blogs - aplikasi

Cara Mengubah Font WhatsApp Tanpa Menggunakan Aplikasi

10 Oct 31, 2020
Cara Mengubah Font WhatsApp Tanpa Menggunakan Aplikasi

WA, atau Whatsapp, merupakan layanan pengiriman pesan yang semakin marak digunakan oleh seluruh warga dunia. Bahkan, pengguna Whatsapp sangatlah melimpah di Indonesia. Bisa dibilang, fungsi Whatsapp sudah menggeser fungsi SMS sepenuhnya. Anda tidak hanya dapat berkirim pesan dan melakukan panggilan secara gratis, WA ternyata juga menyediakan berbagai macam fitur untuk membuat aktivitas chatting Anda menjadi lebih berwarna. Salah satunya adalah fitur pengubah font. Anda tidak perlu khawatir, karena cara mengubah font wa sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus mengunduh software. Simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini:

Mengganti Ukuran Font Whatsapp

  • Pertama-tama, buka aplikasi Whatsapp lewat perangkat smartphone Anda
  • Klik ikon tiga titik vertikal yang berada di ujung jendela aplikasi. Pilih menu “Opsi Lainnya”
  • Selanjutnya, pilih “Setelan”, dan “Chat”
  • Klik opsi “Ukuran Font”. Di situ, Anda dapat memilih sendiri ukuran font yang diinginkan. Untuk pilihan yang tersedia adalah: kecil, medium, dan besar. 

Mengganti Font Menjadi Huruf Tebal (Bold)

Jenis font tebal atau “bold” biasanya digunakan untuk menekankan sebuah kata. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menambahkan tanda baca asterisk (*) di kedua sisi kata. Misalnya, Anda ingin mengetikkan kata “saya” dengan huruf tebal di Whatsapp. Caranya, cukup ketik *saya* pada kolom chat. Saat Anda menekan spasi, biasanya huruf tersebut akan berubah menjadi tebal. 

Mengganti Font Menjadi Huruf Miring (Italic)

Bagaimana jika Anda ingin menambahkan bentuk huruf miring atau italic lewat Whatsapp? Caranya pun sangat sederhana. Untuk memberikan efek italic pada huruf yang diinginkan, cukup ketikkan tanda baca garis bawah atau underscore ( _ ) pada kedua sisi kata. Contohnya, Anda ingin mengetikkan kata “caviar” dan membubuhkan efek italic. Maka, cukup ketikkan _caviar_, dan berikan spasi. Sama seperti huruf bold, efek tulisan ini baru akan muncul ketika Anda memberikan spasi untuk kalimat berikutnya.

Mengganti Font Menjadi Strikethrough (Huruf dicoret)

Untuk memberikan variasi baru terhadap gaya penulisan Anda saat chatting di aplikasi Whatsapp, gaya font ini bisa dicoba. Strikethrough biasanya digunakan saat Anda ingin menekankan kata-kata yang salah dan benar sebagai perbandingan. Untuk memunculkan efek ini, Anda hanya perlu mengetikkan tanda baca ‘tilde’ atau (~) pada kedua sisi teks. Misalnya, untuk memberikan efek strike through pada kata Angela. Maka, Anda perlu mengetikkan ~Angela~. 

Cara Mengubah Jenis Font

Kadang-kadang Anda ingin membuat chat wa jadi terasa lebih variatif. Untuk itu, Anda ingin menambahkan jenis font yang berbeda. Salah satu cara mengubah font wa yang dapat Anda praktekkan tanpa harus menginstall aplikasi adalah dengan menggunakan font generator. Font generator seperti Fonts for Instagram bisa Anda gunakan untuk mendapatkan variasi font yang menarik. Walaupun diperuntukkan untuk Instagram, Anda juga bisa menggunakan font generator ini pada perangkat Whatsapp. Caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunjungi tautan ini. Selanjutnya, masukkan kata-kata yang Anda inginkan ke dalam kolom kosong yang tersedia. Klik “Enter”, dan secara otomatis situs tersebut akan memunculkan kalimat yang Anda ketikkan ke dalam berbagai bentuk pilihan font. Anda hanya perlu klik font yang diinginkan. Secara otomatis, font tersebut akan tersalin. Anda pun dapat memindahkannya pada kolom chat Whatsapp.

Gunakan Aplikasi Font for Whatsapp

Jika Anda ingin mengubah tampilan font wa namun enggan melakukan copy-paste seperti cara di atas, maka satu-satunya cara adalah dengan menginstall aplikasi “Font for Whatsapp”. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut lewat Google PlayStore secara gratis. Berikut adalah cara mengubah font wa dengan menggunakan aplikasi ini.

  1. Pertama-tama, cari dan unduh aplikasi “Font for Whatsapp” di Google PlayStore
  2. Buka aplikasi dan masukkan teks yang ingin Anda kirimkan ke dalam kolom yang tersedia
  3. Pilih style dan warna font yang Anda inginkan 
  4. Aplikasi tersebut akan langsung menampilkan teks dalam style font serta warna yang sudah Anda atur
  5. Salin hasil font tersebut dan tutup aplikasi
  6. Selanjutnya, buka aplikasi Whatsapp. Klik kontak yang akan Anda kirim pesan teks tersebut
  7. Tempelkan pesan yang sudah Anda salin tadi ke dalam chatbox yang tersedia
  8. Selanjutnya, tekan “Enter” atau tombol “Send” untuk mengirimkan pesan tersebut 

Demikianlah beberapa cara mengubah font WA yang menarik untuk diketahui. Jika Anda ingin berkreasi lebih, terdapat banyak sekali aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan. Aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk mengubah setting font Whatsapp sehingga membuat tampilan teks jadi terlihat lebih unik. Tentu saja, pastikan perangkat smartphone Anda memiliki kapasitas yang cukup untuk mengakomodasi aplikasi tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba!