blogs - komputer

Cara Mengatasi PC Menjadi Lemot Setelah Windows 10 di Update

10 Mar 01, 2021
Cara Mengatasi PC Menjadi Lemot Setelah Windows 10 di Update

Seperti halnya seri-seri sebelumnya, operating system untuk perangkat PC atau laptop besutan Microsoft paling baru, yaitu Windows 10 juga selalu mendapatkan pembaruan sistem atau system update. Tujuan dari update ini sendiri adalah sebagai pertahanan terhadap konten berbahaya atau virus yang selalu muncul, terutama ketika perangkat terhubung dengan internet.

Hanya saja, satu hal yang banyak dikeluhkan para pengguna Windows 10 adalah setiap kali update berjalan, maka perangkat akan menjadi lambat. Bahkan tidak jarang pula setelah update dilakukan pun, perangkat komputer atau laptop tetap melambat kinerjanya. 

Nah, untuk dapat membuat performa perangkat tetap prima setelah Windows 10 update, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, termasuk salah satunya adalah dengan meng-uninstal update tersebut kembali.

Roll Back Windows 10 Update-nya

Apabila Anda sangat yakin bahwa performa perangkat menjadi lambat setelah Windows 10 update, maka bersegeralah untuk melakukan roll back atau mengembalikan sistem ke posisi sebelum dilakukan pembaruan. Untuk melakukannya, Anda tidak perlu menginstal software apapun, hanya saja ada beberapa hal yang wajib dilakukan.

Pertama-tama masuklah ke Windows Settings dari Start Menu, kemudian pilihlah Update & Security. Setelah itu, klik Windows Update dan View Update History. Langkah selanjutnya adalah klik Uninstall Updates dan klik kanan pada Update for Microsoft Windows.

Memperbaiki File yang Rusak

Cara kedua adalah dengan mencoba memperbaiki file-file yang rusak atau korup. Metode ini juga sangat membantu untuk mengembalikan performa dan kecepatan dari perangkat. File rusak atau korup tersebut muncul karena setiap kali update dilakukan dan kemudian terhenti mendadak saat proses berjalan karena sesuatu hal. Hal itulah yang membuat sistem menjadi tidak dapat bekerja secara optimal karena ada beberapa bagian darinya yang rusak atau korup yang disebabkan pembaruan yang tidak selesai dan terhenti.

Untuk melakukan perbaikan file-file yang rusak atau korup, pertama-tama Anda dapat mengakses Command Prompt terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa, jangan membuka Command Prompt sebagai User, melainkan Administrator. Setelah itu, pada layar Command Prompt akan tertulis C:WINDOWSsystem32>. Kemudian tambahkan setelah “>” sfc  /scannow. Contoh C:WINDOWSsystem32>sfc /scannow lalu Enter.

Setelah itu, sistem akan bekerja secara otomati dan tunggu sampai prosesnya selesai atau 100 persen. Ketika sudah 100 persen, tutup Command Prompt tersebut dan restart perangkat. Pada umumnya, saat proses berlangsung sampai selesai, semua file yang rusak atau korup akan otomatis diperbaiki.

Jalankan DISM Command

Apabila dengan metode perbaikan file gagal, maka Anda dapat melakukan metode lainnya, yaitu menjalankan DISM Command. Metode satu ini sangat populer dan menjadi cara paling ampuh dibandingkan System File Checker. Berikut caranya.

Seperti halnya proses awal memperbaiki file yang rusak atau korup, buka Command Prompt sebagai Administrator. Kemudian ketik DISM /Online /Cleanup-Image /CheckHealth lalu tekan Enter. Selain cara tersebut, Anda dapat melakukan metode yang lebih canggih lagi, yaitu dengan mengetikkan Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth kemudian Enter.

Setelah semua masalah dapat diketahui atau terdeteksi, ketika lagi Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth di Command Prompt dan tekan Enter. Langkah selanjutnya adalah merestart perangkat, lalu jalankan proses pemindaian dan perbaikan file rusak atau korup sekali lagi.

Selamat mencoba!

Artikel lain yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya: