blogs - bisnis & culture

Cara Mudah Daftar Google Adsense Youtube Lewat Hp

10 Sep 18, 2020
Cara Mudah Daftar Google Adsense Youtube Lewat Hp

Bagi Anda yang sepanjang harinya mengakses konten internet, istilah Youtuber tentu sudah tidak lagi asing bagi Anda. Youtuber seringkali disematkan kepada orang-orang yang memiliki akun YouTube dan rutin membuat konten video. Tidak hanya disematkan kepada para musisi dan artis saja, Anda yang merupakan orang biasa juga bisa menyandang nama Youtuber ini. Selain bisa dijadikan sebagai platform untuk mengunggah karya, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube, lho. Caranya sangat mudah, Anda harus mendaftarkan akun YouTube tersebut pada Google Adsense. 

Cara Daftar Google Adsense

Mendaftarkan Google Adsense bisa dilakukan pada beragam perangkat, baik itu PC, laptop, maupun hp sekalipun. Apabila Anda malas bangkit dari tempat duduk untuk mengambil laptop, lakukan proses daftar Google Adsense Youtube melalui hp. Berikut langkah yang perlu Anda ikuti. 

Masuk ke Google Chrome

Langkah pertama, Anda perlu membuka browser yang ada di smartphone. Akan lebih baik jika Anda menggunakan Google Chrome dibandingkan browser lainnya. Sebelum memulai aksi, atur terlebih dahulu Google Chrome Anda pada versi desktop. Hal ini akan membantu Anda dalam melakukan proses pendaftaran Google Adsense.

Mengubah tampilan Google Chrome layaknya desktop PC pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengklik tiga tombol yang berada di pojok kanan atas. Kemudian akan secara otomatis muncul opsi "Situs Desktop" di bagian agak bawah, terdapat sebuah kotak kecil di sebelahnya yang bisa Anda klik hingga muncul simbol centang.

Buka www.youtube.com

Jika sudah memastikan bahwa tampilan Google Chrome menyerupai situs desktop, kini saatnya Anda langsung masuk ke halaman www.youtube.com. Jika belum melakukan proses log in, lagukan log in terlebih dahulu sesuai dengan akun YouTube yang ingin Anda daftarkan pada Google Adsense. 

Masuk ke YouTube Studio

Setelah berhasil masuk, klik logo channel YouTube Anda yang berada di pojok kanan atas. Diantara banyaknya pilihan menu yang muncul, klik menu "YouTube Studio" yang ada di baris ketiga. Di laman YouTube Studio inilah Anda bisa mengetahui beragam informasi mendetail mengenai akun YouTube Anda. Mulai dari daftar komentar, jangkauan akun YouTube, demografi penonton, dan tidak terkecuali monetisasi.

Pilih Monetisasi

Klik tiga garis yang berada di pojok kiri atas channel, kemudian pilih menu "Monetisasi" yang berada di baris kedua dari bawah. Jika sudah, akan langsung muncul informasi mengenai kelayakan akun Anda untuk bisa dimonetisasi. Jika sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Youtube, Anda bisa langsung melakukan langkah selanjutnya. Namun, jika belum memenuhi persyaratan monetisasi, Anda belum bisa mendaftar Google Adsense. Di sisi lain, pihak YouTube nantinya akan mengirimkan email pada akun Anda jika memang sudah memenuhi persyaratan yang diminta.

Isi Data Diri dan Formulir

Setelah memastikan bahwa akun Anda telah memenuhi persyaratan, nantinya Anda akan diminta untuk mengisi data diri secara lengkap dan detail. Pengisian data diri dan formulir tersebut nantinya akan dikirimkan kepada pihak YouTube untuk melalui proses pengecekan. Proses ini bisa jadi membutuhkan waktu yang cukup lama. Sembari menunggu, Anda bisa membuat daftar konten yang akan dibuat nantinya.

Untuk mengetahui bahwa permohonan adsense Anda disetujui, di bagian daftar video nantinya akan dilengkapi dengan ikon dollar berwarna hijau. Jika saat melihat YouTube, terdapat ikon tersebut, bisa dipastikan bahwa permohonan adsense Anda disetujui. Dengan begitu, Anda bisa mulai mengatur iklan dan mendapatkan pundi-pundi uang. Semakin sering dan konsisten video yang Anda unggah, semakin banyak pundi uang yang bisa dihasilkan.

Persyaratan Google Adsense

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, sebelum melakukan pendaftaran Google Adsense terdapat beberapa persyaratan yang wajib Anda penuhi. Agar proses monetisasi nantinya berjalan dengan lebih lancar, simak persyaratan Google Adsense berikut.

Akun Harus Terverifikasi

Hal pertama yang harus dilakukan yakni memverifikasi akun YouTube Anda. Proses verifikasi YouTube terbilang sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengklik halaman upload video. Kemudian, di bagian bawah akan tertulis "increase your limit" berwarna biru. Klik tulisan tersebut untuk melanjutkan proses verifikasi.

Anda akan diminta untuk memilih satu diantara dua metode verifikasi yang tersedia, yakni menggunakan pesan text atau suara. Pilih metode verifikasi yang paling mudah menurut Anda. Selanjutnya, Anda akan langsung mendapatkan kode verifikasi melalui metode yang telah dipilih. Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam kotak yang telah disediakan. Klik submit jika Anda sudah memasukkan kode verifikasi yang benar.

Secara otomatis, akan muncul notifikasi "Partner Verified", notifikasi ini menunjukkan bahwa akun YouTube Anda sukses terverifikasi. Dengan melakukan verifikasi akun, Anda nantinya bisa mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang.

4000 Jam Tayang

Persyaratan yang satu ini terbilang cukup berat, khususnya bagi Anda yang baru akan menjadi seorang Youtuber. Untuk bisa memenuhi persyaratan ini tentu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan, bisa lebih dari enam bulan jika Anda tidak konsisten dalam mengunggah video di Youtube. Konsistensi menjadi kunci utama jika Anda ingin mendapatkan jumlah jam tayang yang banyak dalam kurun waktu yang tidak lama. Di sisi lain, akan lebih baik jika video yang Anda unggah memiliki durasi yang cukup panjang. Dengan begitu, Anda semakin mudah meraih 4000 jam tayang.

1000 Subscriber

Selain mendapatkan 4000 jam tayang, persyaratan lainnya yang terbilang cukup sulit yakni mendapatkan 1000 subscriber. Konten video yang ada di channel Anda haruslah sangat menarik untuk bisa membuat para penonton memilih melakukan subscribe. Selain itu, jangan lupa untuk kenalkan channel YouTube Anda pada keluarga dan kerabat dekat lainnya. Minta mereka untuk melakukan subscribe dan membagikan channel Anda melalui media sosial. Semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan channel Anda, mendapatkan 1000 subscriber tentu akan menjadi lebih mudah.

Hindari Komentar Spam

Meski terdengar sepele, tahukah Anda bahwa memberikan komentar spam di berbagai macam channel YouTube merupakan tindakan yang tidak disukai oleh pihak YouTube. Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor penghambat ditolaknya pengajuan adsense Anda. Untuk itu, hindari memberikan komentar spam selama menggunakan YouTube. Hanya cantumkan komentar yang relevan dengan intensitas yang wajar. Terlalu sering mengirimkan komentar dengan isi yang sama atau bahkan mempromosikan akun Anda, hanya akan membuat rate penilaian akun Anda semakin rendah saja.

Itu tadi persyaratan yang perlu dipenuhi saat akan mendaftar Google Adsense. Pastikan Anda memenuhi keempat persyaratan tersebut. Jika terdapat satu saja persyaratan yang belum Anda penuhi, proses pendaftaran tentu tidak akan berhasil dan Anda perlu melakukan pengajuan permohonan lagi nantinya. Agar bisa tetap konsisten dalam membuat konten di YouTube, tidak ada salahnya jika Anda membuat schedule rutin kapan agenda untuk merekam dan mengunggah video.