blogs - aplikasi

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

10 Oct 05, 2020
Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Sebagai pengguna aplikasi pengiriman pesan WhatsApp, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kata "Pesan ini telah dihapus". Sejak munculnya opsi hapus pesan, banyak pengguna seringkali menghapus pesan yang sudah dikirim. Bagi pengirim pesan hal ini tentu akan sangat menguntungkan. Sebaliknya, hal ini terbilang sangat menyebalkan bagi si penerima pesan. Terlebih jika hal ini berlaku selama berulang kali. Terlepas dari rasa kesal itu, tentu Anda penasaran dengan isi pesan yang sudah terhapus, bukan?

Kabar baiknya, kini sudah ada cara yang bisa Anda praktekkan untuk melihat pesan WA yang sudah terhapus, lho. Tidak harus melulu menggunakan aplikasi tambahan, Anda bisa melihat pesan WA terhapus dengan lebih mudah. Berikut kedua cara yang bisa Anda pilih.

Menggunakan GBWhatsApp

GBWhatsApp ini merupakan aplikasi modifikasi dari aplikasi WhatsApp yang biasa Anda gunakan. Meski tidak resmi, namun banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini sebagai pengganti aplikasi WhatsApp yang resmi. Pasalnya, aplikasi GBWhatsApp ini menawarkan beberapa keunggulan. Mulai dari memungkinkan Anda memiliki dua akun WhatsApp sekaligus hingga membaca pesan yang sudah terhapus.

Sebelum bisa melihat pesan terhapus, Anda perlu mengatur menu "Fouad Mods" terlebih dahulu. Pilih sub menu privasi dan centang bagian yang tertulis "Pesan Anti Hapus". Setelah diaktifkan, Anda bisa langsung melihat setiap pesan yang telah terhapus sekalipun.

Menggunakan Database

Jika Anda enggan mengganti aplikasi WhatsApp resmi dengan versi yang modikasi, masih ada satu cara lagi yang bisa Anda lakukan untuk melihat pesan terhapus. Cara ini memanfaatkan database WhatsApp yang memang sudah tersimpan di File Manager. Setelah membuka File Manager yang ada di smartphone, Anda bisa langsung membuka folder Database WhatsApp.

Cadangkan semua data yang memiliki format MsgstoreYYYYMMDD.db.crypt dan salin pada folder baru. Jika sudah, Anda bisa langsung menghapus aplikasi WhatsApp yang telah terunduh. Ubah format file yang telah dicadangkan tadi menjadi Mgstore.db.crypt. Unduh kembali aplikasi WhatsAoo dan jangan lupa melakukan proses pemulihan. Berdasarkan data yang ada di database WhatsApp, seluruh pesan yang tadinya terhapus bisa langsung terbaca oleh Anda.

Meski terbilang sedikit ribet, bukan berarti cara kedua tidak bisa Anda coba. Setiap kali mendapat pesan yang terhapus dari pengguna WhatsApp lainnya, jangan lupa gunakan cara ini, ya!