blogs - gawai

Cara Melacak Hp dengan IMEI Super Mudah

10 Oct 12, 2020
Cara Melacak Hp dengan IMEI Super Mudah

Kehilangan hp tentu menjadi hal yang tidak diinginkan oleh siapapun. Terlebih jika hp yang hilang berisi banyak data dan file penting yang belum dibackup. Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa benar-benar ikhlas dengan hilangnya hp beserta data penting di dalamnya. Kabar baiknya, hp yang hilang kini bisa dengan mudah dilacak melalui berbagai macam cara. Salah satunya yang bisa Anda coba yakni melacak hp menggunakan IMEI. 

IMEI disini merupakan sebuah kode unik yang akan dimiliki oleh setiap hp. Sederhananya, IMEI merupakan akta kelahiran dari sebuah hp. Siapa sangka Anda pun bisa memanfaatkan IMEI ini untuk melacak hp yang hilang. Langsung saja, berikut cara melacak handphone hilang menggunakan IMEI.

Cari Tahu Nomor IMEI

Untuk bisa melacak hp dengan cara satu ini, Anda tentu perlu mengetahui berapa nomor IMEI dari hp yang hilang. Nomor IMEI bisa Anda cek dengan beberapa cara, yakni dengan membuka menu "About Device" atau mengetikkan nomor *#06#* pada dial.

Membuat Surat Keterangan Hilang

Setelah mengetahui nomor IMEI, kini saatnya Anda mengunjungi pihak berwajib. Mintalah surat keterangan barang hilang dan isi informasi mengenai kehilangan secara detail. Kunjungi kantor kepolisian di mana sesuai dengan lokasi hilangnya hp Anda. Simpan surat kehilangan tersebut untuk melakukan pelacakan hp hilang.

Hubungi Call Center Operator

Langkah selanjutnya yakni Anda bisa meminta operator seluler melacak hp yang hilang. Menghubungi call center operator hp bisa Anda lakukan dengan dua cara, yakni menghubungi melalui panggilan telepon atau secara langsung mengunjungi gerai operator. Jika memang rumah Anda berada tidak jauh dari gerai operator, akan lebih baik jika Anda mengunjungi kantor cabangnya secara langsung.

Informasikan Nomor IMEI pada Call Center

Saat menghubungi call center operator, Anda perlu menginformasikan berapa nomor IMEI dari hp yang hilang. Dengan mengetahui nomor IMEI hp Anda, pihak operator akan langsung mencari tahu di mana keberadaan hp Anda yang hilang. 

Perlu diketahui, cara melacak menggunakan IMEI hanya dapat dilakukan jika hp Anda mengaktifkan GPS dan masih terkoneksi dengan jaringan internet. Saat hp yang hilang dalam kondisi mati atau kartu SIM terlepas, Anda tidak bisa melakukan pelacak dengan cara yang satu ini. Meski terkesan sedikit ribet dan membutuhkan waktu, namun proses pelacakan hp hilang menggunakan IMEI ini terbilang lebih aman. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda coba.

Artikel terkait yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya: