blogs - aplikasi

Cara Membuat Email di HP Super Mudah dan Cepat

10 Sep 07, 2020
Cara Membuat Email di HP Super Mudah dan Cepat

Setiap pengguna smartphone harus memiliki setidaknya satu email dalam satu perangkat. Tanpa adanya email, Anda tidak bisa mengakses aplikasi yang ada di smartphone dengan mudah. Sekalipun bisa membuka beberapa aplikasi sebagai guest, apa yang sudah Anda lakukan tidak akan tersimpan jika tak melakukan login email terlebih dahulu. Oleh karena itu, setiap kali menggunakan smartphone baru, hal yang perlu Anda lakukan setelah registrasi nomor yakni membuat email. Jika sudah memiliki akun, Anda bisa langsung melakukan proses login dan mengisi alamat email serta password.

Lalu bagaimana jika pengguna smartphone belum memiliki email atau lupa alamat emailnya yang lama? Jawabannya tentu hanya satu, membuat alamat email yang baru. Proses membuat email kini bisa Anda lakukan dengan berbagai macam cara, di mana Anda juga bisa melakukannya secara langsung melalui hp. Proses membuat email melalui hp juga sama mudahnya dengan melalui perangkat desktop atau laptop. Apabila Anda masih merasa bingung, berikut cara membuat email di hp yang super mudah dan cepat.

Masuk Menu Pengaturan

Langkah pertama yang perlu Anda tempuh yakni menuju menu "Pengaturan dan Setting" yang ada di smartphone. Kemudian cari menu baru yang bertuliskan "Akun dan Sinkronisasi". Menu ini akan berisi berbagai macam akun yang akan atau telah tersinkronisasi dengan smartphone. Jika belum muncul logo Google, Anda bisa mengklik "Tambahkan Akun" yang berada di bagian bawah dan memilih logo Google.

Masuk Google

Setelah berhasil masuk ke Google, Anda akan langsung dihadapkan oleh dua pilihan, yakni "sign in" dan "new account". Tombol sign in hanya diperuntukkan bagi Anda yang sudah memiliki akun email sebelumnya. Sedangkan bagi Anda yang baru akan membuat email baru, Anda perlu mengklik tombol new account.

Masukkan Nama

Anda akan diminta untuk mencantumkan nama setelah mengklik new account. Pencantuman nama terbagi menjadi dua kotak, yakni Nama Depan dan Nama Belakang. Isi kedua kotak tersebut agar proses registrasi akun baru berjalan dengan lancar. Pada tahap ini, Anda bisa mencantumkan nama lengkap sesuai dengan kartu identitas diri. Apabila nama Anda hanya dilengkapi dengan satu kata, isi kotak bagian Nama Belakang dengan nama inisial. Jika terdapat kotak yang tidak terisi, Anda tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Jika telah memastikan penulisan nama benar, klik tombol next dibagikan bawah.

Isi Tanggal Lahir dan Gender

Setelah berhasil menuliskan nama, kini saatnya Anda mengisi informasi dasar lainnya yang berisi tanggal lahir dan gender. Pengisian tanggal lahir ini sebagai salah satu cara Google untuk mengetahui berapa umur dari si pengguna. Usia anak yang terlalu kecil akan dianggap tidak memenuhi syarat oleh Google.

Secara otomatis, Google akan membatalkan proses pembuatan email Anda. Layanan yang tersedia di Google hanya diperuntukkan untuk remaja dan orang dewasa saja. Setelah berhasil mencantumkan tanggal lahir, jangan lupa untuk juga mencantumkan gender Anda.

Buat Username

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yakni membuat username. Username inilah yang akan sering Anda gunakan untuk saling berkirim pesan dengan kerabat. Pencantuman username tidak boleh menggunakan tanda baca yang berlebihan dan juga spasi.

Setiap pemilik akun email akan memiliki username yang berbeda-beda. Sehingga Anda perlu membuat username yang unik dan belum dimiliki orang lain. Username ini juga perlu dipikirkan dengan sangat matang. Pasalnya, username tersebut tidak akan bisa Anda ganti di kemudian hari setelah proses pembuatan email berakhir.

Bagi Anda yang membuat email dan diperuntukkan untuk urusan bisnis dan perkantoran, pastikan username email Anda tidak mengandung kata yang aneh dan terkesan alay. Hanya gunakan kata yang berisi inisial atau nama lengkap Anda. Untuk membuatnya berbeda dengan milik orang lain, cantumkan satu atau dua angka di bagian belakang username Anda.

Buat Kata Sandi

Setelah berhasil memilih username yang berbeda dari akun lainnya, kini saatnya Anda mengatur password email. Bagian ini terbilang sangat penting karena mencangkul keamanan email Anda. Gunakan password yang unik dan tidak mudah diketahui oleh orang lain. Agar lebih aman, kombinasikan antara huruf dan angka dalam pembuatan password. Dengan begitu, email Anda nantinya akan lebih aman dan tidak mudah dijangkau oleh oknum tidak bertanggung jawab. Cantumkan password dua kali sebagai konfirmasi bahwa password yang dicantumkan benar.

Tambahkan Nomor Telepon

Langkah ini bisa saja Anda lewati dan diisi di kemudian hari. Namun, akan lebih baik jika Anda mengisinya bersamaan dengan saat membuat akun. Pencantuman nomor telepon ini juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keamanan akun. Jika suatu hari Anda melupakan password email, Anda bisa melakukan proses pemulihan email melalui kode unik yang dikirimkan ke nomor telepon.

Setelah setiap langkah yang telah disebutkan di atas Anda ikuti, Anda hanya perlu melakukan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan yang diberlakukan Google. Jika sudah, Anda pun bisa menggunakan smartphone dengan lebih maksimal. Sangat mudah dan cepat bukan cara membuat email di hp?