blogs - guest blog

Cara Belanja Memakai Kartu Kredit di Supermarket Tanpa Ribet

1 Mar 13, 2020
Cara Belanja Memakai Kartu Kredit di Supermarket Tanpa Ribet

Jika Anda telah siap dengan barang belanjaan di kasir untuk membayar dengan kartu kredit, ada 3 tahapan yand harus Anda lalui untuk belanja memakai kartu kredit:

  1. Serahkan kartu kredit kepada kasir. Anda hanya perlu menunggu sebentar saat proses dilakukan oleh kasir. Kartu yang telah digenggaman kasir tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam mesin EDC (Electronic Data Capture). Dengan menggunakan mesin ini, proses dip dilakukan yang mana kartu akan mengalami sebuah proses enkripsi sebelum terhubung secara online dengan pihak yang menerbitan kartu kredit tersebut untuk diverifikasi. Proses ini memakan waktu yang sangat singkat dalam hitungan detik saja.

 

  1. Terima bukti transaksi dan tanda tangan. Setelah berhasil melalui proses verifikasi hingga transaksi, secara otomatis mesin akan mencetak bukti transaksi tersebut. Bukti transaksi ini nantinya akan Anda tanda tangani selaku pemegang kartu kredit. Untuk beberapa kartu kredit diharuskan menggunakan PIN untuk otorisasinya.

 

  1. Transaksi pembayaran selesai. Pembayaran via kredit telah selesai sehingga Anda bisa meninggalkan kasir dengan membawa barang belanjaan Anda tersebut. Anda sudah tidak memiliki urusan dengan kasir supermarket tersebut terkait barang belanjaan Anda karena pembayaran telah lunas.

Pembayaran Kartu Kredit

Dengan berakhirnya transaksi pembayaran lewat kartu kredit secara otomatis data pembayaran Anda telah tercatat di database bank penerbit kartu kredit langganan Anda. Setelah itu bank akan mengirimkan tagihan yang harus Anda bayar atas pembelian barang di supermarket tersebut. Anda diberi kesempatan membayar tagihan Anda tersebut sebelum tanggal jatuh temponya. Ada tiga pilihan untuk membayar tagihan bank tersebut, yaitu:

  • Membayar 100 % dari tagihan
  • Membayar minimal 10% dari tagihan, atau
  • Membayar tagihan di antara 10% dan 100% dari tagihan.

Bagaimana, mudah kan cara belanja memakai kartu kredit? Namun selalu ingat Batasan ya, jangan sampai terlilit hutang karena kurang bijak dalam penggunaan kartu kredit untuk berbelanja.