event

Cara Menjangkau Pasar Lokal Anda Di Indonesia Dengan Aarki

1 Oct 15, 2021
Cara Menjangkau Pasar Lokal Anda Di Indonesia Dengan Aarki

Evolusi programmatic advertising terus berlanjut di kawasan Asia Pasifik. Menurut MAGNA, Asia Pasifik tetap menjadi pasar iklan global terbesar kedua setelah Amerika Utara dengan pertumbuhan +13% pada tahun 2021, terlepas dari tantangan pandemi COVID-19.

 

Indonesia adalah salah satu pasar terbesar di kawasan APAC dalam hal mobile programmatic. Menurut data terbaru eMarketer, terdapat sekitar 89,8 juta pengguna smartphone di Indonesia tahun ini saja, dan jumlahnya terus meningkat, mencapai 42,8% dari total populasi sebesar 116,8 juta pada tahun 2023. Diperkirakan belanja iklan seluler akan meningkat. tumbuh menjadi $692 juta di sini pada tahun 2023.

 

Indonesia menempati urutan ke-4 sebagai negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia. Oleh karena itu, lanskap programmaric menjadi sangat kompetitif dibandingkan dengan negara lain dan memiliki potensi besar untuk evolusi dan pertumbuhan.

Masuki Pasar Indonesia bersama Aarki

Dengan perubahan teknologi yang cepat, industri pemasaran aplikasi seluler menghadapi tantangan konstan yang menjadi dorongan untuk berpikir lebih besar, bertindak lebih cerdas, dan menemukan solusi inovatif. Bagian selanjutnya dari artikel kami akan memandu Anda tentang aspek-aspek yang perlu Anda fokuskan saat memasuki pasar Indonesia.

 

Siapkan SKAN

Pengumuman Apple tentang perubahan privasi utama pada IDFA di iOS 14.5 merupakan terobosan besar di dunia periklanan seluler, dan membuka fase baru untuk strategi akuisisi pengguna.

 

Aarki mempersiapkan pembaruan privasi iOS 14.5 dengan Kerangka Transparansi Pelacakan Aplikasi (ATT). Bahkan sebelum pengumuman Apple bahwa mereka akan menghapus IDFA, Aarki sudah menargetkan iklan ke pengguna yang mendukung LAT secara global, termasuk Indonesia. Ini memberi kami kesempatan untuk membangun dan meningkatkan model yang menggunakan sinyal kontekstual untuk prediksi, tanpa IDFA.

 

Model pengoptimalan khusus LAT ini telah terbukti efektif, memungkinkan pengiklan kami menjangkau pengguna LAT dalam skala besar sambil mencapai KPI ROAS mereka. Kami mencapai ini melalui pengembangan model ekstensif dan iterasi model prediksi LAT, yang kemudian membuka jalan bagi model SKAN yang mendorong keputusan pembelian, baik di lingkungan IDFA maupun tanpa IDFA. Saat ini, semua pasokan kami diaktifkan SKAN, dan kami memiliki integrasi MMP untuk penerusan SKAN dan pemetaan konversi.

 

Cara Memilih Mitra Terprogram yang Tepat untuk Mobile Programmatic

Tidak diragukan lagi, memasarkan aplikasi seluler Anda secara terprogram membutuhkan keterampilan pengambilan keputusan yang kuat dan salah satu faktor terpenting untuk berhasil dalam perjalanan ini adalah mitra media pilihan Anda.

Di bawah ini, kami membahas beberapa pertimbangan utama untuk membantu Anda memilih platform DSP (demand side platform).

 

  1. Jangkauan dan Skalabilitas

Mitra DSP yang kuat harus memberikan skala yang tak tertandingi. Saat memilih partner media, pastikan mereka terhubung ke semua Ad Exchange utama, serta Ad Exchange lokal yang lebih kecil, dan mencakup semua format iklan yang berbeda untuk menjangkau target audiens Anda.

 

  1. Pendekatan Algoritmik (Model & Data Machine Learning)

Menemukan partner media yang fokus pada pembuatan model prediktif. Mereka harus menawarkan algoritma machine learning khusus yang dilatih pada KPI corong bawah yang mengoptimalkan event pada masing masing aplikasi seperti pendaftaran, penjualan, dan pembelian.

 

  1. Pengembangan dan Pengoptimalan Kreatif

Cari DSP yang dapat menawarkan solusi materi iklan: rangkaian materi iklan yang akan menghasilkan materi iklan yang dipersonalisasi, serta kemampuan untuk menguji dan mengulangi beberapa varian materi iklan, dengan kecepatan tinggi.

 

  1. Pelaporan, Keamanan Data/Pemfilteran Penipuan

DSP yang baik harus memberikan transparansi penuh. Pengiklan harus dapat melihat penempatan iklan mereka, audiens yang mereka jangkau, dan pengembalian apa yang mereka dapatkan dari pembelanjaan iklan mereka.

 

  1. Layanan Bantuan

sangat jelas, kinerja adalah kuncinya, tetapi pertimbangkan juga tim dengan siapa Anda akan bekerja. Hubungan klien yang luar biasa sangat penting untuk mendorong nilai dolar iklan Anda sekaligus menghasilkan pengguna dengan nilai umur (LTV) yang tinggi untuk aplikasi Anda.

 

  1. Kredibilitas

Ada banyak mitra potensial di luar sana. Kami merekomendasikan untuk bergerak maju dengan yang memiliki reputasi baik di pasar dan yang Anda percayai.

Platform progammatic advertising Aarki, Aarki Encore, meliputi Aarki DSP dan Aarki Studio. Aarki DSP menggunakan algoritma machine learning sendiri untuk menargetkan pengguna yang sesuai bagi pengiklan. Memanfaatkan sistem komputansi neural network, kami mempelajari hubungan penting antara app dan penggunanya lantas menciptakan fitur yang sesuai berdasarkan interaksi tersebut disamping platform DSP kami juga memiliki platform kreatif spesil, Aarki Studio; platform yang intuitif dan kaya fitur yang dikemas dengan alat animasi canggih, interaksi, dan lokalisasi bawaan. Tim desain internal kami menggunakan Aarki Studio untuk membuat iklan multimedia yang dipersonalisasi dalam semua jenis format iklan; dari banners, interstitials, video, native, and playable, yang secara dinamis mengoptimalkan pengiriman pesan ke pengguna individual pada waktu penayangan iklan.

 

Aarki telah menjalankan mobile programmatic campaign di Indonesia dan masih terus berlanjut sampai sekarang. Jika Anda ingin mendalami pasar programmatic advertising di Indonesia, kirimkan pesan kepada kami di sini.

 

Sumber infografis:

Daily Time Spent in Apps Rise as Much as 45% in Two Years as Pandemic Bolsters the Mobile Habit, App Annie

Number of mobile internet users in Indonesia from 2017 to 2020 with forecasts until 2026, Statista

Number of internet users in Indonesia from 2017 to 2020 with forecasts until 2026, Statista

Digital Advertising Indonesia, Statista

Share of internet users using mobile apps in Indonesia as of Q3 2020, by category, Statista