blogs - komputer

Cara Mempercepat Koneksi Internet Ini Wajib Diketahui

10 Oct 28, 2020
Cara Mempercepat Koneksi Internet Ini Wajib Diketahui

Saat ini, koneksi internet memang menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern. Tidak hanya digunakan untuk mencari sarana hiburan, koneksi internet juga banyak dimanfaatkan sebagai lahan pekerjaan bagi generasi milenial. Namun, kegiatan kerja Anda jadi terhambat karena koneksi internet yang lambat. Hal tersebut tentunya sangatlah menjengkelkan. Terlebih, jika Anda harus segera mengirimkan email penting. Namun, untungnya ada beberapa cara mempercepat koneksi internet yang sangat mudah untuk diikuti. Simak ulasan lebih lengkap berikut ini.

Flushing DNS 

Koneksi internet yang tidak stabil bisa saja disebabkan oleh adanya gangguan pada DNS. DNS bisa saja menyimpan terlalu banyak cache atau file sementara. Sehingga, hal tersebut pun mengakibatkan gangguan performa pada koneksi internet. Untuk mengatasinya, sangatlah mudah. Salah satu cara mempercepat koneksi internet adalah dengan melakukan flushing DNS. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Pertama-tama, Anda perlu membuka Command Prompt terlebih dahulu. Caranya dengan klik kanan dan pilih “Run as Administrator”
  • Selanjutnya, ketik ipconfig/flushdns pada kolom yang tersedia. Tekan “Enter” untuk meluncurkan perintah
  • Lalu, ketik ipconfig/renew. Tekan “Enter” sekali lagi
  • Tutup jendela Command Prompt, dan coba akses internet seperti biasa.

Ubah Pengaturan pada QoS

QoS merupakan salah satu komponen yang ditanamkan pada sistem OS Windows 8 ke atas. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri lebarnya jatah pita internet untuk kebutuhan Anda. Cara untuk mengaktifkan QoS adalah:

  • Klik “Start”, dan “Run . . .”. Pada kolom yang tersedia, ketik “gpedit.msc” (hilangkan tanda petik)
  • Pada pilihan “Local Computer Policy”, pilih opsi “Computer Configuration”, dan “Administrative Templates”
  • Selanjutnya, pilih “Network”, dan pilih “QoS Packet Scheduler”
  • Lakukan double click pada opsi “Limit Reservable Bandwidth”
  • Setelah itu, klik menu “Enable”. Masukkan nilai 0 pada kolom “bandwidth limit”
  • Tekan tombol “Apply”, dan nyalakan ulang komputer

Pilih Lokasi Modem dan Router yang Strategis

Wifi yang lemot juga bisa disebabkan oleh peletakan router dan modem yang kurang strategis. Koneksi internet bisa jadi melemah gara-gara sinyal Wifi yang tertahan oleh dinding atau pilar besi. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan lokasi yang sesuai sehingga koneksi Wifi bisa diakses di semua tempat di rumah. Ini terutama sangat penting jika Anda menjalankan usaha cafe kopi atau tempat tongkrongan untuk anak-anak muda. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah letakkan router pada tempat yang tidak terhalang oleh tembok. Anda bisa menempatkannya di atas lemari atau rak yang cukup tinggi. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan repeater. Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menangkap sinyal Wifi dan memancarkan sinyal tersebut kembali. Dengan menggunakan repeater, jangkauan sinyal Wifi di rumah atau tempat usaha Anda pun akan menjadi lebih luas. 

Hal penting lainnya yang harus Anda ingat adalah jangan meletakkan piranti yang memancarkan Bluetooth dekat dengan router dan laptop. Meletakkan perangkat elektronik seperti kulkas dan microwave juga tidak direkomendasikan. Karena, pancaran Bluetooth dan elektromagnetik yang dikeluarkan oleh perangkat elektronik dapat mengacaukan kinerja dari perangkat router tersebut. 

Cek Posisi dari Antena Router

Koneksi internet yang lambat juga bisa disebabkan oleh posisi antena router. Jadi, pastikan Anda mengecek posisi dari antena router Wifi terlebih dahulu. Sinyal Wifi menjadi lebih lemah jika posisi dari antena router miring. Sebaliknya, sinyal wifi akan terpancar lebih kuat dan merata jika router tersebut diposisikan secara tegak. Anda juga bisa menempelkan kertas aluminium foil pada pucuk router. Kertas aluminium foil dipercaya mampu meningkatkan kekuatan pancaran wifi. 

Meningkatkan Nilai IRPStackSize 

Cara mempercepat koneksi internet wifi lainnya adalah dengan meningkatkan nilai IRPStackSize. Secara default, nilai IRPStackSize adalah 15. Namun, Anda dapat meningkatkan nilai tersebut hingga mencapai 50. Tentunya, semakin tinggi nilai IRPStackSize, akan semakin lancar pula koneksi internet yang Anda dapat. Untuk meningkatkan nilai IRPStackSize, inilah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Pertama-tama, klik “Start”, dan “Run”
  • Selanjutnya, ketikkan “regedit” (tanpa tanda petik) untuk membuka fitur Registry Editor
  • Ketikkan lokasi:  HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/LanmanServices/Parameters
  • Lanjutkan dengan klik kanan pada file DWORD yang berjudul “IRPStackSize”. Tekan tombol “Modify”, dan input angka 50 
  • Klik tombol “OK”, dan tutup aplikasi Registry Editor
  • Lakukan Restart pada komputer atau laptop Anda. Barulah setelah itu Anda bisa mencoba mengakses internet seperti biasanya

Jangan Salah Memilih Kanal

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pengguna internet adalah pemilihan kanal yang kurang tepat. Kesalahan tersebut tentunya dapat mengakibatkan Anda berakhir dengan koneksi internet yang lambat. Terlebih lagi, jika Anda menggunakan fasilitas wifi umum, dimana sering terjadi tumpang tindih sinyal. Sinyal dari masing-masing router wifi pun akan mengganggu satu sama lain. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menggunakan koneksi kanal internet dengan penggunaan yang terendah.