blogs - komputer

2 Cara Mempercepat Booting Windows 10

10 Oct 26, 2020
2 Cara Mempercepat Booting Windows 10

Windows 10 merupakan seri OS terbaru yang dikembangkan oleh Windows. Hampir semua perangkat PC dan laptop terbaru menjadikan Windows 10 ini sebagai sistem operasinya. Ada banyak sekali fitur-fitur built-in yang ditawarkan oleh Windows 10, mulai dari performa yang lebih cepat, dan sistem navigasi yang lebih mudah. Terlebih, jika Anda membandingkannya dengan seri Windows 8. Namun, salah satu gangguan yang cukup membuat pengguna Windows 10 gigit jari adalah proses booting yang cukup memakan waktu. Namun, Anda tidak perlu risau. Berikut ini adalah beberapa cara mempercepat booting Windows 10 yang bisa Anda coba.

Aktifkan Fast StartUp

Fast StartUp merupakan fitur yang pertama kali disematkan pada Windows 8. Karena popularitasnya, fitur ini juga bisa Anda temukan di Windows 10. Fitur Fast StartUp ini menjadi salah satu cara mempercepat booting Windows 10 yang cukup efektif. Biasanya fitur ini akan aktif di background sehingga waktu booting Windows 10 menjadi lebih cepat. Namun, tak jarang Anda tanpa sengaja mematikan fitur ini. Jika Anda ingin mengaktifkan fitur Fast StartUp pada Windows 10, berikut inilah caranya:

  1. Pertama-tama, tekan tombol Start sehingga menampilkan daftar menu dari Windows 10
  2. Selanjutnya, pilih “Power Options” dari pilihan menu yang tersedia
  3. Pada jendela “Power & Sleep”, pilih link “Additional Power Settings”. Pengaturan ini terletak di bagian paling kanan dari jendela tersebut
  4. Selanjutnya, klik “Choose What The Power Buttons Do”
  5. Nantinya, akan muncul jendela baru dengan nama “System Settings”. Pada jendela tersebut, pilih “Change settings that are currently unavailable”
  6. Nyalakan fitur Fast StartUp dengan mencentang opsi “Turn On Fast StartUp (recommended)

Non-aktifkan Program yang Berjalan Saat Start Up

Cara mempercepat booting Windows 10 lainnya adalah dengan mengaktifkan program-program yang berjalan di background. Hal ini seringkali tidak disadari oleh pengguna. Padahal, program-program tersebut dapat mengakibatkan Windows 10 Anda jadi semakin lama untuk booting. Untuk melihat program atau aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang, bisa dilakukan dengan cara:

  • Tekan tombol Ctrl+Alt+ Del secara bersamaan, dan pilih “Task Manager” dari pilihan menu yang ada
  • Selanjutnya, pilih tab “Start-Up”
  • Pada tab tersebut akan ditampilkan daftar-daftar program dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang
  • Hentikan program yang tidak Anda butuhkan. Caranya, sorot program yang akan dinon-aktifkan. Selanjutnya, klik tombol “Disable”.

Itulah beberapa cara mempercepat booting Windows 10. Semoga bermanfaat untuk Anda.