blogs - komputer

Ini Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

10 Nov 22, 2020
Ini Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Windows 10 merupakan OS terbaru dari Microsoft yang diluncurkan pada tahun 2015 lalu. Sistem operasi terbaru ini mengusung berbagai macam fitur canggih. Salah satunya yang menjadi sorotan adalah fitur Windows Defender. Fitur ini merupakan produk antivirus resmi dari Microsoft yang cukup ampuh dalam melindungi perangkat laptop Anda dari serangan virus. Namun, sayangnya antivirus ini sering menganggap aplikasi tertentu berbahaya dan memblokirnya. Sehingga, Anda tidak dapat mengunduh aplikasi tersebut. Padahal, Anda tahu benar bahwa aplikasi tersebut sangatlah aman. Satu-satunya cara agar dapat mengunduh aplikasi yang dibutuhkan adalah dengan menonaktifkan fitur Windows Defender. Berikut adalah cara mematikan Windows Defender di Windows 10.

  1. Pertama-tama, buka terlebih dulu fitur Windows Defender. Untuk menemukannya, Anda juga bisa mengetikkan nama fitur tersebut pada kolom pencarian
  2. Setelah aplikasi terbuka, pilih menu “Virus & Threat Protection”
  3. Lanjutkan dengan membuka opsi “Virus & Threat Protection Setting”
  4. Pada menu yang tersedia, geser toggle di bawah opsi “Real Time Protection” ke posisi “Off”
  5. Cukup dengan cara itu saja, Anda sudah mematikan fitur Windows Defender. Barulah, Anda bisa mengunduh aplikasi apapun yang Anda inginkan. Namun, perlu diingat bahwa tanpa adanya perlindungan dari Windows Defender, perangkat laptop Anda akan menjadi lebih rawan terserang virus. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mematikan Windows Defender terlalu lama. Setelah urusan mengunduh aplikasi selesai, jangan lupa untuk kembali menggeser toggle “Real Time Protection” ke posisi “ON”.

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen

Jika Anda memiliki antivirus yang notabene lebih kuat dari Windows Defender, maka sah-sah saja untuk mematikan fitur antivirus ini secara permanen. Namun, cara ini tidak direkomendasikan jika Anda hanya memiliki Windows Defender sebagai antivirus. Untuk mengetahui cara mematikan Windows Defender di Windows 10 secara permanen, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Registry Editor. Anda bisa mengetikannya pada kolom pencarian. Atau, Anda juga bisa menekan kombinasi tombol Windows + R untuk memunculkan menu “Run”. Selanjutnya, ketik menu “regedit”
  2. Setelah itu, cari alamat direktori dari Windows Defender dengan masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE. Setelah itu, klik folder”SOFTWARE” > “FOLDER POLICIES” > “MICROSOFT” > Windows Defender
  3. Langkah selanjutnya, klik file bernama “DisableAntiSpyware”. Pada jendela pop-up yang muncul, isi value data menjadi “1” untuk menonaktifkan fitur tersebut. Lakukan restart pada perangkat laptop Anda untuk menyimpan perubahan tersebut.

Demikianlah cara mematikan Windows Defender di Windows 10. Jangan lupa untuk menyalakan kembali fitur ini, agar laptop Anda tetap terlindungi dari virus. Semoga informasi di atas bermanfaat.