blogs - how to

Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Mudah

10 Nov 16, 2020
Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Mudah

Perkembangan teknologi secara tidak langsung akan mengubah berbagai macam kebiasaan Anda, mulai dari hal yang besar hingga yang kecil seperti sebuah tanda tangan. Di mana kini sudah semakin populer istilah tanda tangan digital. Hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam mengesahkan sebuah dokumen tanpa perlu melakukan proses pencetakan file.

Di sisi lain, munculnya istilah tanda tangan digital ini secara tidak langsung juga akan mengurangi penggunaan dari kertas. Bagi Anda yang memang sering berhubungan dengan dokumen ataupun pengesahan, Anda tentu perlu memiliki tanda tangan digital. Bagaimana caranya? Langsung saja yuk simak ulasan berikut.

Buka Situs Online Signature

Diantara banyaknya situs online yang bisa Anda gunakan untuk membuat tanda tangan digital, situs Online Signature (onlinesignature.com) menjadi salah satu yang bisa Anda pilih. Tak hanya mudah pengoperasiannya, situs ini juga menjanjikan hasil akhir yang sangat bagus.

Klik Draw Signature

Selanjutnya Anda bisa langsung klik menu Draw Signature. Menu ini bisa Anda temukan di sisi kanan atas situs. Jika sudah, Anda bisa langsung menggambar tanda tangan di kolom yang sudah disediakan. Anda bisa langsung membuat tanda tangan menggunakan touchpad atau mouse. Akan semakin mudah jika Anda mengakses situs ini menggunakan tablet atau smartphone. Di mana Anda bisa membuat tanda tangan dengan mengandalkan jari.

Simpan Tanda Tangan

Jika tanda tangan sudah dirasa benar dan sesuai, Anda bisa langsung menyimpan tanda tangan tersebut dengan klik tombol save. Namun, jika tanda tangan terasa kurang bagus, Anda bisa membuatnya dari awal dengan klik tombol clear. Bagi Anda yang memilih untuk menyimpan tanda tangan digital, Anda juga akan disuguhkan opsi untuk Download Signature. Sesuai dengan namanya, jika Anda klik opsi tersebut, tanda tangan digital bisa langsung tersimpan di perangkat Anda. Simpan di tempat yang benar akan mudah untuk ditemukan.

Setelah berhasil tersimpan di perangkat, Anda bisa langsung menggunakan tanda tangan digital tersebut pada semua dokumen. Cukup tempelkan tanda tangan digital pada halaman yang dibutuhkan. Anda yang memang setiap harinya berurusan dengan berkas atau dokumen, tentu wajib mencoba cara membuat tanda tangan digital ini. Seperti yang telah disebutkan di atas, cara mudah ini bisa Anda praktekkan pada berbagai macam perangkat, mulai dari komputer, laptop, tablet, hingga smartphone berbasis Android maupun iOS.