blogs - digital marketing

Cara Mudah Lakukan Digital Marketing via Media Sosial

10 Aug 25, 2020
Cara Mudah Lakukan Digital Marketing via Media Sosial

Perkembangan teknologi yang kian maju membuat proses komunikasi jarak jauh terasa semakin mudah dan praktis saja. Hal itu juga semakin ditunjang berkat adanya media sosial. Aplikasi satu ini memungkinkan Anda untuk berbagai informasi kepada masyarakat di berbagai daerah. Kehadiran sosial media membuat Anda bisa tetap berinteraksi dengan keluarga dan kerabat yang berada jauh dari tempat tinggal Anda.

Selain bisa dijadikan sebagai media komunikasi, media sosial juga bisa menjadi sarana promosi terbaik untuk bisnis Anda. Di mana kini Anda bisa dengan mudah mengenalkan dan menjangkau konsumen dengan jumlah yang sangat besar. Semakin handal Anda memanfaatkan sosial media, akan berbanding lurus dengan meningkatkan penjualan bisnis Anda. Meski terkesan mudah, bukan berarti melakukan promo di media sosial bisa dilakukan sembarangan tanpa perencanaan yang matang. Agar Anda bisa memanfaatkan sosial media dengan lebih efektif, berikut beberapa cara mudah melakukan digital marketing via media sosial.

Kenali Setiap Jenis Media Sosial

Seperti yang Anda ketahui, media sosial kini hadir dengan berbagai macam jenis. Diantaranya seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan lain sebagainya. Setiap jenis media sosial tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jika Instagram identik dengan postingan berupa foto, Twitter lebih identik dengan postingan berupa tulisan yang dibatasi, lain lagi dengan YouTube yang merupakan sosial media untuk memposting sebuah video.

Selain dibedakan berdasarkan jenis kontennya, setiap jenis sosial media juga memiliki pengguna dengan karakteristik yang berbeda. Sehingga Anda perlu menyesuaikan penggunaan media sosial dengan target market bisnis Anda. Apabila Anda pemilik usaha brand fashion, melakukan strategi digital marketing melalui Instagram tentu akan lebih efektif dibandingkan dengan media sosial lainnya. Hal ini dikarenakan pengguna Instagram cenderung lebih memperhatikan penampilan dan melek terhadap perkembangan fashion.

Buat Konten Secara Konsisten

Konsistensi menjadi salah satu kunci dari berhasilnya sebuah strategi digital marketing. Semakin konsisten Anda mengunggah sebuah konten di laman media sosial, akan membuat followers lebih mengenal bisnis Anda. Sebaliknya, akun yang jarang melakukan update cenderung mudah dilupakan oleh followers. Jika ini terjadi, penjualan Anda pun bisa jadi mengalami penurunan secara drastis.

Untuk mengatasinya, Anda perlu menyusun konten digital marketing secara rutin. Tidak ada salahnya jika Anda setiap hari mengunggah satu konten di laman media sosial. Agar postingan Anda nantinya lebih efektif dan dilihat oleh followers, perhatikan juga kapan waktu yang cocok untuk mengunggah postingan. Sebisa mungkin hindari melakukan update di jam-jam sibuk di mana banyak pengguna yang jarang mengakses media sosial yang dimiliki.

Buat Konten yang Bervariasi

Meski harus mengunggah konten secara rutin, bukan berarti Anda boleh mengunggah konten yang sama secara berulang. Konten yang terkesan monoton tidak akan menarik perhatian para followers. Postingan Anda hanya akan jadi angin lalu dan dilewati begitu saja. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda membuat konten yang bervariasi. Jangan isi laman sosial media Anda dengan informasi produk atau promo saja. Konten yang fresh dan up to date akan lebih mudah menarik perhatian followers. Tidak ada salahnya jika Anda membuat konten hiburan, berupa quiz, Q&A, dan lain sebagainya.

Tambahkan Gambar

Untuk membuat informasi yang Anda sampaikan lebih mudah diterima oleh followers, cantumkan gambar sebagai media tambahannya. Media berupa gambar ini bisa Anda tambahkan saat melakukan promosi di laman Facebook dan Twitter. Agar gambar yang Anda buat bisa lebih menarik perhatian, pilih kombinasi warna, font, dan ilustrasi yang paling sesuai. Hindari membuat gambar yang terkesan ribet dan susah dibaca, alih-alih menarik perhatian, gambar buatan Anda bisa dengan mudah dilupakan.

Gunakan Hastag

Melakukan digital marketing di laman sosial media rasanya tidak lengkap jika tanpa adanya hastag. Meski terkesan sepele, hastag bisa meningkatkan jangkauan dari postingan Anda. Terlebih jika Anda menggunakan hastag yang sangat populer. Sebelum mencantumkan hastag, akan lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dahulu perihal kata kunci hastag yang paling populer. Namun, pastikan hastag yang Anda cantumkan tetap relevan dengan konten yang akan diunggah.

Aktif dan Responsif

Untuk meningkatkan engagement rate dari laman media sosial yang dimiliki, Anda harus menjadi admin yang begitu aktif dan responsif. Beri tanggapan positif dan ramah pada setiap orang yang mengomentari postingan Anda. Lakukan hal ini secara berulang untuk membuat followers merasa senang dan dihargai. Bukan tidak mungkin, nantinya mereka akan menjadi konsumen loyal bagi bisnis Anda. Untuk itu, jangan sepelekan setiap komen yang masuk, ya.

Dengan menerapkan cara yang telah disebutkan di atas, bisa dipastikan bahwa strategi digital marketing di laman media sosial Anda akan berjalan dengan maksimal dan efektif. Secara tidak langsung, hal ini akan meningkatkan penjualan dan keuntungan Anda di kemudian hari.