blogs - komputer

Ini Dia Cara Menghapus Pencarian di Google

10 Sep 14, 2020
Ini Dia Cara Menghapus Pencarian di Google

Google menjadi mesin pencari yang paling populer bagi masyarakat dunia maya. Saat ingin mencari tahu sebuah berita atau informasi secara mendetail, Anda hanya tinggal mengetikkan kata kunci tersebut di Google. Secara otomatis, semua artikel yang berhubungan dengan kata kunci Anda  akan langsung muncul. Setiap kata kunci yang pernah Anda telusuri akan tersimpan secara otomatis di bagian history pencarian. Hal ini bisa jadi menguntungkan dan merugikan tergantung dari apa yang Anda telusuri. Jika Anda melakukan pencarian pada kata kunci sensitif menggunakan PC yang bersifat publik, tentu hal ini tidak menguntungkan. Untuk mengatasinya, berikut cara menghapus pencarian di Google yang bisa Anda terapkan.

Menghapus Seluruh Aktivitas

Ingin menghapus pencarian selama kurun waktu tertentu? Cara satu ini bisa Anda jadikan pilihan. Melalui metode ini, Anda tidak perlu menghapus riwayat pencarian satu per satu. Berikut langkah yang perlu Anda lakukan.

  • Setelah memastikan bahwa akun Google yang tersinkronisasi merupakan milik Anda, Anda bisa langsung menuju laman Google.co.id.
  • Pilih menu "Settings" yang berada di bagian sisi bawah. Diantara beberapa pilihan menu yang muncul, klik "Search activity". Langkah ini membuat Anda langsung menuju ke Google My Activity.
  • Kemudian tersedia beberapa pilihan menu di bagian kiri, pilih menu "Deleting activity by" yang berada di baris ketiga.
  • Atur periode riwayat yang ingin dihapus melalui beberapa pilihan yang tersedia. Tersedia juga pilihan untuk selalu menghapus seluruh aktivitas pencarian yang Anda lakukan.
  • Setelah menentukan periode tertentu, riwayat pencarian Anda secara otomatis akan terhapus.

Hapus Kata Kunci Terpilih

Jika Anda hanya ingin menghapus beberapa history pencarian saja, cara yang satu ini bisa Anda jadikan pilihan. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Buka aplikasi Google Search yang ada di smartphone atau PC
  • Pada bagian kolom pencarian, akan secara otomatis muncul berbagai macam kata kunci yang baru saja Anda telusuri.
  • Saat menemukan kata kunci yang ingin dihapus, tahan kata kunci tersebut hingga muncul sebuah notifikasi pop up.
  • Jika sudah yakin untuk menghapusnya, klik opsi "Delete" dan riwayat pencarian tersebut akan otomatis hilang.
  • Cara ini akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan PC. Pasalnya, setiap kata kunci yang muncul akan dilengkapi dengan kata "remove" di bagian kanan. Klik kata tersebut untuk menghapus kata kunci.

Kedua cara yang telah disebutkan di atas bisa Anda pilih saat ingin menghapus riwayat pencarian di mesin pencari Google. Cara yang sangat mudah dan cepat untuk dipraktekkan, bukan? Kini Anda tak perlu lagi khawatir sekalipun mengakses konten sensitif di perangkat orang lain.