blogs - aplikasi

Cara Mengunci WA Agar Percakapan Rahasia Lebih Aman

10 Oct 13, 2020
Cara Mengunci WA Agar Percakapan Rahasia Lebih Aman

Sebagai aplikasi pengiriman pesan yang dibuka setiap hari, tentu akan banyak pesan penting yang ada di dalam aplikasi WhatsApp. Hal ini membuat beberapa pengguna memilih untuk mengunci aplikasi WA yang dimiliki. Dengan dikuncinya aplikasi WA, Anda bisa merasa lebih tenang, sekalipun saat meninggalkan hp di meja. Pasalnya, hanya Anda dan orang yang mengetahui passwordnya saja yang bisa membuka WA dan membaca pesan di dalamnya. Lantas, bagaimana cara mengunci WA? Bagi Anda yang belum mengetahui, simak beberapa cara berikut.

Fitur Touch ID atau Sidik Jari di Aplikasi

Fitur Touch ID kini sudah bisa Anda temukan pada aplikasi WhatsApp yang terbaru. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunci aplikasi dan hanya bisa membukanya menggunakan sidik jari. Cara ini sama persis seperti halnya fitur Touch ID yang Anda gunakan saat membuka smartphone.

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu menuju ke menu "Setting" dengan klik simbol titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian pilih "Account" dan klik "Privacy". Scroll ke arah bawah, maka Anda akan langsung menemukan opsi kunci sidik jari. Aktifkan kunci ini dan atur berapa jangka waktu aplikasi terkunci setelah WA tertutup. Sekalipun fitur keamanan ini dalam keadaan aktif, Anda masih bisa melihat setiap notifikasi pesan baru yang muncul. 

Menggunakan Aplikasi App Lock di Hp

Beberapa hp berbasis Android saat ini telah dilengkapi dengan aplikasi App Lock bawaan. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memudahkan Anda dalam mengunci setiap aplikasi yang telah terunduh, tidak terkecuali dengan aplikasi WhatsApp itu sendiri. Cara menggunakan aplikasi bawaan ini terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu memilih mana jenis aplikasi yang akan dikunci. Pilihan metode penguncian pun juga beragam, mulai dari pola hingga password berupa sandi.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain kedua cara di atas, mengunci aplikasi WA juga bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh di Google Play Store. Jika Anda memilih menggunakan cara ini, pastikan Anda memilih aplikasi dengan rating yang tinggi, ya. Dengan begitu tingkat keamanan aplikasi bisa lebih terjamin.

Bagaimana, terbilang sangat mudah bukan proses pengundian aplikasi WA? Segera praktekkan satu diantara ketiga cara di atas agar privasi Anda bisa lebih terjaga!