blogs - komputer

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Windows 10

10 Oct 05, 2020
Cara Mempercepat Koneksi Wifi Windows 10

Internet kini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Menyadari hal tersebut, kini telah banyak ruang publik yang dilengkapi dengan WiFi di dalamnya, mulai dari kantor, sekolah, cafe, restoran, pusat perbelanjaan, hingga tempat wisata. Dibandingkan dengan menggunakan paket data, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan WiFi yang sudah ada. Sayangnya, WiFi yang ada di ruang publik seringkali lemot akibat banyaknya orang yang menggunakan jaringan yang sama. Jika hal ini terjadi, tentu akan sangat menyebalkan. Terlebih, jika Anda sedang sangat membutuhkan WiFi untuk mengerjakan deadline pekerjaan.

Untuk mengatasi kekesalan tersebut, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi Windows 10, lho. Caranya pun terbilang mudah dan bisa langsung Anda praktekkan pada perangkat PC atau laptop yang dimiliki. Berikut beberapa cara yang bisa Anda pilih.

Matikan Update Otomatis

Seperti yang Anda ketahui, setiap PC atau laptop yang menggunakan Windows 10 akan dilengkapi dengan fitur update otomatis. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan bekerja secara otomatis dalam melakukan update atau pembaharuan pada sistem yang ada pada PC Anda. Update otomatis ini dilakukan untuk melindungi sistem dari kemungkinan serangan dari virus. Proses update otomatis ini baru akan terjadi jika PC dalam kondisi terkoneksi dengan internet. Secara tidak langsung, proses update ini akan memperlambat kecepatan koneksi Wifi.

Mematikan update otomatis bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk membuat koneksi WiFi menjadi lebih cepat. Untuk bisa mematikan fitur ini, Anda perlu masuk ke bagian “Control Panel” dan mengetikkan “Administrative Tools” pada menu pencarian. Kemudian pilih menu “Service” -> “Windows Update”. Klik “Windows Update” dua kali dan Anda akan diarahkan ke “Windows Update Properties”. Ketika melihat menu “Service Status:Running”, klik “Stop” untuk mematikan fitur update otomatis. Sebelum kembali mengakses internet, restart PC Anda terlebih dahulu.

Lakukan Network Reset dan Flushing DNS

Permasalahan koneksi internet yang tidak stabil bisa Anda atasi dengan cara yang satu ini. Cara melakukan network reset ini terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu mereset cache pada bagian DNS client yang digunakan sebagai tempat menyamarkan informasi. Proses reset ini akan membuat beberapa perubahan pada bagian name server, domain, hingga DNS dengan data baru. Proses network reset ini bisa dilakukan dengan membuka Command Prompt dan memilih Run As Administrator setelah mengklik kanan. Ketikkan “ipconfig /flushdns” dan pencet enter. Jika sudah, lakukan hal yang sama dan ketikkan “ipconfig /renew”. Tutup kembali Command Prompt dan rasakan perubahan saat mengakses internet.

Matikan Autotuning

Autotuning merupakan salah satu fitur yang hanya bisa Anda temukan pada sistem operasi Windows 10. Fitur yang satu ini bertugas untuk menaikkan performa pada beberapa program yang berasal dari TCP. Secara otomatis, fitur satu ini akan melakukan pembaharuan setiap kali PC atau laptop Anda sedang terkoneksi dengan jaringan internet. Umumnya, fitur WIndows Autotuning ini akan aktif secara default. Dengan aktifnya fitur ini, dapat membuat jaringan internet bekerja dengan lebih keras. Sehingga untuk membuat jaringan internet lebih cepat, Anda perlu mematikan fitur yang satu ini.

Proses mematikan fitur Windows Autotuning ini terbilang mudah, dan tidak jauh berbeda dari cara sebelumnya. Di mana Anda hanya perlu membuka Command Prompt dan mengetik “netsh interface tcp show global” lalu tekan enter. Jika sudah, secara otomatis akan langsung muncul tampilan TCP Global Parameter. Cek apakah fitur Windows Autotuning dalam kondisi aktif atau tidak. Jika aktif, Anda bisa mematikannya dengan mengetik “netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled”. Secara otomatis, fitur Autotuning ini berhasil Anda matikan.

Atur Batasan Bandwidth

Setiap laptop umumnya akan memiliki bandwith kurang lebih 20% untuk sistem operasi. Barulah sisanya bisa Anda gunakan untuk mengakses internet. Untuk membuat koneksi WiFi menjadi lebih kencang dari sebelumnya, Anda perlu mengatur batasan bandwidth internet dan membuatnya menjadi 100% saat digunakan untuk mengakses internet. Proses pengubahan batasan bandwith ini terbilang mudah dan bisa Anda coba.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni membuka program “Run” dan mengetik “gpedit.msc”. Kemudian Anda akan langsung diarahkan ke Computer Configuration. Carilah menu yang bertuliskan “Administrative Templates” dan klik. Kemudian pilih “Network” -> “Qos Packet” -> “Limit Reservable Bandwidth”. Untuk mengubah batasan bandwidth, Anda perlu memilih “enable”. Kemudian atur “bandwidth limit” untuk membuat jaringan internet lebih kencang. Jika sebelumnya tercantum angka 80, Anda bisa langsung mengubahnya menjadi angka 0. Dengan begitu, nantinya Anda bisa menjelajahi dunia maya dengan lebih kencang. Jangan lupa untuk klik “apply” agar perubahan batasan bandwidth tersimpan.

Itu tadi keempat cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat koneksi Wifi pada sistem operasi Windows 10. Setiap kali akses internet Anda terasa lemot, lakukan satu diantara keempat cara di atas, ya!