blogs - guest blog

Cara Belanja Pakai Kartu Kredit Tanpa Ribet!

1 Mar 13, 2020
Cara Belanja Pakai Kartu Kredit Tanpa Ribet!

Konsumen zaman sekarang patut berbahagia, karena di zaman yang serba praktis ini hanya dengan menggunakan kartu kredit kita sudah dapat belanja sepuasnya hanya dengan menggesekan kartu saja. Misalnya, untuk belanja bulanan di supermareket, belanja baju anak ataupun baju kita sendiri, sampai order makanan pun bisa dengan menggunakan kartu kredit.

Cek disini untuk info kartu kredit!

Kartu Kredit: Kartu ajaib yang simple dan praktis

Ada yang mengatakan bahwa kartu kredit adalah kartu ajaib. Tidak ada yang aneh dengan anggapan tersebut karena faktanya segala kebutuhan pembayaran dapat diwakilkan dengan sebuah kartu yang bernama kartu kredit. Terlebih di zaman yang serba canggih ini, sistem pembayaran diciptakan semudah mungkin. Bisa dibilang, peran uang sebagai alat tukar bisa disematkan pada kartu ajaib tersebut. Anda tidak perlu ribet mengantongi berlembar-lembar uang dalam dompet Anda. Cukup sisipkan kartu kredit, di dompet maka Anda telah siap berburu barang belanjaan. Tentu Anda bisa membayangkan betapa mudahnya hidup dengan kehadiran kartu kredit, bukan?

Persyaratan Kepemilikan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alternatif pembayaran yang praktis dan modern. Namun, tidak semua orang dapat memilikinya. Hanya orang-orang terpercayalah yang bisa memegang kartu ajaib tersebut setelah memenuhi persyaratan kepemilikan kartu kredit. Jika Anda merupakan salah satu pemegangnya, berarti Anda cukup beruntung.

●      Dokumen

Biasanya Bank penerbit kartu kredit mensyaratkan beberapa kondisi yang dibuktikan dengan lampiran dokumen. Dokumen yang disyaratkan antara lain fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi dan fotokopi bukti penghasilan. Selain itu, usia minimal adalah 21 tahun agar disetujuinya proposal pengajuan kartu kredit tersebut.

●      Penghasilan per bulan

Namun, perlu Anda ketahui bahwa penghasilan Anda haruslah memenuhi standar mereka. Ada bank yang mematok penghasilan per bulan minimal 4 juta perbulan, 5 juta perbulan dan sebagainya. Itu semua tergantung kebijakan bank masing-masing. Dengan demikian, diasumsikan bahwa calon pemegang kartu ajaib tersebut memiliki kondisi finansial yang mumpuni untuk melunasi setiap tagihan yang akan dibebankan nantinya. 

Memiliki kartu kredit sama saja dengan mempersiapkan diri Anda untuk berbelanja. Namun, hanya outlet-outlet atau toko tertentu saja yang mendukung pembayaran dengan kartu kredit. Misalnya saja toko-toko besar seperti supermarket, minimarket maupun sejenisnya yang menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture) nya. Alat semacam itu telah beredar luas di hampir setiap toko karena maraknya penggunaan kartu kredit di masyarakat. Kondisi ini sangat memudahkan bagi konsumen, khususnya mereka yang ingin belanja tanpa harus repot-repot merogoh uang dalam dompet.

Kartu kredit menyimpan berjuta manfaat, di antara pada saat berbelanja maupun melakukan pembayaran. Sangat disayangkan jika manfaat-manfaat tersebut tidak bisa Anda rasakan hanya karena Anda belum paham cara penggunaannya atau bahkan gagap teknologi (gaptek). Padahal, penggunaannya tidak serumit yang dibayangkan. Selain itu, waktu yang tersita untuk bertransaksi dengan kartu ini sangatlah minim. Jika melakukan pembayaran tunai memakan waktu yang cukup singkat, pembayaran lewat kartu kredit pun demikian. Mau tahu caranya seperti apa? Berikut ini akan saya paparkan cara pakainya, semisal belanja di supermarket.

Baca Juga: Cara Cerdas Hemat Uang Belanja Dapur, Dijamin Berhasil!