blogs - aplikasi

Cara Mendownload Video dari Facebook Mudah dan Cepat

10 Sep 14, 2020
Cara Mendownload Video dari Facebook Mudah dan Cepat

Dibandingkan dengan media sosial yang lain, Facebook menjadi media sosial yang paling populer hingga saat ini. Tidak hanya digunakan oleh anak-anak saja, remaja hingga orang dewasa juga begitu aktif menggunakan Facebook. Sehingga tidak mengherankan jika jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai angka lebih dari 120 juta. Unggahan yang bisa dibagikan melalui media sosial ini terbilang beragam, mulai dari tulisan, foto, hingga video sekalipun. Tidak sedikit video yang dibagikan di laman Facebook begitu menghibur dan membuat penggunanya ingin membagikan video tersebut di media sosial yang lain. Jika Anda juga ingin melakukan hal tersebut, tentu Anda perlu terlebih dahulu mengunduh video yang ada di Facebook. Berikut beberapa cara mendownload video dari Facebook yang bisa Anda coba.

Cara Mendownload Video Melalui Aplikasi Android

Bagi pengguna Android, mendownload video di Facebook bisa dilakukan menggunakan aplikasi khusus yang tersedia di Google Play Store. Salah satunya yakni aplikasi Video Downloader for Facebook yang dikembangkan oleh Hekaji Media. Aplikasi yang telah dirilis pada Juli 2018 ini akan memudahkan proses download video di laman Facebook. Proses pengunduhan menggunakan aplikasi ini terbilang sangat mudah dan praktis. 

Setelah melakukan proses pengunduhan aplikasi, Anda bisa langsung melakukan proses login Facebook pada aplikasi tersebut. Masukkan email dan kata sandi untuk bisa memasuki akun Facebook Anda. Saat berhasil melakukan proses pengunduhan, Anda bisa langsung mengunduh setiap video yang ada di Facebook. Video yang telah didownload akan langsung tersimpan di dalam galeri smartphone Anda.

Meski harus melalui proses pengunduhan terlebih dahulu, aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis dan hanya mengandalkan jaringan internet saja. Sekian Video Downloader for Facebook, masih banyak aplikasi pengunduhan video FB lainnya yang bisa Anda pilih. Diantaranya seperti Video Downloader for Facebook by Inshot, MyVideoDownloader for Facebook, dan masih banyak lagi. Agar mendapatkan pengalaman pengunduhan video yang mudah dan cepat, pilih aplikasi dengan reputasi yang paling baik.

Cara Mendownload Video Tanpa Aplikasi 

Selain bisa dilakukan melalui aplikasi Android, Anda juga bisa melakukan proses mendownload video Facebook tanpa menggunakan aplikasi. Hal ini bisa dilakukan oleh Anda yang enggan menambah deretan aplikasi di smartphone. Meski tidak menggunakan aplikasi, proses mendownload video juga akan berlangsung dengan mudah. Di mana Anda melakukan proses pengunduhan dengan mengunjungi situs video di internet, seperti in.savefrom.net, dreDown.com, dan fbdown.net.

Ketiga situs tersebut memiliki proses pengunduhan yang tidak jauh berbeda. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni memilih mana video yang akan diunduh. Jika sudah, klik tombol titik tiga di bagian pojok kanan video dan pilih menu copy link atau salin tautan. Link yang telah Anda salin tersebut nantinya perlu ditempel atau paste di situs video yang Anda pilih. Jika terdapat beberapa pilihan resolusi, pilih yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Setelah mengklik tombol download, video Facebook pilihan Anda akan langsung tersimpan.

Cara mendownload video melalui situs video ini juga berlaku pada media sosial lainnya, baik itu Instagram, Twitter, hingga YouTube sekalipun. Selain bisa dilakukan smartphone, proses pengunduhan video Facebook yang satu ini juga bisa dilakukan melalui laptop maupun PC.

Cara Mendownload Video Melalui Facebook Lite

Facebook menjadi salah satu aplikasi yang juga hadir dalam versi lite. Berbeda dengan aplikasi Facebook yang biasa, versi lite ini memiliki kapasitas memori yang lebih kecil sehingga membuat kapasitas memori internal Anda tidak akan cepat penuh. Di sisi lain, penggunaan Facebook Lite juga bisa lebih menghemat kuota data yang Anda miliki. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa tidak jarang pengguna Facebook lebih memilih mengunduh Facebook dalam versi lite.

Meski hadir dengan versi yang lebih ramah kuota, fitur yang ada di Facebook Lite tidaklah jauh berbeda dengan aplikasi aslinya. Pengguna masih bisa mengakses berbagai konten yang dibagikan pengguna lain hingga melakukan update status. Mengunduh video juga bisa Anda lakukan melalui aplikasi ini. Di mana cara yang bisa Anda terapkan yakni proses pengunduhan tanpa aplikasi. Anda hanya perlu menyalin tautan video yang ingin diunduh dan ditempel pada situs video internet yang telah disebutkan sebelumnya.

Itu tadi ketiga cara mendownload video dari Facebook yang bisa Anda terapkan. Dengan mengetahui cara ini, Anda tidak perlu lagi kebingungan setiap kali akan melakukan pengunduhan video pada laman Facebook. Selain membantu Anda saat ingin membagikan video ke media sosial lain, cara ini juga bisa dilakukan jika Anda ingin membagikan video di Facebook tanpa menyertakan akun Facebook di penyebar video. Sangat mudah, bukan? Pastikan Anda menerapkan salah satu cara di atas.