blogs - media sosial

Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

10 Jan 26, 2021
Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

Bermula hanya sebagai media sharing foto dengan tambahan filter-filter menarik di dalamnya, sekarang ini Instagram juga digunakan oleh para pelaku usaha untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Hal itu dikarenakan Instagram sekarang ini duduk sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia dengan pengguna yang sangat banyak.

Ketika harus menggunakan Instagram sebagai salah satu media penjaring potensial konsumen atau pelanggan, maka yang harus diperhatikan adalah tetap menjaga kestabilan sisi engagement. Bahkan disarankan pula untuk terus dapat meningkatkannya agar loyalitas pelanggan dapat ikut naik dan juga secara tidak langsung dapat membantu penyebaran informasi terkait dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan engagement di Instagram.

Merancang Akun

Jika Anda menjalankan bisnis atau merek pribadi, tentu saja sangat tidak disarankan untuk menggunakan akun Instagram pribadi. Buatlah yang baru dan alihkan statusnya dari Private ke Business. Ini akan memberi Anda lebih banyak kendali atas akun Instagram tersebut. Selain itu, dengan beralih ke mode bisnis, maka Anda akan mendapatkan banyak tools analitik yang berguna sebagai parameter yang mana datanya dapat digunakan untuk merancang strategi marketing.

Setelah membuat akun bisnis di Instagram, maka langkah selanjutnya adalah mengoptimasinya dengan memberikan informasi di bagian profil, termasuk nomor telepon atau email yang dapat dihubungi. 

Hashtag

Anda mungkin pernah mendengar bahwa hashtag itu penting ketika mulai ‘bermain’ di platform sosial media. Hanya saja, mayoritas marketer atau pemilik usaha tidak ada yang menggunakannya secara efektif. Algoritma Instagram dibuat berdasarkan data dan pertumbuhan pengikut tersebut juga berdasarkan seberapa bagus dan efektif pemilik akun dalam menggunakan tagar. 

Ada banyak tools-tools sampai dengan layanan via website yang dapat Anda gunakan untuk mencari dan mendapatkan hashtag ideal dan tepat untuk produk yang Anda tawarkan. Untuk masalah jumlahnya, Anda dapat memasang 9 sampai 11 tagar sekaligus. Akan tetapi apabila terlalu banyak maka akan dianggap sebagai spam.

Untuk menggunakan hashtag yang tepat, Anda harus memilih tagar yang relevan dengan unggahan atau produk yang ditawarkan. Jangan melebar hanya karena ingin jangkauannya lebih luas karena hal tersebut akan menjadi bias nantinya.

Geotagging

Jika Anda menjalankan bisnis yang beroperasi di area tertentu, maka pastikan Anda memanfaatkan layanan Geotagging di Instagram. Sebagian besar perusahaan akan beroperasi di lokasi tertentu, jadi jika Anda ingin ditemukan oleh pengikut baru di area tersebut, sangat penting untuk menggunakan geotag.

Geotagging menunjukkan kepada setiap pengguna Instagram terkait dengan posisi tempat bisnis, kategori bisnis, jam operasi, situs web sampai dengan nomor telepon usaha Anda. Dengan memberikan informasi secara mendetail kepada pengguna maka akan meningkatkan engagement secara otomatis. 

Belajar dari Kompetitor

Apakah Instagram perusahaan kompetitor Anda lebih bagus dan menarik? Tidak perlu kecil hati apalagi iri dan marah, justru hal tersebut sangat bagus untuk dapat digunakan sebagai parameter serta bahan untuk ditiru. Anda juga dapat meniru strategi pembuatannya sampai dengan mengadopsi model penataan desain Instagramnya. 

Seiring waktu, Anda dapat mulai membuat strategi pemasaran di Instagram sendiri untuk menjaring lebih banyak pelanggan. Namun, pada awalnya, mempelajari sebanyak yang Anda bisa dari praktik terbaik pesaing adalah suatu hal yang sangat bermanfaat.

Like, Comment dan Respond

Jika Anda ingin engagement lebih tinggi, maka cara paling mudah adalah dengan terjun langsung dan terlibat dalam interaksi. Caranya adalah dengan memberikan like ke komentar yang bernilai positif, berikan komentar balasan dan juga respon yang bagus. Dengan Anda melakukan hal-hal tersebut, maka akan ada keterikatan antara Anda sebagai pemilik usaha atau sebagai marketer dengan para pelanggan secara langsung.

Jangan takut untuk bertindak seperti normalnya Anda berkomunikasi atau berinteraksi seperti menggunakan akun pribadi sendiri. Tanggapi dengan santai dan gunakan bahasa yang mudah dicerna. Banyak pelanggan yang lebih tertarik jika ada interaksi 2 pihak dan terkesan asli atau tidak dibuat-buat.

Pasang Insta Story

Insta Story sekarang ini telah menjadi salah satu bagian penting di Instagram. Banyak orang yang menggunakannya untuk mengunggah video terkait dengan sesuatu dalam format visual. Terlebih lagi, Insta Story lebih dari hanya sekadar unggahan biasa saja dan memiliki pengaruh cukup besar untuk dapat meningkatkan engagement.

Konsistensi

Konsisten dengan kualitas dan jumlah postingan yang dilakukan, itu adalah hal yang bagus untuk diteruskan. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa memposting di Instagram sekali atau dua kali sehari dapat meningkatkan engagement suatu akun. 

Dalam gambaran besar dan sederhananya dapat dijelaskan seperti ini ketika Anda sering mengunggah suatu konten ke Instagram dalam jumlah dan kualitas yang bagus, maka pengikut Instagram Anda akan terus mengamati dan menunggu kapan dan apa yang bakal diposting selanjutnya. Ketika para follower sudah terbiasa dan kemudian Anda menghilang atau menjadi angin-anginan, maka kemungkinan untuk unfollow pun semakin besar pula.

Balas DM dengan Segera

Tips terakhir adalah kemampuan Anda untuk menanggapi dan membalas Direct Message (DM) dengan sesegera mungkin ketika ada yang mengirimkan. Dengan melakukan hal tersebut, maka follower atau pelanggan dapat merasakan bahwa mereka diistimewakan dengan langsung mendapatkan jawaban atau respon cepat dari Anda sebagai marketer atau pemilik usaha.

Selain Anda harus membalas dengan cepat, Anda juga dapat memulai mengirimkan pesan langsung tersebut untuk mempromosikan produk baru atau menginformasikan segala hal yang terkait dengan layanan yang ditawarkan. Walaupun tidak menjamin semua akan membalas DM tersebut, akan tetapi setidaknya mereka akan melihat dan mengingat hal yang Anda kirimkan itu

Artikel menarik lainnya yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya: