blogs - media sosial

Cara Mudah Kembalikan Akun Instagram yang Di-Hack, Dinonaktifkan, atau Dihapus

10 Feb 07, 2021
Cara Mudah Kembalikan Akun Instagram yang Di-Hack, Dinonaktifkan, atau Dihapus

Tak dapat dipungkiri, saat ini Instagram menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia saat ini. Mulai dari orang biasa, selebritis atau bahkan perusahaan menggunakan layanan media sosial satu ini untuk terhubung dengan orang lain, fans atau pelanggan.

Ketika kehilangan akses ke akun Instagram, entah karena diretas, dinonaktifkan atau dihapus, maka hal tersebut akan mimpi terburuk bagi banyak pengguna. Putus koneksi dari teman dan komunitas hanyalah masalah kecil. Sementara kehilangan koleksi foto dan video selama bertahun-tahun, itu bencana. Namun untungnya, dalam banyak kasus, bukanlah hal sulit untuk mendapatkan kembali akun Instagram yang dihapus, di-disable, bahkan di-hack.

Berikut ini panduan praktis untuk mengembalikan akun Instagram Anda yang telah dinonaktifkan, diretas atau dihapus:

Kenapa Akun Instagram Anda Di-Disable-kan?

Ada beberapa alasan, mengapa akun Anda dinonaktifkan, dan tak jarang hal tersebut terjadi tanpa peringatan apa pun. Anda bisa tahu akun milik Anda telah di-disable-kan karena ketika Anda mencoba masuk ke akun, pesan pop-up akan muncul dan memberitahukannya.

Perlu diperhatikan bahwa hal tersebut sama sekali berbeda dengan kesalahan pengisian password atau username akun Instagram. Karena jika demikian, maka Anda hanya perlu memasukkan alamat email atau nomor telepon dan me-reset password dan masalah akan teratasi hanya dalam beberapa menit saja.

Well, Instagram tak memberi informasi yang terperinci mengenai alasan akun seseorang dinonaktifkan. Anda hanya diberitahukan bahwa itu disebabkan oleh pelanggaran pedoman komunitas atau persyaratan penggunaan. Biasanya, hal-hal seperti aktivitas ilegal, hate speech, pornografi hingga aksi kekerasan adalah penyebabnya. Apabila pelanggaran terjadi secara berulang, maka akun Instagram Anda akan dihapus secara permanen tanpa bisa dikembalikan lagi.

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Di-Disable-kan

Ketika akun Instagram Anda tiba-tiba disable, maka untuk memulihkannya, ikuti semua petunjuk yang diberikan. Setiap langkah harus dilakukan dengan seksama dan kebanyakan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk otentifikasinya. 

Selain itu, Anda juga bisa mengajukan banding melalui official contact page. Cukup isi kolom wajib dan klik Send agar kasus Anda ditinjau. Hindari meminta maaf, karena hal tersebut menyiratkan bahwa Anda bersalah. Dalam proses ini, Anda mungkin akan diminta mengirimkan foto selfie sebagai verifikasi. Ulangi sesering mungkin hingga permintaan Anda dipenuhi dan akun Instagram Anda dipulihkan.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram

Beberapa tahun lalu, Instagram telah menambahkan opsi untuk menonaktifkan sementara akun yang digunakan ketika Anda perlu sesaat beristirahat dari platform media sosial. Hanya saja yang patut diperhatikan, langkah penonaktifan akun ini cukup riskan karena ada opsi yang dapat digunakan untuk memerintahkan Instagram menghapus semua konten di dalamnya.

Untuk mengaktifkan dan mengembalikan akun Instagram yang konten di dalamnya telah dihapus, Anda hanya perlu masuk kembali ke akun tersebut dan mencoba aktivasi kembali. Namun sukses tidaknya tergantung dari berapa lama Anda sudah menonaktifkan akun tersebut. Selain itu, mungkin Anda juga akan diminta menyetujui syarat dan ketentuan baru Instagram. Ketika langkah tersebut tidak berhasil, Anda dapat melaporkan ke pihak Instagram dan menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Cara Mendapatkan Kembali Akun Instagram yang Di-Hack

Walaupun tingkat sekuritas Instagram cukup tinggi, akan tetapi ada beberapa laporan bahwa akun Instagram seseorang atau perusahaan berhasil diretas. Selain untuk menggunakan akun tersebut untuk tujuan yang tidak baik, rata-rata para peretas mencari akses ke akun pribadi Anda, mencoba menjual username Anda atau bahkan mencuri informasi pribadi untuk melakukan aksi kejahatan yang lebih mengerikan.

Ketika akun Instagram Anda telah diretas, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek email dari Instagram yang menyatakan bahwa email yang terkait dengan akun Anda telah diubah. Inilah cara termudah bagi hacker untuk mengendalikan akun Anda. Jika Anda dapat menemukan email tersebut, Anda bisa membatalkan tindakan hacker sesegera mungkin.

Tetapi bagaimana jika Anda tak bisa menemukan email tersebut? Tenang, karena masih ada satu opsi lagi untuk memperbaikinya sebelum terlambat. Anda bisa meminta login link untuk dikirim ke nomor telepon Anda, bukan ke email peretas.

Di layar masuk, klik Get Help Signing untuk perangkat Android, atau Forgot Your Password? untuk perangkat iOS. Setelah itu, Anda bisa memasukkan nomor telepon agar link login segera dikirimkan. Selanjutnya, cukup ikuti instruksi dari tautan tersebut untuk mendapatkan akses ke akun Instagram Anda kembali.

Jika berhasil, segeralah ganti password dan cabut akses yang diberikan ke aplikasi pihak ketiga mana pun. Namun jika gagal, Anda masih bisa melaporkan akun yang di-hack untuk mengaksesnya kembali. Bagaimana caranya?

Klik Get Help Signing di login screen pada Android atau Forgot Password? di iOS. Khusus Android, isi username, alamat email atau nomor telepon Anda dan klik Next. Kemudian, klik Need More Help?, lalu ikuti petunjuk di layar. Mungkin Anda akan diminta mengirimkan foto selfie untuk memverifikasi identitas. Pastikan untuk mengaktifkan two-factor authentication untuk meminimalkan risiko akun di-hack lagi.

Bisakah Kita Mendapatkan Kembali Akun Instagram yang Dihapus?

Tidak. Kita tidak bisa memulihkan kembali akun yang telah dihapus, baik itu oleh Anda atau orang yang punya akses ke akun Instagram Anda. Namun meski begitu, Anda bisa membuat akun baru dengan alamat email atau nomor telepon yang sama. Hanya saja, Anda tak dapat menggunakan nama pengguna, memulihkan follower ataupun gambar yang sama. So, berhati-hatilah.

Itulah panduan mudah untuk mendapatkan akun Instagram Anda yang di-hack, dinonaktifkan dan dihapus. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel menarik lainnya yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya: