blogs - media sosial

Ini Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak

10 Nov 18, 2020
Ini Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak

Facebook, atau yang lebih dikenal dengan singkatan FB, adalah platform media sosial dengan base pengguna yang sangat luas. Tidak hanya di mancanegara saja, pengguna FB pun bertebaran di seluruh penjuru Indonesia. Dengan menggunakan platform ini, Anda dapat terhubung dengan teman-teman lama maupun memulai pertemanan dengan teman-teman baru dari seluruh dunia. Hanya saja, terlepas dari sistem keamanan yang ketat dari platform ini, tetap saja ada beberapa akun FB yang dihack atau dibajak. 

Ini tentunya sangatlah merugikan. Karena, pihak pembajak bisa saja memposting konten yang dilarang sehingga mengakibatkan akun Anda dimatikan oleh pihak Facebook. Namun, jangan berputus asa. Karena, berikut adalah cara mengembalikan akun FB yang dibajak untuk Anda coba.

1. Cara Mengembalikan Akun FB Lewat Email atau Nomor Handphone

Cara mengembalikan akun FB yang dibajak ini hanya bisa dilakukan jika akun FB Anda terhubung dengan alamat email atau nomor handphone. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama-tama, kunjungi situs Facebook terlebih dulu
  • Pada laman login, klik link “Lupa Akun”. Nantinya, laman berisi formulir email akan muncul
  • Isi kolom yang tersedia dengan alamat email yang Anda gunakan pertama kali saat mendaftar di FB. Anda juga bisa menuliskan nomor handphone, apabila Anda mendaftarkan akun Facebook lewat nomor ponsel. 
  • Nantinya, Anda akan diarahkan ke laman untuk membuat kata sandi baru. Anda bisa memilih opsi untuk mengganti kata sandi pada alamat email. Email instruksi penggantian kata sandi pun akan dikirimkan lewat email. Dari situ, Anda bisa mengganti password FB dengan yang baru. Bagi Anda yang menggunakan nomor handphone, maka pengubahan kata sandi yang baru akan dikirim melalui pesan SMS.

 

2. Cara Mengembalikan Akun FB Lewat Kontak Terpercaya

Facebook juga punya fitur Kontak Terpercaya yang bisa Anda andalkan seandainya sewaktu-waktu akun FB dibajak. Cara ini akan sangat berguna seandainya pihak hacker sudah terlanjur mengambil alih akun FB dan alamat email Anda. Berikut adalah ulasan langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs Facebook, dan klik link “Lupa Akun”
  • Setelah itu, klik link “Tidak Punya Akses ke Sini Lagi?” yang berlokasi di bawah tombol “Bukan Akun Saya”
  • Nanti, Anda akan diarahkan ke laman baru berisi 2 kolom. Anda dapat memilih untuk memasukkan nomor handphone atau alamat email baru yang bisa Anda akses. Setelah itu, klik “Lanjutkan”
  • Setelah itu, Anda dapat meminta 3 kontak terpercaya untuk mengunjungi situs https://www.facebook.com/recover. Nantinya, teman Anda akan dikirimi kode oleh Facebook. Gunakan kode tersebut untuk mengambil alih kembali akun FB Anda. 

Demikianlah beberapa cara mengembalikan akun FB yang dibajak. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!