang pemilik akun saja.

Caranya adalah ketika Anda login ke akun Instagram, pilih icon profile yang mana dapat ditemui di sudut kanan atas layar. Setelah itu, cari menu Setting di bagian bawah sendiri. Pilih Account, kemudian masuk ke menu Security. Di laman tersebut, Anda dapat memilih Two-Factor Authentication dan klik tombol yang bertuliskan Get Started.

Setelah masuk, terdapat 2 pilihan, yaitu Authentication App yang sangat direkomendasikan dan satu lagi adalah Text Message. Anda dapat memilih salah satunya atau keduanya sekaligus. Usia memilih salah satu atau keduanya, maka Anda diminta untuk memasukkan nomor telepon yang digunakan setiap hari. Setelah itu akan ada kiriman kode khusus sebagai langkah terakhirnya apabila Anda memilih Text Message. Akan tetapi apabila Anda memilih Authentication App, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan aktif dan terhubung dengan akun Instagram yang Anda miliki.

Two-Factor Authentication (TFA) untuk Website

Untuk yang menggunakan Instagram dari website, untuk fungsinya masih sama seperti yang memakai perangkat mobile. Dan cara untuk mengaktifkan autentikasi 2 arah adalah masuklah ke akun Instagram Anda via website. Langkah selanjutnya adalah klik tombol dengan icon gear pada sisi kiri atas.

Selanjutnya pilih Privacy and Security dan scroll ke bawah sampai menemukan Two-Factor Authentication. Pilih Edit Two-Factor Authentication Setting. Dan seperti halnya yang versi mobile, akan ada 2 pilihan untuk verifikasi kode, yaitu melalui aplikasi yang dapat diunduh via Google Play Store atau menggunakan Text Message.

Selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya: