blogs - aplikasi

Cara Mengganti Nada Dering WA Agar Tak Membosankan

10 Oct 20, 2020
Cara Mengganti Nada Dering WA Agar Tak Membosankan

Setiap kali muncul notifikasi berupa pesan atau panggilan telepon, WA akan secara otomatis membunyikan nada dering yang sudah diatur secara default. Jadi, tidak heran jika nada dering pengguna WA yang satu dengan lainnya akan sama. Bukan tidak mungkin, Anda akan salah mengartikan nada dering dari WA yang berbunyi. Untuk menghindari terjadinya hal ini, Anda sebaiknya mengganti nada dering WA agar tidak sama dengan pengguna lainnya. Bagaimana caranya? Simak caranya berikut..

Mengganti Nada Dering Secara Umum

Cara mengganti nada dering WA terbilang sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengaturnya melalui menu "Settings" dengan menekan simbol tiga baris yang ada di pojok kanan atas. Klik menu "Notifications" untuk mengatur seluruh nada dering WA, ada beberapa opsi yang bisa Anda atur. Mulai dari "Message Notifications", "Group Notification", dan yang terakhir "Call Notifications".

Atur masing-masing notifikasi sesuai dengan nada dering yang Anda inginkan. Selain tersedia pilihan nada dering yang ada di aplikasi, Anda juga bisa mengubah nada dering sesuai dengan musik atau lagu yang ada di galeri musik Anda. Tinggal tekan "Ok", nada dering Anda akan secara otomatis berubah. Mudah, bukan?

Mengganti Nada Dering Khusus

Cara yang telah disebutkan sebelumnya berlaku bagi Anda yang ingin mengganti nada dering secara umum. Di mana setiap notifikasi pesan akan memiliki nada dering yang sama. Namun, WhatsApp juga menawarkan fitur spesial bagi Anda yang memang ingin menggunakan nada dering khusus untuk orang-orang tertentu.

Fitur spesial ini membuat Anda bisa membedakan mana pesan yang dikirim dari orang spesial dan yang bukan. Cara mengatur nada dering khusus ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu menekan profil dari pengguna WhatsApp yang ingin Anda ubah nada deringnya. Di bagian bawah foto, akan tertulis opsi "Notifikasi Khusus". Pada menu inilah Anda bisa mengganti nada dering khusus untuk orang yang Anda anggap penting atau spesial.

Itu tadi dua cara mengganti nada dering WA yang bisa Anda terapkan. Dengan melakukan perubahan nada dering, kini nada dering pesan maupun telepon di WA akan lebih mudah dikenali karena berbeda dari pengguna lainnya.